Atomica Jadi Agen Ganda – New 52

Dalam era New 52 di DC Comics, para fans bukan hanya memiliki satu, melainkan dua Justice League. Justice League pertama adalah kelompok pahlawan super seperti yang kita ketahui selama ini, dan Justice League yang dibentuk oleh Amanda Waller dan Steve Trevor. Justice League bentukan Waller dan Trevor ini dibentuk dengan tujuan awal membantu Justice League yang asli.

Atomica, salah satu karakter mengerikan dari Earth 3, bergabung dengan kedua Justice League dan sering kali dia menjadi pengkhianat bagi Justice League asli dengan membeberkan informasi kepada Waller dan Trevor. Namun, tidak berhenti sampai di situ, ketika Atomica kembali ke Earth 3, dia pun kembali bergabung dengan dua Justice League di Earth tersebut dan mengkhianti mereka. Bahkan dia juga bergabung dengan Justice League Dark untuk berkhianat. Tujuan Atomica sendiri adalah menghancurkan Justice League, dan membawa kembali tim Crime Syndicate.

Maxwell Lord Berubah Menjadi Jahat – Infinite Crisis

Maxwell Lord IV benar-benar menikmati popularitasnya dalam cerita Crisis On Infinite Earths. Bahkan, popularitas dari Lord mengalahkan Justice League dan Justice League International. Seorang pebisnis yang kaya dan berpengaruh, Lord menyebutkan bahwa dia sudah belajar mengenai kebaikan dan rasa kasih sayang dari ayahnya, Maxwell Lord III. Semua hal itu membuatnya dipercaya bisa menjadi salah satu sosok yang mampu melindungi bumi selamat dan juga membuat para pahlawan lain semakin kuat.

Tetapi, sayangnya hal itu tidak terjadi. Lord mendapatkan kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan hal itu menjadi awal mula Lord melakukan sesuatu yang buruk. Contohnya adalah dia menghabisi nyawa Blue Beetle II. Dia juga menghancurkan Justice League, seperti mencuri satelit Batman dan mencari keberadaan metahuman lain untuk diserang dengan pasukan cyborg. Wonder Woman sendiri pada akhirnya berhasil menghabisi Lord, setelah dia mengendalikan pikiran Superman untuk menyerang anggota Justice League.

Dikhianati Ibu Sendiri – Death In The Family

Kisah hidup dari Jason Todd mungkin sama mengerikannya dan sama tragisnya dengan Bruce Wayne serta Dick Grayon. Setelah Bruce tidak lagi menugaskan Jason untuk menjadi Robin, Jason yang marah kemudian pergi ke Timur Tengah untuk mencari dan bertemu dengan ibunya yang misterius untuk pertama kali. Di sisi lain, Bruce Wayne pun akhirnya terpaksa pergi ke tempat di mana Jason berada.

identity crisis comic

Hal tersebut dilakukan setelah Bruce mengetahui bahwa Joker kabur dari Arkham dan sedang melakukan transaksi jual beli senjata. Batman dan Robin kemudian kembali beraksi dan menggagalkan berbagai rencana yang sudah disusun. Jason sendiri pada akhirnya bertemu dengan ibunya, Sheila, seorang pekerja yang bergerak di bidang kemanusiaan yang terpaksa harus menggelapkan banyak hal setelah dia diancam oleh Joker. Meski pun Jason berusaha menyelamatkannya, namun Sheila lebih memilih untuk bersama Joker. Dan pasca kejadian itu, Jason sendiri harus tewas setelah Joker menghajarnya sampai tewas.

Hal Jordan Menghabisi Seluruh Green Lantern Corps – Emerald Twilight

Ketika Cyborg Superman dan Mongul bersatu untuk menyerang dan menghancurkan bumi, salah satu serangan yang mereka lakukan menghancurkan wilayah Coast City, tempat tinggal dari Hal Jordan. Jordan yang mengetahui hal ini kemudian berusaha mengalahkan mereka. Meski pun pada akhirnya Jordan menang, dia sudah terlambat untuk menghindari kehancuran yang ada.

identity crisis comic

Merasa bersalah dan sedih atas kehilangan banyak korban jiwa, Jordan kemudian menggunakan cincin miliknya untuk membangun sebuah kota palsu. Melihat hal ini, beberapa Lanters lain berusaha untuk menghentikannya. Namun, Hal justru mengamuk dan menghabisi mereka semua. Menjadi sosok yang kejam dan tidak stabil, Jordan kemudian pergi ke Central Power Battery of Oa. Dia kemudian berubah menjadi Parallax, makhluk yang ditakuti para Green Lantern.

Superman Bekerja Untuk Pemerintah – The Dark Knight Returns

Superman memang menjadi contoh dan harapan bagi para penduduk Amerika dan dunia. Namun, ketika dia kemudian dikuasai oleh pemerintah, maka hal itulah yang perlu diwaspadai. Dalam cerita The Dark Knight Returns, pada masa depan, Superman rela berkhianat kepada Justice League demi pemerintah Amerika dan membuat Justice League hancur. Superman benar-benar merubah dunia menjadi tempat yang mengerikan.

identity crisis comic

Ketika Superman masih meyakini bahwa dia melakukan hal yang benar, membawa kekacauan dan kelaparan bagi seluruh dunia, momen tersebut memperlihatkan bagaimana pengkhianatan yang dilakukan Superman memiliki dampak besar terhadap semuanya. Menjadi yang terkuat, Superman benar-benar menghancurkan semua rekan-rekannya di Justice Legue.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.