Arc Wanokuni sering kali dikaitkan dengan sosok Zoro yang misterius, karena adanya banyak kesamaan elemen dari diri Zoro dan wilayah Wano. Misalnya, Zoro adalah seorang samurai dan ahli pedang. Di Wano, hampir semua penduduknya adalah ahli pedang dan seorang samurai. Hal inilah yang banyak membuat para fans One Piece memunculkan segudang teori tentang Zoro dan Wano.

Salah satu contoh teori tentang Zoro dan Wano adalah desa tempat Zoro lahir di East Blue, yaitu desa Shimotsuki. Shimotsuki sendiri merupakan salah satu klan terpandang di Wano. Mereka menghuni wilayah Ringo, dan menjadi penguasa di wilayah tersebut. Selain itu, ada juga teori lainnya yang berkaitan dengan sosok Roronoa Zoro yaitu Ushimaru dan Zoro memiliki koneksi.

Menurut teorinya, ada kemungkinan bahwa Shimotsuki Ushimaru merupakan ayah dari Zoro. Ushimaru sendiri merupakan Daimyo atau penguasa di wilayah Ringo. Pada awalnya, para fans menghadirkan teorinya berdasarkan siluet dari Ushimaru yang dihadirkan di ceritanya. Namun, berbagai petunjuk lainnya pun mulai bermunculan seperti di chapter 1023 kemarin.

Dalam chapter tersebut, Hyogoro dan Kawamatsu akhirnya menyadari bahwa Zoro memang bukanlah sosok ahli pedang biasa. Mereka pun sepertinya mulai menyadari bahwa ada koneksi antara Zoro dengan Wano, terutama sosok Shimotsuki Ushimaru. Hyogoro mengatakan bahwa Zoro memang sangat mirip dengan Ushimaru, terutama dari segi penampilan fisik.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Diketahui bahwa Ushimaru merupakan seorang samurai bermata satu, sama seperti Zoro yang saat ini dia hanya mampu melihat dengan mata kanannya saja. Sosok Ushimaru kemudian muncul untuk pertama kali di chapter 1024 kemarin, di mana dia dikurung bersama dua samurai lainnya di gua istana Kaidou. Mereka dikurung bersama Yamato yang dihukum karena mengagumi sosok Oden.

Dalam salah satu panel, Oda sedikit banyaknya memperlihatkan sosok Ushimaru secara jelas. Nampak dia mengenakan perban di mata kirinya, yang diduga untuk menutupi luka pada bagian tersebut. Dia juga diperlihatkan sedang menggigit sesuatu, kebiasaan yang juga dilakukan oleh Zoro saat berada di Wano. Dari segi gaya rambut pun Zoro dan Ushimaru terlihat memiliki kemiripan.

One Piece Cosplay Brings Zoro's Wano Look to LifeJika kemudian dugaan tersebut terbukti benar, maka artinya Zoro memang bukanlah sosok sembarangan. Zoro memiliki hak atas kekuasaan di wilayah Ringo, dan juga dia memiliki jabatan atau kedudukan yang hampir setara dengan Shogun Wano. Selain itu, hal ini pun bisa menjadi bukti dari mana kekuatan dahsyat Zoro berasal.

Zoro merupakan salah satu kru Topi Jerami yang memiliki kemampuan fisik luar biasa. Dia juga merupakan ahli pedang yang sangat mumpuni. Tentu Zoro memiliki “latar belakang” yang baik sehingga menjadi sosok yang luar biasa. Seperti kita ketahui, Luffy pun bisa menjadi epik seperti saat ini karena memang kakek dan ayahnya yang luar biasa. Artinya Zoro pun sama.

Untuk saat ini, Oda mungkin masih akan memberikan sederet petunjuk mengenai koneksi antara Zoro dan Ushimaru. Namun, di akhir arc Wano nanti ada kemungkinan barulah kita mendapatkan fakta yang sebenarnya mengenai hal tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks?