Usopp dikenal sebagai salah satu dari kru bajak laut Topi Jerami dalam cerita One Piece. Dia memiliki kelebihan dalam hal menembak tepat dan kemampuannya tersebut sangat krusial, karena tidak jarang kemampuannya justru bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Tetapi, siapa sangka Usopp yang sekarang sangat berbeda dengan Usopp yang dulu.

Sebelum bergabung dengan Luffy dan yang lain, Usopp hanyalah pemuda biasa di desa Syrupp. Namun, yang sering kali membuat warga kesal adalah Usopp selalu membuat kegaduhan dengan menciptakan berbagai kebohongan, yang membuat seluruh penduduk panik. Dia juga sering membual tentang banyak hal, terutama mengenai petualangan sebagai bajak laut kepada salah satu gadis cantik di desanya, Kaya.

Namun, kebohongan yang Usopp katakan nyatanya kini perlahan menjadi nyata. Dalam artikel lain pernah disebutkan ada banyak kebohongan Usopp dahulu yang menjadi kenyataan, contohnya bertemu dengan penduduk kurcaci, menghadapi cerberus, atau mungkin yang paling epik adalah dia memiliki ribuan pengikut. Salah satu kebohongan Usopp yang sering diucapkan juga adalah bagaimana dia merupakan sosok kapten bajak laut yang kuat dan ditakuti.

Yang menarik adalah kebanyakan sosok kapten bajak laut yang ditakuti dan kuat tersebut memiliki Haki Penguasa alias Kenbunshoku Haki. Contoh nyatanya adalah para Yonko, Roger, atau bahkan Luffy. Jika kemudian Oda perlahan mulai mewujudkan kebohongan Usopp, dan kebohongan Usopp tersebut adalah menjadi kapten yang ditakuti dan kuat, apakah artinya nanti Usopp akan memiliki Haki Penguasa juga?

Mungkin di atas kertas, hal tersebut akan sulit terwujud. Seperti diperlihatkan di ceritanya, mereka yang memiliki Haki Penguasa memiliki tekad yang sangat kuat. Sebaliknya, Usopp justru merupakan sosok yang penakut dan hampir tidak pernah terlibat dalam pertarungan menghadapi lawan kuat. Dia juga tidak percaya diri untuk bisa terlibat dalam sebuah pertarungan.

Namun, hal tersebut sebenarnya merupakan “tekad kuat” dari Usopp. Usopp memang penakut dan rendah diri dalam hal keterlibatannya di sebuah pertarungan. Tetapi, dia tidak pernah kabur dan tetap berada di medan pertempuran, membantu rekan-rekannya yang lain atau mereka yang membutuhkan. Dan sudah beberapa kali hal tersebut terjadi di cerita One Piece.

Contohnya ketika dia menantang Rob Lucci, yang bisa saja membuat Usopp kalah dengan satu kali serangan. Dia rela membahayakan nyawanya demi menolong Luffy. Usopp mampu melupakan rasa takutnya demi menolong teman-temannya, artinya Usopp juga memiliki tekad yang kuat. Dan juga, ketika Usopp memiliki kemampuan Haki Penguasa, hal ini akan sesuai dengan “julukan” dari Usopp yaitu God Usopp dan mewujudkan mimpinya sebagai bajak laut yang ditakuti dan kuat.

Meski pun hanya spekulasi, hal ini tentunya akan sangat menarik bila memang terjadi di akhir ceritanya nanti. Dan Oda pun mungkin sudah memberikan “tanda” untuk hal tersebut. Di awal chapter 1024 kemarin, terdapat sebuah momen di mana anak buah Kaidou lain di dalam istana Kaidou tiba-tiba tidak sadarkan diri. Muncul sosok misterius yang mendekati mereka.

Sosok tersebut ternyata adalah Usopp yang menaiki seekor buaya. Usopp berkelakar bahwa dialah yang membuat mereka semua pingsan. Meski pun Usopp tidak menyebutkan bahwa itu adalah Haki Penguasa, di mengatakan bahwa wajar jika orang-orang lemah akan pingsan di hadapannya. Pada kenyataanya itu bukanlah Haki Penguasa Usopp, melainkan Haki Penguasa Big Mom yang bertarung melawan Kidd dan Law. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan menghadirkan Haki Penguasa bagi Usopp.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.