Suku Mink adalah salah satu ras yang cukup unik dari serial One Piece. Suku ini terdiri dari para hewan yang bisa berbicara dan bertingkah laku layaknya manusia. Suku Mink memiliki tempat tinggal unik yaitu sebuah pulau bergerak bernama Zou. Sebenarnya, Zou seperti hewan purba yang sangat besar dan membawa pulau di atas punggungnya. Di pulau itu, suku Mink membangun sebuah peradaban bernama Mokumo Dukedom dan memiliki dua pemimpin yaitu Duke sebagai penguasa siang hari dan Master Nekomamushi di malam hari.

Suku Mink juga memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh suku lain di One Piece yaitu hubungan mereka dengan bulan. Suku Mink tampaknya memiliki hubungan khusus dengan bulan, sebab ketika mereka melihat bulan purnama, maka mereka bisa berubah wujud menjadi Sulong Mode. Dalam wujud tersebut, suku Mink memiliki kekuatan yang sangat luar biasa dan ditakuti.

Sulong Mode membuat suku Mink mengalami perubahan secara fisik dan psikis. Mereka akan menjadi lebih besar, dan memiliki kecepatan dan juga ketangkasan yang berlipat ganda. Selain itu, Mode Sulong bisa membuat penggunanya memiliki elemen listrik yang bisa digunakan untuk menyerang lawan. Sulong Mode sempat diperlihatkan di arc Whole Cake Island dan dengan Sulong Mode, suku Mink berhasil mengalahkan bajak laut Big Mom dengan mudah.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Syarat untuk dapat menggunakan Sulong Mode adalah seseorang harus melihat bulan purnama secara langsung. Dan, si pengguna harus memiliki waktu tertentu sampai transformasi Sulong selesai. Menurut informasi, Sulong merupakan bentuk asli suku Mink. Jadi ketika suku Mink dalam bentuk Sulong, maka mereka akan menampilkan sifat alami. Jika sang pengguna Sulong Mode tidak berlatih mengendalikan emosinya dengan baik, maka mereka akan kehilangan kendali dan menjadi liar.

Sayangnya hingga sekarang, alasan Sulong Mode muncul masih belum terjawab. Muncul spekulasi bahwa mungkin leluhur suku Mink berasal dari bulan, namun karena terjadi sebuah bencana maka salah satu leluhur mereka terjatuh di bumi, dan secara tidak sengaja berada di punggung Zou dalam waktu yang cukup lama. Jika suku Mink memang benar-benar berasal dari bulan, maka bentuk hewannya bisa jadi diadaptasi dari makhluk hidup yang ada di bumi dan sifat liar mereka tertekan hingga benar-benar hilang. Sehingga seiring berjalannya waktu, sifat asli suku Mink menghilang dan memiliki bentuk seperti sekarang.

Sedangkan, alasan Sulong Mode dapat aktif ketika melihat bulan adalah karena rasa rindu yang mereka rasakan di alam bawah sadar. Seperti yang kita ketahui bahwa suku Mink berada di bumi dalam waktu yang sangat lama. Bahkan menurut informasi yang ada, suku Mink telah terisolasi dari dunia luar kurang lebih selama 1000 tahun lebih. Jadi hanya beberapa orang tertentu saja dari suku Mink yang tahu dunia luar seperti Nekomamushi yang mengikuti Oden sejak dulu, Pedro yang berteman dengan bajak laut Topi Jerami dan beberapa anggota suku Mink lainnya. Bagaimana menurut kalian, apakah suku Mink benar-benar berasal dari bulan?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.