Disaat semua orang berpikir bahwa seri The Matrix sudah selesai dengan tiga film pertamanya, sepertinya Warner Bros. masih belum puas dan mencoba untuk menghadirkan kembali sekuel bagi serinya. Trailer perdana untuk film keempat The Matrix resmi dirilis di kanal Youtube Warner Bros. Dan berdasarkan reaksi para fans, trailernya sepertinya berhasil memancing rasa penasaran mereka.

The Matrix sendiri merupakan film yang berfokus pada pertarungan antara manusia dan mesin di masa yang akan datang. Mereka semua bertarung di sebuah dunia digital yang disebut The Matrix. Namun, seperti yang diperlihatkan di filmnya, baik Trinity atau pun Neo tewas setelah menyelesaikan misi mereka. Lalu, bagaimana kemudian mereka berdua kembali hidup?

The Matrix Reboot

Di awal trailer kita melihat bagaimana sosok Thomas Anderson alias Neo, hidup dengan normal di tengah-tengah masyarakat. Dia diperlihatkan masih menyimpan kenangan – yang dia anggap sebagai mimpi – ketika dia berada di The Matrix. Dalam salah satu adegan kemudian kita melihat Neo yang berkaca di depan cermin, yang memperlihatkan sosok Neo yang sudah tua.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Anderson alias Neo kemudian bertemu dengan sosok Trinity di sebuah kedai kopi. Mereka berdua nampak berusaha untuk mengingat mengapa masing-masing mereka nampak tidak asing. Trinity bahkan bertanya apakah mereka pernah bertemu sebelumnya. Berdasarkan trailernya, The Matrix sepertinya sudah berubah total menjadi sebuah masa depan yang tenang, aman, dan damai, dibandingkan dengan kondisi gelap dan mengerikan di film sebelumnya.

Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan di akhir film The Matrix Revolution, manusia dan mesin memang kemudian membuat perjanjian damai dan the Matrix pun berubah menjadi jauh lebih baik. Namun, jika harus berkaca pada Neo, artinya para manusia yang ada di sana pun sepertinya tidak sadar bahwa mereka tinggal atau hidup di sebuah simulasi.

Dalam sebuah adegan ketika Neo berada di sebuah lift, diperlihatkan bagaimana manusia pada saat ini begitu membutuhkan teknologi dan media sosial. Mereka semua begitu terpaku terhadap gawai mereka, yang mana hal itu cukup membuat Neo terheran-heran mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Bagaimana Caranya Neo dan Trinity Kembali Hidup?

Pertanyaanya kemudian bagaimana Neo dan Trinity kembali hidup, jika di akhir film The Matrix Revolution kita melihat keduanya tewas? Satu hal yang masih menjadi misteri adalah kita tidak diperlihatkan apakah masing-masing mereka masih memiliki tubuh fisik di luar Matrix. Ada kemungkinan bahwa menyatunya Neo dan the Machine membuat pikirannya mampu keluar dari the Matrix ketika tubuhnya tewas.

Jika melihat bagaimana Neo terlihat berbeda dalam bayangan di cermin, hal itu bisa menjadi petunjuk bahwa mungkin Neo dan Trinity sudah mengendalikan atau membajak tubuh orang lain. Hal ini sama seperti Agent Smith dan juga para villain di filmnya lakukan. Berbicara mengenai Agent Smith, dalam salah satu adegan di trailernya kita melihat bagaimana salah satu Agent mengambil alih tubuh seorang polisi.

Meski pun perdamaian sudah dilakukan sejak lama antara manusia dan mesin, sepertinya the Matrix masih membutuhkan program yang dahulu pernah digunakan oleh Neo dan Trinity untuk tetap menjaga perdamaian tersebut. Trailernya juga memperlihatkan secara singkat seseorang sedang berjalan di dunia nyata di dalam wadah mereka. Belum diketahui apakah karakter tersebut Neo, Trinity atau orang lain. Mungkin, di filmnya nanti kita akan diperlihatkan bagaimana mesin-mesin tersebut mampu untuk membangkitkan kembali tubuh Neo dan menyambungkan mereka ke dunia yang dahulu pernah mereka datangi.