Zombiverse adalah adalah salah satu alam semesta di Marvel yang semua makhluknya adalah zombie, khususnya para pahlawan super yang selama ini kita kenal sebagai Avengers. Tema zombie di Marvel sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi muncul kembali setelah beberapa adegan di film-film MCU menampilkan zombie, misalnya zombie Iron Man yang muncul di film Spider-Man: Far From Home (2019) saat pertarungan pertama Spider-Man melawan Mysterio. Kali ini tema Marvel Zombie kembali naik setelah serial animasi What If…? episode 5 menampilkan tema serupa.

Tayang hari ini, What If…? episode 5 mengangkat kembali tema Marvel Zombie dengan kejadian alternatif MCU, di mana Hulk yang seharusnya dikirim oleh Heimdall ke Bumi saat diserang Thanos di Avengers: Infinity Wars, justru terkirim ke Bumi yang sama sekali berbeda. Di Bumi tersebut, para zombie sudah menguasai dunia, termasuk para Avengers yang telah menjadi zombie juga. Bumi yang ditampilkan di What If…? tersebut mirip dengan satu alam semesta alternatif di Marvel Comics, yaitu Earth-2149 alias Zombiverse. Di Earth-2149, para Avengers telah menjadi super-zombie yang sangat kelaparan.

Zombiverse pertama kali diceritakan di komik Ultimate Fantastic Four Vol 1 karya penulis Mark Millar dan ilustrator Greg Land pada tahun 2005, kemudian lebih di ekplorasi lagi di komik Marvel Zombies/Army of Darkness Vol 1 karya penulis John Layman dan ilustrator Fabiano Neves pada tahun 2007. Keadaan Earth-2149 kurang lebih sama seperti alam semesta utama yaitu Earth-616, perbedaan yang paling terasa adalah Earth-2149 belum pernah diinvasi oleh para penjahat kosmik, sampai benar-benar wabah zombie tersebar baru kemudian Galactus dan Thanos datang.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Wabah zombie pertama kali terjadi ketika Sentry membawa virus yang membuat siapa pun yang terjangkit menjadi zombie pemakan daging. Saat Sentry mendarat di tengah Kota Manhattan yang padat, para Avengers yang datang menghampiri justru terbunuh dan menjadi zombie. Wabah kemudian menyebar dengan cepat, menjangkiti manusia biasa dan para pahlawan super lainnya yang tidak bisa menghentikan serangan para zombie, termasuk Colonel America yang merupakan presiden Amerika di Earth-2149, begitu juga Iron Man, Thor, Luke Cage, Moon Knight, Hulk, Wolverine, Spider-Man. Magneto adalah manusia super terakhir yang berubah menjadi zombie.

Kejadian bertambah buruk setelah Galactus menjadi Zombie dan mulai menyebarkannya ke alam semesta. Merasa alam semesta sudah tidak adalagi kehidupan yang bisa dimakan, Galactus kembali ke Bumi dan memperbaiki Dimensional Travel Machine bekas Reed Richards untuk melakukan perjalanan ke dimensi lain dan memakannya, tetapi rencana tersebut gagal. Ketika seluruh populasi di Bumi hampir sepenuhnya menjadi zombie, muncul beberapa zombie baik yang melakukan perlawanan. Namun, tetap saja pada akhirnya Earth-2149 tidak berhasil diselamatkan, karena ketika para zombie melakukan perjalan dimensi ke Earth-91126, Watcher dari Earth-91126 mengirim Sentry ke Earth-2149 dan terus menciptakan time loop.

Walaupun para zombie tersebut tidak berhasil mencapai alam semesta utama, tetapi cukup jelas bahwa penyebaran wabah virus yang menimpa para pahlawan super sangatlah berbahaya. Bahkan wabah tersebut bisa menjangkiti para entitas kosmik seperti Galactus. Dengan tingkat ancaman yang sangat tinggi sekaligus unik ini, bahkan para pahlawan super yang terkenal selalu berhasil melakukan misinya pun menjadi tidak bisa berkutik. Setelah muncul di serian animasi What If…?, kita tunggu saja kehadiran Marvel Zombie di media lain ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.