Seri One Piece memiliki wilayah yang sangat luas. Ada berbagai macam wilayah yang ada di cerita tersebut seperti Red Line, Grand Line, dan juga New World. Dengan cerita yang begitu besar dan karakter yang banyak, wajar jika kemudian One Piece memiliki wilayah yang juga besar. Tetapi, ada berbagai fakta menarik tentang wilayah tersebut khususnya New World.

Seperti yang mungkin banyak Geeks ketahui, New World merupakan “rumah” bagi para Yonko atau penguasa samudra. Keempat bajak laut dahsyat tersebut menghuni wilayah ini, dan juga mereka memiliki wilayah yang menjadi kekuasaan mereka. Meski pun ada Yonko yang justru meminta imbalan dari hal tersebut, namun ada juga yang memang murni ingin melindungi wilayahnya. Salah satu diantaranya adalah Shanks. Banyak fans menduga bahwa wilayah Elbaf merupakan wilayah perlindungan dari Shanks.

Teritori New World

New World merupakan sebuah wilayah yang berbeda dengan pulau lainnya – meski pun sebenarnya masing-masing pulau yang ada di cerita One Piece juga memiliki keunikan. Namun, yang menarik adalah semua tempat yang ada di New World memiliki pelindung yang mana adalah para Yonko. Sejauh ini, pulau-pulau di New World yang sudah diperlihatkan adalah pulau manusia ikan, Punk Hazard, Dressrosa, Zou, Totto Land, dan Wano.

Elbaf juga merupakan sebuah pulau yang ada di wilayah New World dan mereka juga berada dibawah perlindungan seorang Yonko. Pulau Elbaf merupakan pulau yang berisi suku raksasa yang sudah lama dimunculkan dalam cerita. Banyak fans yang memprediksi jika suatu hari nanti Luffy dan kru topi jerami akan mengunjungi pulau tersebut, kemungkinan setelah arc Wano selesai.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Lalu, jika mereka merupakan raksasa mengapa mereka butuh perlindungan? Siapa yang melindungi mereka? Hal inilah yang menjadi sebuah misteri. Bisa jadi hal ini dikarenakan adanya perbedaan kekuatan. Meski pun mereka raksasa, melawan para Yonko tentunya tidaklah sama dengan sesama mereka. Perihal siapa yang melindungi mereka, ada kemungkinan jika Shanks adalah orang yang melakukannya.

Bertema Tentang Bajak Laut Viking

Berdasarkan apa yang diperlihatkan oleh Eiichiro Oda sejauh ini tentang suku raksasa di pulau Elbaf, bisa diketahui jika Oda Sensei sangat terinspirasi dari para penjelajah Norwegia tempo dulu, para Viking. Nama Shanks si rambut merah sendiri sebenarnya terinspirasi dari berbagai bajak laut asal Norwegia, yaitu Rackam “Calico” Jack dan Erik the Red.

Elemen dari Jack yang menginspirasi sosok Shanks adalah bendera bajak laut yang digunakan. Sedangkan untuk elemen dari Erik the Red yang menginspirasi Shanks adalah penampilannya dan juga kapalnya. Erik the Red memiliki rambut berwarna merah, dan Shanks juga memiliki warna rambut yang sama. Kemudian kapal milik Erik yang disebut Drekar, yang memiliki aksen naga mirip dengan kapal dari Shanks.

Hanya saja kapal Shanks tidak memiliki dayung. Shanks juga terinspirasi dari dewa dari mitologi Nordik lainnya, God Tyr. Dia merupakan sosok dewa yang rela mengorbankan sebagian tangannya untuk dimakan oleh monster Wold Fenrir. Ceritanya mirip dengan apa yang dilakukan oleh Shanks saat menyelamatkan Luffy dari Sea King.

Adanya Kesamaan Nilai dan Pandangan Hidup Shanks dan Para Raksasa

Sejak awal serinya, Shanks sudah menunjukan bagaimana semangat One Piece yang sebenarnya, tentang kebebasan, petulangan, menjadi bajak laut, dan menghargai nilai-nilai. Shanks adalah seseorang yang menghormati apa yang dia katakan dan memiliki nilai-nilai kehormatan sendiri. Dia adalah sosok yang berani dan banyak disegani oleh orang. Intinya, Shanks adalah seorang contoh bajak laut yang “baik.”

Para suku raksasa juga sama. Terkadang, para suku raksasa digambarkan sebagai kelompok “barbar” seperti yang digambarkan oleh Jaguar D. Saul. Usopp sendiri sepertinya memahami nilai-nilai yang dianut oleh para suku raksasa. Jadi, Shanks dan Usopp bisa dikatakan adalah orang-orang yang memahami tentang kebebasan dan tentang nilai-nilai meskipun mereka juga terkadang menjadi sosok barbar.

Koneksi Usopp dan Yassop Terhadap Kaum Suku Raksasa

Yasopp merupakan salah satu kru terbaik yang dimiliki oleh Shanks. Dia merupakan orang yang bisa dipercaya, meski pun keputusannya untuk lebih memilih berpetualang dibandingkan membesarkan anaknya dan merawat istrinya adalah keputusan yang buruk. Sepertinya, sikap dan adanya kesepahaman antara kaum raksasa dan Usopp berasal dari ayahnya.

Kemungkinan, jika Luffy pergi ke pulau Elbaf Usopp memiliki kesempatan untuk bertemu dengan sang ayah atau mungkin mengetahui lebih banyak tentang sang ayah. Itu akan menjadi salah satu “arc” terbaik dalam cerita yang dimiliki oleh Usopp, karena selama ini Usopp sangat jarang terlibat dalam sebuah peristiwa besar – meski pun dia ada di sana. Jadi, ada kemungkinan bahwa kekaguman Usopp terhadap kaum raksasa sebenarnya menurun dari sang ayah. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!