Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise yang populer di seluruh dunia. Dan franchise ini erat kaitannya dengan sosok Son Goku. Goku merupakan protagonis utama di seluruh seri Dragon Ball. Lahir dari keluarga Saiyan biasa, Goku dikirim ke bumi untuk kemudian berlatih dan tumbuh menjadi petarung hebat. Sekarang, dia menjadi salah satu petarung terhebat di bumi dan Universe 7.

Sosok Goku dikenal karena kebaikannya dan juga bagaimana Goku mampu melampaui gejolak yang ada di dalam dirinya sebagai seorang Saiyan. Seperti yang kita ketahui, ras Saiyan dikenal sebagai ras yang memang gemar bertarung. Mereka sangat mengangungkan kemenangan dan bertarung selalu menjadi jalan bagi mereka untuk menyelesaikan berbagai masalah. Vegeta adalah contoh nyata dari hal ini.

Selain Goku, Vegeta juga merupakan karakter utama yang juga erat dengan franchise Dragon Ball. Berawal dari seorang antagonis, Vegeta kini berubah menjadi salah satu petarung terhebat di dunia dan menjadi pelindung bumi seperti halnya Goku. Dia juga menjadi rival abadi dari Goku, di mana Vegeta selalu berusaha untuk bisa melampaui kemampuan Goku.

Sayangnya, meski pun beberapa kali Akira Toriyama memberikan kesempatan bagi Vegeta untuk menang dari Goku, pada akhirnya Goku tetap lebih superior dibanding Vegeta. Hal ini pun kembali terjadi di chapter 75 seri manga Dragon Ball Super. Vegeta harus kembali menelan kekalahan dari Granolah, terlepas dari Vegeta sudah menunjukan kemampuan barunya yaitu Ultra Ego.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Kekalahan Vegeta ini ternyata cukup memicu banyak perdebatan sengit para fans secara daring. Mereka kecewa dengan perkembangan karakter dari Vegeta, yang dirasa tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bisa menang dalam sebuah pertarungan – jika dibandingkan dengan rival abadinya. Komplain ini muncul setelah sebuah survei yang dilakukan oleh Viz Media.

Surveinya menunjukan bahwa Vegeta menjadi karakter di franchise Dragon Ball yang paling populer, bahkan dibandingkan Goku. Artinya sebenarnya Vegeta mampu memenangkan hati banyak fans di seluruh dunia. Mengapa kemudian Vegeta bisa lebih unggul dibandingkan Goku? Kekalahan beruntun yang dialami oleh Vegeta sebenarnya menjadi faktor penting untuk hal ini.

Ketika Vegeta pertama kali diperkenalkan di seri Dragon Ball Z, dia kemudian menjadi musuh yang paling kuat yang dihadapi oleh Goku dan juga para Z Fighters. Vegeta mampu memporak porandakan bumi dengan hanya menggunakan serangan energi yang dia lancarkan melalui jarinya. Goku benar-benar tidak berdaya pada saat itu menghadapi Vegeta.

Meski pun begitu, perlahan Goku akhirnya mampu menyamai kekuatan Vegeta – bahkan melampauinya. Dan sejak saat itulah Vegeta terus berusaha untuk kembali mengejar perbedaan kekuatan tersebut. Rivalitas abadi dari Goku dan Vegeta yang penuh dengan emosional, menjadi salah satu elemen menarik dari franchise Dragon Ball.

Namun, setiap kali Goku mencapai level baru dalam kekuatannya, jarak antara Goku dan Vegeta pun sering kali kembali melebar setelah Vegeta berusaha untuk mengejarnya. Hal ini dibuktikan dengan Vegeta yang berhasil dikalahkan oleh musuh yang kemudian berhasil dikalahkan oleh Goku atau Gohan. Terlepas dari awal kemunculannya sebagai antagonis, Vegeta kini sudah berubah menjadi protagonis kedua serinya, seolah menjadi pengganti dari Gohan dan menjadi “alternatif” bagi sosok Goku.

Seperti yang banyak diprediksi oleh para fans, sering kali Goku berhasil menghadirkan sesuatu yang luar biasa di momen-momen terakhir yang kemudian berujung atas kemenangannya. Vegeta sendiri sebenarnya mampu menunjukan kemampuannya dan rasa percaya dirinya tersebut pun sering kali menjadi sumber kekuatannya. Tetapi, tidak jarang juga hal itulah yang kemudian menjadi sumber kekalahannya.

Para fans sendiri masih berharap bahwa Vegeta mendapatkan kesempatan untuk bisa menang dari Goku, entah dalam hal apa pun, tidak peduli seberapa arogan atau berlebihannya rasa percaya diri yang dia miliki. Namun, seperti yang disebutkan olehnya saat menghadapi Granolah, ego menjadi sesuatu yang memang sudah ada sejak lama di dalam diri Vegeta.

Kekalahan demi kekalahan yang diterima oleh Vegeta pun pada kenyataanya tidak membuat para fans kecewa atau marah. Hal itu justru membuat mereka semakin peduli dan respek terhadap Vegeta, dibandingkan Goku. Apakah momen tersebut akan datang? Kita nantikan saja ya Geeks!