Makluans adalah salah satu ras alien di Marvel Universe yang sudah sering terlibat dalam kisah petualangan para pahlawan super Marvel, sebagian besar sebagai penjahat. Sementara sejarahnya di Marvel Comics cukup beragam, Makluans kembali sering dibahas oleh penggemar setelah film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mengangkat cerita tentang senjata Ten Rings yang merupakan salah satu teknologi canggih ras Makluans. Sementara keterlibatan ras alien ini masih misteri di film Shang-Chi, karena di Indonesia belum bisa menonton filmnya, mari kita bahas dahulu sejarahnya di Marvel Comics.

Pertama kali diperkenalkan di komik Strange Tales #89 karya Stan Lee dan Larry Lieber pada tahun 1961, ras Makluans muncul dengan salah satu perwakilannya yang sangat terkenal yaitu Fin Fang Foom, naga hijau raksasa yang pernah bertarung melawan Hulk, Thor, dan bahkan Squirrel Girl. Sebagai ras berbentuk siluman naga, sebenarnya Makluans berasal dari reptilia di galaksi Andromeda, yang kemudian berevolusi menjadi seperti naga. Planet asal mereka adalah Kakaranthara, sebuah planet yang peradabannya cukup maju dan makmur.

Walaupun pada dasarnya mereka adalah makhluk damai, beberapa di antara mereka justru memilih untuk meninggalkan planet damai mereka dan melakukan perjalanan di galaksi untuk mencari planet yang bisa mereka kuasai. Beberapa di antara mereka, termasuk Fin Fang Foom, bahkan telah mendarat di Bumi sejak lama, tetapi untuk waktu tepatnya tidak ada yang mengetahuinya. Hal itu karena saat pertama kali mendarat di Bumi, mereka langsung menggunakan kemampuan berubah wujudnya untuk menyamar dan berbaur dengan manusia. Sementara yang lain menyamar, Fin Fang Foom malah tertidur abadi karena sebuah tanaman obat di Tiongkok.

Pada abad ke-8, Fin Fang Foom sempat terbangun, tetapi akhirnya berhasil ditidurkan kembali menggunakan tanaman obat yang sama. Sejak saat itu para Makluan menjadi legenda naga di Bumi, termasuk Fin Fang Foom yang masuk ke dalam mitologi Tiongkok, dan makamnya (tempat tidurnya?) tetap dijaga dengan baik selama berabad-abad. Di cerita lainnya, makhluk Makluan lain bernama Axonn-Karr mendarat di Bumi dan bersembunyi di Valley of the Sleeping Dragon, sebelum Mandarin membunuhnya dan mengambil teknologi sepuluh silinder dari pesawatnya. Silinder tersebut kemudian dipakai oleh Mandarin dan menjadi salah satu senjata paling mematikan di Marvel Universe yaitu Ten Rings.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sementara kelemahan mereka adalah tanaman obat di Tiongkok yang membuat mereka tertidur selamanya, Makluans terkenal sangat kuat. Kemampuan fisiknya meliputi, kekuatan super, stamina super, dan daya tahan super. Selain kulitnya sangat keras sehingga sulit untuk dilukai, mereka juga mempunyai metabolisme tubuh yang bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Mereka juga tercatat bisa hidup di ruang hampa dan di bawah air dengan tekanan yang sangat ekstrem. Kemampuan dasar mereka adalah berubah bentuk seperti yang mereka mau, ditambah mereka juga bisa menyemburkan asap kimia korosif yang sangat panas.

Dengan sejarah yang panjang tersebut, tinggal menunggu waktu sampai ras Makluans ini diadaptasi oleh Marvel Studios sebagai bagian dari Marvel Cinematic Universe. Apalagi dengan kekuatan dan legendanya sebagai naga di Bumi, mereka bisa dengan mudah masuk di setiap cerita MCU, khususnya cerita Shang-Chi. Namun, walaupun pada akhirnya ras naga ini tidak muncul di film Shang-Chi, masih ada kesempatan lain pada masa depan MCU, misalnya Fin Fang Foom sebagai penjahat di film Shang-Chi 2 atau di film solo karakter Black Knight, yang nanti akan melakukan debutnya di film Eternals.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.