Bagaimana cerita di manga Tokyo Revengers akan berakhir? Apakah Takemichi akan berhasil menyelamatkan Mikey? Apa yang akan terjadi kepada Mikey selanjutnya? Apakah Takemichi akan selamat di masa depan? Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang muncul di kalangan fans, di mana saat ini seri manga Tokyo Revengers sedang memasuki arc terakhir.

Seperti biasa, sebelum sebuah cerita berakhir para fans banyak yang berspekulasi mengenai akhir dari serinya. Melihat bagaimana keunikan cerita dari seri Tokyo Revengers, tentunya menarik untuk menebak akhir dari kisah petualangan Takemichi. Sebelumnya, Takemichi berniat untuk membantu Mikey yang di masa depan dia berubah menjadi sosok yang jahat. Melihat hal ini, Takemichi pun berusaha untuk kembali membawa Mikey ke jalan yang benar.

Takemichi kemudian kembali ke 2008, di mana momen ini sebenarnya cukup aneh. Dua petualangan Takemichi sebelumnya membuat dia kembali ke 10 tahun sebelumnya, sedangkan kali ini hanya 8 tahun. Takemichi kemudian melihat orang-orang di sekitarnya yang sekarang sudah mewujudkan mimpinya masing-masing. Inilah yang kemudian membuat Takemichi berpikir bahwa dia harus melakukannya sendiri.

5 Fakta Menarik Takemichi Hanagaki dari Tokyo RevengersTakemichi juga akhirnya menyadari mengapa Mikey memutuskan untuk menjauhi teman-temannya dan kemudian berubah menjadi jahat. Salah satunya adalah dia ingin memastikan bahwa semua temannya berhasil mewujudkan impian tersebut. Dengan kata lain, Mikey “mengorbankan diri” demi terwujudnya mimpi rekan-rekannya. Namun, di sisi lain ada alasan lain yang diduga membuat Mikey menjadi jahat.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Mikey harus menanggung semuanya sendiri. Mikey mengalami beban mental yang berat sehingga dia berubah menjadi jahat. Mikey harus kehilangan tiga sosok yang dekat dengannya, mereka adalah sang kakak, Shinichiro Sano, dan juga saudara perempuannya, Emma Sano. Dia bahkan kehilangan salah satu sahabatnya, Baji. Dengan banyaknya kematian dalam hidup Mikey yang harus dia hadapi, wajah jika dia mengalami tekanan mental.

Takemichi sendiri adalah orang yang kemudian menyadari hal tersebut. Dia tidak ingin semua teman-temannya berada dalam situasi yang berbahay dan tidak menguntungkan. Proses bagaimana Takemichi menyelamatkan Mikey di arc terakhir ini kemungkinan akan lebih dari sekedar itu. Di arc ini pun Takemichi mungkin akan menemukan dirinya sendiri.

Enduring — Takemichi remembering Mikey asking him to help...Takemichi bukan hanya akan berusaha untuk tidak mati dalam petualangannya tersebut. Dia juga mungkin akan mencoba membantu Mikey menemukan sesuatu dalam hidupnya, menemukan kebahagiaan di dalam hidupnya. Sehingga, Mikey tidak perlu lagi melakukan “pengorbanan” untuk teman-temannya. Justru, Mikey akan bisa hidup bersama-sama dengan rekan-rekannya, termasuk Takemichi.

Dalam chapter 199, kita melihat bagaimana Mikey mengungkapkan perasannya dalam sebuah surat yang disimpan di sebuah kapsul waktu. Ketika kelompok Toman berkumpul kembali untuk membaca surat tersebut, disebutkan bahwa Mikey tidak memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain. Dia tidak memiliki hubungan yang indah. Mikey mungkin merasa kagum dan senang dengan teman-temannya yang selalu ada di sampingnya. Namun, dia tidak bisa menikmati hal tersebut.

Miket merasa kosong. Dia merasa depresi, tidak bisa nyaman berada di dekat teman-temannya karena orang-orang yang dekat dengannya kini sudah tiada. Dan melihat dari apa yang terjadi dengan ketiga karakter yang tewas tersebut, mungkin wajar jika Mikey memiliki perasaaan tertekan. Mikey tertekan bahwa ketika dia berada di lingkungan orang-orang yang bisa dia percaya, justru orang-orang terdekatnya harus meninggalkannya.

hi, i'm junik — Mikey needs help (and therapy but like who...Dalam akhir arc ini, Takemichi berhasil mengalahkan ketiga penguasa Tokyo – Terrano South, Kawaragi Senju, dan Mikey – akan sangat penting. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana Takemichi memberikan alasan kepada Mikey mengapa dia harus tetap hidup, harus tetap menjalankan kehidupan yang ada. Hal tersebut adalah kunci bagi arc terakhir ini.

Tentunya ada banyak cara bagi Takemichi untuk melakukan hal tersebut, namun yang paling jelas adalah dengan berhadapan langsung atau menemui langsung Mikey. Akan menjadi tugas berat Takemichi untuk memberikan penjelasan tentang semuanya, membuat Mikey mau terbuka kepada Takemichi, menemukan cara untuk bisa terhubung dengan Mikey jauh lebih baik dari sebelumnya.

Manjiro Sano | Tokyo Revengers in 2021 | Manga, Tokyo, Manga to readSetiap kali Takemichi pergi ke masa lalu, dia pasti membuat koneksi dengan seseorang. Pada awalnya, sosok tersebut adalah adik dari Hina. Dia meminta tolong kepada Takemichi untuk menyelamatkan sang kakak dan juga dirinya. Dan sekarang koneksi kembali dibuat. Setiap kali ada seseorang yang meminta bantuan atau meminta pertolongan, Takemichi harus kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semuanya.

Mengapa kemudian hal itu terjadi? Bukan karena orang-orang yang meminta bantuan Takemichi tersebut yang mewujudkannya. Melainkan Takemichi sedang berada dalam sebuah petualangan untuk memperkuat dirinya sendiri (self-empowerment) untuk melengkapi hidupnya. Dan sampai semua orang yang dia pedulikan sudah berhasil melengkapi hidupnya, maka hidup Takemichi belum akan sempurna.