Tidak diragukan lagi bahwa Superman adalah pahlawan super terkuat di DC Universe. Dia mempunyai kemampuan lengkap yang meliputi terbang, kekuatan super, kecepatan super, nafas es, sinar laser dari matanya, dan seterusnya. Daftar kemampuannya terus bertambah seiring waktu. Sebagai anggota Justice League saja, dia mengukuhkan posisinya sebagai pahlawan super terkuat di antara anggota lainnya. Dan mungkin Superman tampaknya masih tetap lebih kuat jika dibandingkan dengan sebagian besar pahlawan super dari komik lain, sampai akhirnya Iron Man dari DC mematahkan rekor tersebut.

DC dan Marvel adalah dua penerbit komik yang sudah dari sejak dulu terlibat persaingan yang cukup unik, dari mulai meniru karakternya satu sama lain, sampai yang paling ektrem memunculnya copycat-nya di komik masing-maing. Katakan saja Squadron Supreme di Marvel digambarkan sebagai tim penjahat super yang anggotanya mirip Justice League, begitu juga sebaliknya, Di DC juga ada tim super bernama Relaliators yang anggotanya mirip Avengers. Salah satu anggotanya bernama Machinehead dan penampilannya mengingatkan penggemar pada Iron Man di Marvel.

Machinehead melakukan debutnya di komik DC berjudul The Multiversity Vol 1 karya penulis Grant Morrison dan ilustrator Ivan Reis pada tahun 2014. Penampilannya sangat mirip seperti armor Iron Man, lengkap dengan repulsor di dadanya, bahkan versi lamanya memiliki repulsor juga di kedua tangannya. Selain penampilan aslinya yang buruk rupa, kemampuannya juga sangat mirip salah satu anggota Avengers tersebut, kemampuannya meliputi terbang, tembakan energi, kekuatan, dan daya tahan tubuh super yang berasal dari armor canggihnya. Dengan semua kemampuannya, di kisah DC Comics terbaru, Machinehead membuktikan bahwa dirinya bisa mengalahkan Superman dan yang lainnya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Di komik Infinite Frontier Vol 1 #5 karya penulis Joshua Williamson bersama ilustrator Paul Pelletier, Jesús Merino, dan Tom Derenick, yang baru rilis bulan Agustus lalu, Iron Man DC ini unjuk kekuatannya. Bersama tim barunya yang disebut Injustice Incarnate, Machinehead menyerang tim super multiverse yang disebut Justice Society of America. Sebagai tim yang beranggotakan pahlawan super dari multiverse, Justice Society of America dipimpin oleh Kalel alias Presiden Superman dari Earth-23.

Machinehead yang bertarung melawan Presiden Superman langsung memanfaatkan kelemahan Superman terhadap Meta-Nite. Meta-Nite mempunyai efek yang sama seperti Kryptonite di alam semesta utama, efeknya dapat dengan cepat melemahkan seorang Superman yang terkenal tidak terkalahkan. Machinehead mengetahui kelemahan Presiden Superman dari Lex Luthor, sebelum dia membunuhnya. Dengan menggunakan Meta-Nite yang disimpan di dadanya, Machinehead dengan mudah membanting Superman ke tanah dan membuatnya langsung tidak berkutik.

Jika melihat kemampuan Machinehead, ternyata bukan hanya penampilan dan kekuatannya saja yang sama seperti Iron Man, dia juga cukup cerdas untuk memanfaatkan kekurangan dari lawannya. Seperti halnya Iron Man yang menciptakan yang menciptakan armor-armor untuk mengalahkan musuh yang lebih kuat darinya, Machinehead juga sangat paham bahwa kunci untuk mengalahkan Superman adalah dengan mengekploitasi kelemahannya. Sementara Iron Man mungkin belum sempat bertarung langsung dengan Superman, setidaknya kemenangan Machinehead cukup menjawab rasa penasaran penggemar.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.