Sudah 60 tahun Marvel menemani penggemar dalam berbagai media, dari mulai komik, game, sampai film. Dengan berbagai cerita di dalamnya, sudah banyak sekali universe Marvel yang terlahir. Sementara penggemar baru saja diperkenalkan pada multiverse di Marvel Cinematic Universe, sejarah multiverse di Marvel Comics jauh lebih panjang dan kompleks lagi. Berbagai macam universe dengan keunikannya masing-masing telah menghiasai keragaman karakter yang ada di Marvel. Namun, diantara universe yang unik tersebut, ada yang jauh lebih unik dan aneh lagi. Berikut 5 universe teraneh di Marvel!

Zombiverse

Earth-2149 alias Zombiverse adalah adalah salah satu universe alternatif Marvel yang semua makhluknya adalah zombie, dari mulai zombie manusia biasa, super-zombie, sampai zombie entitas kosmik. Zombiverse pertama kali diperkenalkan di komik Ultimate Fantastic Four Vol 1 karya penulis Mark Millar dan ilustrator Greg Land pada tahun 2005, kemudian lebih di ekplorasi lagi di komik Marvel Zombies/Army of Darkness Vol 1 karya penulis John Layman dan ilustrator Fabiano Neves pada tahun 2007.

Keadaan Earth-2149 kurang lebih sama seperti universe utama yaitu Earth-616, perbedaan yang paling terasa adalah Earth-2149 belum pernah diinvasi oleh para penjahat kosmik, sampai benar-benar wabah zombie menguasai Bumi, baru kemudian Galactus dan Thanos datang.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Marvel: 1602

Universe yang satu ini hampir mirip seperti universe utama, tetapi dengan tema tahun abad ke-16. Earth-311 alias universe Marvel: 1602 pertama kali diperkenalkan di komik Marvel 1602 #1 karya penulis Neil Gaiman dan ilustrator Andy Kubert pada tahun 2003. Di universe ini ada empat negara besar yang menguasai Bumi dengan kekuatan politiknya, negara-negara tersebut adalah Inggris, Skotlandia, Roma dengan Gereja Katoliknya, and Latveria.

Universe ini berisi karakter-karakter familier di Marvel yang digambarkan dengan pakaian dan latar abad- ke-16, termasuk Peter Parquagh (Peter Parker), Matthew Murdoch (Matt Murdock), Sir Nicholas Fury (Nick Fury) dan pemimpin Latverian yang bernama Count Otto von Doom (Doctor Doom). Di Marvel: 1602, mutan lebih dikenal sebagai witchbreed dengan salah satu pemimpinnya yang bernama Carlos Javier (Charles Xavier).

Monkeyverse

Earth-8101 alias Monkeyverse alias Apeverse adalah universe Marvel yang berisi para karakter Marvel dengan bentuk monyet dan kera. Universe ini pertama kali diperkenalkan di komik Amazing Spider-Man Family Vol 1 #1 karya penulis Karl Kesel dan ilustrator Ramon Bachs pada tahun 2006. Hukum di universe ini sama seperti hukum rimba, dimana para penjahat yang tidak mau diadili akan dipukuli hingga mati. Universe ini juga dilindungi oleh Ape-vengers yang beranggotakan Baron Blood (Captain America), Gro-Rilla (Hank Pym), Hawkape (Hawkeye), Iron Mandrill (Iron Man), Thorangutan (Thor), Ms. Marvape (Ms. Marvel), Spider-Monkey (Spider-Man), dan masih banyak lagi.

Babyverse

Babyverse atau yang lebih dikenal sebagai Earth-71912 adalah universe Marvel yang semua makhluknya masih bayi, dari mulai pahlawan supernya sampai entitas kosmik. Babyverse diperkenalkan pertama kali di komik A-Babies vs. X-Babies #1 karya penulis Skottie Young dan ilustrator Gurihiru pada tahun 2012. Sebagai alam semesta yang isinya semua bayi, universe ini lebih fokus menceritakan kisah tawuran antara bayi Avengers dan bayi X-Men. Penampilan lucu dan menggemaskan mereka merupakan hiburan bagi penggemar yang sudah bosan melihat gambar yang terlalu realistik dan berdarah-darah.

Aniverse

Earth-8311 alias Aniverse alias Larval Earth adalah universe yang berisi pahlawan super binatang, karakter yang paling terkenal di universe ini adalah Spider-Ham yang muncul juga di Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018). Aniverse pertama kali diperkenalkan di komik Marvel Tails Starring Peter Porker the Spectacular Spider-Ham #1 karya penulis Tom DeFalco dan Mark Armstrong pada tahun 1983. Selain Spider-Ham, banyak karakter binatan lain yang mirip seperti karakter di universe utama, seperti Captain Americat (Captain America), Eelectro (Electro), Ducktor Doom (Doctor Doom), Green Gobbler (Green Goblin), Iron Mouse (Iron Man), Hulk Bunny (Hulk), dan masih banyak lagi.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.