Ta-Lo adalah sebuah lokasi mistis di Marvel Universe yang terkenal dengan makhluk-makhluk mistisnya. Tidak banyak yang tahu bahwa lokasi ini muncul di Marvel Cinematic Universe melalui film terbaru Marvel Studios yaitu Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Di trailer Shang-Chi, Ta-Lo diperlihatkan di beberapa cuplikan, salah satunya ketika Shang-Chi dan Katy mengobrol sambil melihat pemandangan danau dan pegunungan di depannya, lokasi tersebut adalah Ta-Lo versi MCU.

Ta-Lo di Marvel Universe sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama di komik Thor. Namun, karena jarang diekplorasi, banyak penggemar yang mengira bahwa Ta-Lo adalah tempat yang sama dengan K’un-Lun, kota mistis yang gerbangnya hanya terbuka setiap 10 tahun sekali. Hal itu cukup masuk akal, karena K’un-Lun sangat erat sejarahnya dengan Shang-Chi di komik, sehingga banyak yang mengira yang muncul di filmnya nanti adalah K’un-Lun, padahal lokasi tersebut adalah Ta-Lo. Sebelum menyaksikannya di film Shang-Chi nanti, tidak ada salahnya kita kenali dulu lokasi Ta-Lo di Marvel Universe.

Ta-Lo di Marvel Universe

Ta-Lo pertama kali diperlihatkan di komik Thor #301 karya penulis Mark Gruenwald, Ralph Macchio, dan ilustrator Keith Pollard pada tahun 1980. Di komiknya, Ta-Lo yang mempunyai arti “surga”, mempunyai nama lain yaitu Daluo Tian atau Kanopi Surga. Sebagai lokasi mistis, Ta-Lo adalah salah satu God Realm di Pocket Dimension Marvel yang cukup dekat dengan Bumi. Ta-Lo adalah rumah bagi para Xian, dewa-dewa Tiongkok, dan merupakan surga tertinggi para dewa Tiongkok. Ta-Lo dan Bumi terhubung melalui Lima Gunung Besar yaitu Hua Shan, Tai Shan, Nan Heng Shan, Bei Heng Shan, dan Song Shan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Berbagai Makhluk Mistis di Ta-Lo

Selain dihuni oleh para dewa Xian, Ta-Lo juga dihuni oleh berbagai macam makhluk mistis lainnya, seperti:
● Naga Lung, naga yang merupakan evolusi dari dinosaurus dan bisa hidup ribuan tahun
● Fenghuang, makhluk seperti burung phoenix yang terbang mengelilingi Ta-Lo
● Pixu, makhluk buas seperti singa
● Qilin, mamalia buas seperti kuda dengan kepala naga
● Haetae, makluk buas seperti anjing dari mitologi Tiongkok dan Korea
● Dijiang, makhluk bulat tak berkepala, berkaki enam, dan bersayap empat
● Huli jing, rubah berekor sembilan yang bisa berubah bentuk
● Longma, kuda bersayap dengan sisik naga dari mitologi Tiongkok
● Shi, makhluk yang dikenal sebagai singa penjaga dari mitologi Tiongkok
● Yaoguai, roh binatang jahat mencapai keabadian dan menjadi dewa
● Wangliang, monster setan jahat dari mitologi dan cerita rakyat Tiongkok
Di filmnya juga tampaknya Ta-Lo versi MCU akan dipenuhi banyak makhluk mistis seperti naga the Great Protector, Foo Dogs, dan naga hitam yang terlihat di berbagai promosi film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.