Ta-Lo adalah sebuah lokasi mistis di Marvel Universe yang terkenal dengan makhluk-makhluk mistisnya. Tidak banyak yang tahu bahwa lokasi ini muncul di Marvel Cinematic Universe melalui film terbaru Marvel Studios yaitu Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Di trailer Shang-Chi, Ta-Lo diperlihatkan di beberapa cuplikan, salah satunya ketika Shang-Chi dan Katy mengobrol sambil melihat pemandangan danau dan pegunungan di depannya, lokasi tersebut adalah Ta-Lo versi MCU.

Ta-Lo di Marvel Universe sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama di komik Thor. Namun, karena jarang diekplorasi, banyak penggemar yang mengira bahwa Ta-Lo adalah tempat yang sama dengan K’un-Lun, kota mistis yang gerbangnya hanya terbuka setiap 10 tahun sekali. Hal itu cukup masuk akal, karena K’un-Lun sangat erat sejarahnya dengan Shang-Chi di komik, sehingga banyak yang mengira yang muncul di filmnya nanti adalah K’un-Lun, padahal lokasi tersebut adalah Ta-Lo. Sebelum menyaksikannya di film Shang-Chi nanti, tidak ada salahnya kita kenali dulu lokasi Ta-Lo di Marvel Universe.

Ta-Lo di Marvel Universe

Ta-Lo pertama kali diperlihatkan di komik Thor #301 karya penulis Mark Gruenwald, Ralph Macchio, dan ilustrator Keith Pollard pada tahun 1980. Di komiknya, Ta-Lo yang mempunyai arti “surga”, mempunyai nama lain yaitu Daluo Tian atau Kanopi Surga. Sebagai lokasi mistis, Ta-Lo adalah salah satu God Realm di Pocket Dimension Marvel yang cukup dekat dengan Bumi. Ta-Lo adalah rumah bagi para Xian, dewa-dewa Tiongkok, dan merupakan surga tertinggi para dewa Tiongkok. Ta-Lo dan Bumi terhubung melalui Lima Gunung Besar yaitu Hua Shan, Tai Shan, Nan Heng Shan, Bei Heng Shan, dan Song Shan.

Berbagai Makhluk Mistis di Ta-Lo

Selain dihuni oleh para dewa Xian, Ta-Lo juga dihuni oleh berbagai macam makhluk mistis lainnya, seperti:
● Naga Lung, naga yang merupakan evolusi dari dinosaurus dan bisa hidup ribuan tahun
● Fenghuang, makhluk seperti burung phoenix yang terbang mengelilingi Ta-Lo
● Pixu, makhluk buas seperti singa
● Qilin, mamalia buas seperti kuda dengan kepala naga
● Haetae, makluk buas seperti anjing dari mitologi Tiongkok dan Korea
● Dijiang, makhluk bulat tak berkepala, berkaki enam, dan bersayap empat
● Huli jing, rubah berekor sembilan yang bisa berubah bentuk
● Longma, kuda bersayap dengan sisik naga dari mitologi Tiongkok
● Shi, makhluk yang dikenal sebagai singa penjaga dari mitologi Tiongkok
● Yaoguai, roh binatang jahat mencapai keabadian dan menjadi dewa
● Wangliang, monster setan jahat dari mitologi dan cerita rakyat Tiongkok
Di filmnya juga tampaknya Ta-Lo versi MCU akan dipenuhi banyak makhluk mistis seperti naga the Great Protector, Foo Dogs, dan naga hitam yang terlihat di berbagai promosi film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.