Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain, dan membentuknya sebagai pelindung atau armor.

Dua Haki yang paling umum digunakan dalam cerita adalah Observation Haki dan Armament Haki. Conqueror Haki merupakan tipe Haki yang paling langka, karena dari sekian banyak orang di dalam cerita One Piece hanya orang-orang tertentu – yang disebutkan memiliki kualitas seorang raja atau pemimpin – yang memiliki kemampuan tersebut.

Dengan semangat yang luar biasa dari penggunanya dia bisa memanipulasi, mengintimidasi, dan membuat orang lain tunduk akan keinginan dari si pengguna. Mereka yang lemah atau tidak terbiasa dengan hawa semangat yang besar, akan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri. Yang paling baru, saat pertarungan Luffy melawan Kaido, diketahui ternyata Haki ini mampu menjadi “baju pelindung” dan juga kekuatan yang melapisi serangan seseorang.

Meskipun Conqueror Haki sangat jarang dimiliki, namun ada beberapa orang yang sudah diketahui memiliki kemampuan tersebut contohnya adalah Monkey D. Luffy, yang berasal dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Sejauh ini, kelompok bajak laut Roger menjadi kelompok yang “terkonfirmasi” memiliki kru dengan kemampuan Conqueror Haki terbanyak. Selain Roger sendiri, Shanks, Rayleigh, dan Kozuki Oden pun memiliki kemampuannya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Selain kelompok Roger, kelompok bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec, diketahui memiliki tiga orang yang sudah “terkonfirmasi” memiliki kemampuan Conqueror Haki. Mereka adalah Charlotte Linlin alias Big Mom, Kaido, dan Whitebeard. Sejauh ini, di kelompok Topi Jerami baru diketahui ada 2 orang yang memiliki Haki Penguasa tersebut yaitu Luffy dan juga Zoro.

Namun, banyak yang kemudian berasumsi bahwa kelompok Topi Jerami akan memiliki kru lainnya yang mampu menggunakan Haki Penguasa. Banyak teori yang kemudian menyebutkan bahwa ada beberapa nama yang bisa menjadi kandidat, seperti Usopp, Nami, dan yang paling banyak digaungkan para fans adalah Sanji. Sanji memang mungkin berpotensi besar memiliki Haki Penguasa.

Sanji Jadi Pemilik Haki Penguasa Selanjutnya

Setelah Zoro dan Luffy, para fans meyakini bahwa akan ada sosok lain yang mampu memiliki Haki Penguasa yaitu Sanji. Ada dua hal yang haru diperhatikan ketika seseorang ingin memiliki kemampuan Haki Penguasa. Pertama, apakah mereka mampu membuat orang lain terintimidasi seperti halnya Zoro atau Shanks. Kedua, apakah mereka mampu memiliki kemampuan untuk bisa membuat orang lain bergabung dengan mereka seperti Oden dan Luffy.

Apakah Sanji memiliki dua kualitas tersebut? Jawabannya adalah ya. Sudah sering kali Sanji mampu membuat musuh menjadi sekutu. Contohnya ketika Duval mencoba membunuh Sanji karena merasa dirugikan akibat gambar di poster Sanji lebih mirip dirinya, justru berbalik menjadi sekutu kelompok Topi Jerami setelah Sanji berhasil “mengoperasi” wajahnya menjadi tampan.

Bahkan, Duval adalah kelompok yang menjaga Thousand Sunny ketika mereka melakukan Time-skip, selain Kuma. Duval justru sekarang menjadi pengikut dari Sanji, dan menjadi sosok yang rela berkorban demi Sanji. Kemudian contoh lainnya adalah ketika Sanji menolong Gin, Anak buah dari kelompok bajak laut Don Krieg. Dia dan kelompoknya adalah sosok yang menyerang kapal Baratie.

Meski pun mereka musuh, Sanji merasa iba dengan sosok Gin yang kelaparan. Akhirnya dia pun memberikan makanan kepada Gin sampai dia kenyang. Lagipula, seperti yang dijelaskan oleh Nico Robin dalam pertarungan melawan Black Maria, Sanji merupakan salah satu “sayap” dari Luffy, selain Zoro, yang akan membawa Luffy mewujudkan impiannya sebagai raja bajak laut. Jadi, tidak heran jika di kemudian hari nanti Oda Sensei memperlihatkan bagaimana Sanji mampu membangkitkan Haki Penguasa miliknya.