Semenjak kemunculan pertamanya, sosok Yamato memang sudah banyak menarik perhatian para fans One Piece. Dimulai dari sosoknya yang mengaku sebagai Kozuki Oden, sampai dengan fakta bahwa sebenarnya Yamato adalah seorang wanita, dan bukan pria atau laki-laki seperti yang diucapkan oleh Kaido – yang menyebutnya sebagai anak laki-laki. Selain itu, kemampuan Yamato pun menjadi sorotan.

Sebagai anak dari Kaido, tentunya Yamato diharapkan memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Dan memang hal tersebut terbukti, di mana dia mampu mengalahkan ulti dengan mudah. Bahkan, dia pun mampu menandingi Kaido, meski pun dia tahu peluangnya untuk selamat sangatlah kecil. Berbicara mengenai kekuatan Yamato, dia ternyata memiliki kemampuan spesial.

Selain menjadi pengguna buah iblis Zoan, para fans sendiri berspekulasi bahwa Yamato kemungkinan memiliki Haki Penguasa. Ada beberapa hal yang menjadi dasar dari spekulasi tersebut, pertama adalah fakta bahwa Yamato merupakan anak dari Kaido. Seperti halnya Momonosuke, sebagai keturunan dari Kaido, Yamato pun diduga kuat memiliki kekuatan yang sama dengan sang ayah.

Kedua, dalam berbagai pertarungan, terlihat ada petir hitam yang muncul ketika Yamato mengayunkan senjatanya. Petir hitam tersebut juga pernah diperlihatkan dalam berbagai pertarungan yang memang melibatkan Haki Penguasa. Contohnya adalah ketika pertarungan Roger dan Whitebeard. Kemudian pertarungan Luffy dan Kaido di Onigashima.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Oda Sensei sepertinya mengkonfirmasi teori dari para fans tersebut di chapter 1024 kemarin. Dalam chapternya kita melihat masa lalu dari Yamato yang menderita. Sedari kecil Yamato sudah harus berhadapan dengan sikap keras sang ayah. Kita melihat bagaimana Yamato kecil diikat, dan menolak untuk memberinya makan setelah dia menyebut dirinya Kozuki Oden – pasca Oden dieksekusi 20 tahun lalu.

Sekitar satu minggu kemudian, Kaido melihat kembali anaknya, dan kemudian dia menemukan bahwa Yamato sudah menaklukan anak buahnya meski pun tubuhnya terikat. Yamato yang terluka kemudian mengatakan bahwa dia lapar. Dia juga mengatakan kepada Kaido bahwa dia tidak mengetahui apa pun yang terjadi kepada anak buahnya. Yamato mengatakan mereka tiba-tiba saja terjatuh.

Who are the One Piece characters who can use Conqueror's Haki? Who are your predictions about other characters who could potentially own this Haki? - QuoraMengetahui hal tersebut, pada akhirnya Kaido sendiri mengakui bahwa apa yang sudah dilakukan oleh anaknya merupakan teknik Busoshoku Haki atau Haki Penguasa. Kaido tersadar bahwa Yamato mewarisi kemampuannya. Itu artinya teori dari para fans yang selama ini berkembang yang menyebutkan bahwa Yamato memiliki kemampuan Haki Penguasa memang terbukti.

Dalam cerita One Piece, Haki Penguasa merupakan sebuah kemampuan Haki yang mengandalkan tekad dan determinasi dari penggunanya. Dan ketika digunakan, kemampuan Haki ini akan mampu melumpuhkan orang-orang atau sekitarnya. Kita sudah melihat bagaimana Shanks mampu membuat para kru Whitebeard lain pingsan. Serta di chapter 1024 kemarin pun kita melihat Haki Penguasa Big Mom berpengaruh terhadap anak buah Kaido.

Kumi på Twitter: "Eustass Kid thread! For one thing, Kid has been fighting nothing but top tiers up until this point. He crossed paths with the Red Hair pirates, a Sweet CommanderYamato menambah panjang daftar pengguna Haki Penguasa setelah Luffy, Katakuri, Whitebeard, Shanks, Kozuki Oden, Ace, Zoro, Eustass Kidd, dan Roger. Yamato menjadi orang ke 17 yang diketahui memiliki kekuatan ini, setelah Zoro menjadi yang ke 16. Selain mengonfirmasi bahwa Yamato memang memiliki kemampuan Haki Penguasa, ini juga menjadi bukti lain mengenai fakta Haki.

Momen flashback Yamato di chapter 1024 semakin memperkuat teori bahwa memang kemampuan Haki bisa diwariskan kepada keturunannya. Namun, perlu diingat bahwa semua anak-anak yang lahir dari orang tua pemilik Haki akan mewarisi kemampuan mereka. Setidaknya selalu ada kesempatan bagi anak tersebut untuk membangkitkan Haki lainnya. Dan di sisi lain, meski pun Haki Penguasa adalah kekuatan yang langka, pada kenyataanya penggunanya cukup banyak.