Penjara merupakan sebuah tempat yang cukup menyeramkan di dunia One Piece. Sangat jarang karakter yang masuk ke dalam penjara bisa keluar dengan mudah. Jika penjahat berbuat salah pada Pemerintah Dunia dan organisasi di dalamnya, maka kemungkinan dia untuk bisa bertahan di dalam penjara menjadi semakin sedikit.

Impel Down merupakan sebuah penjara bawah laut yang terkenal dengan sistem keamanannya yang ketat. Semua tahanan Impel Down merupakan para penjahat kelas atas yang telah memiliki kasus kejahatan cukup besar. Setiap Impel Down dipisahkan berdasarkan level kejahatan yang telah dilakukan, jadi semakin besar level penjara Impel Down maka para tahanan yang ada di dalamnya juga semakin kejam dan menyeramkan.

Lokasi Impel Down berada di sekitar Calm Belt, yang merupakan tempat tinggal para monster laut. Untuk menuju wilayah Impel Down harus melalui Enies Lobby yang terkenal dengan nama “Gerbang Keadilan”. Sebab wilayah itu adalah tempat yang sangat dijaga dengan Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut. Jadi tidak semua orang bisa menyusup ke Impel Down dan membuat kekacauan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Setiap tahanan yang berada di Impel Down memiliki latar belakang dan masalah masing-masing. Sehingga sangat susah untuk seorang tahanan bebas secara resmi dari Impel Down, karena prosedur yang diterapkan cukup rumit. Namun dari semua villain yang berada di Impel Down, Arlong merupakan seorang penjahat yang sempat dibebaskan secara resmi oleh Jinbei. Kedua karakter ini adalah teman di masa lalu selama ada di bajak laut Matahari.

Bajak laut Matahari merupakan salah satu kelompok bajak laut yang terkenal di masa lalu, kelompok ini terdiri dari orang-orang manusia ikan. Bajak Laut Matahari sempat melakukan pembebasan pada beberapa budak Tenryuubito dan sejak saat itu dikenal sebagai salah satu bajak laut yang cukup berbahaya. Namun setelah sang kapten tewas, semua anggotanya termasuk Jinbei dan Arlong memiliki jalannya masing-masing.

Saat Jinbei masih menjadi Shichibukai, dia memang memiliki akses yang spesial dari Pemerintah Dunia. Hal itu dimanfaatkan oleh Jinbei untuk membebaskan Arlong dari Impel Down agar memiliki hidup baru yang lebih baik. Namun sayangnya kesempatan yang Jinbei berikan dibuang sia-sia dengan membangun sebuah koloni di kampung halaman Nami yang bernama Arlong Park. Nampaknya dendam Arlong pada bangsa manusia masih belum hilang, sehingga saat itu dia ingin menyiksa manusia demi keuntungan Arlong sendiri.

Saat itu Arlong kembali berbuat jahat secara diam-diam dengan mengancam semua penduduk pulau. Tindakan ini sempat tidak diketahui oleh Pemerintah Dunia karena Arlong cukup pintar untuk bertindak, bahkan dia juga melakukan banyak hal agar Arlong Park bisa bertahan dan tumbuh hingga sangat besar. Salah satu korban Arlong Park adalah ibu angkat Nami yang bernama Bell-mere. Mereka juga memperbudak Nami dan membuat gadis itu mengkhianati kelompok Topi Jerami.

Pada akhirnya Luffy menyelesaikan masalah Nami dan berusaha untuk menolong gadis tersebut. Tindakan ini membuat kelompok Topi Jerami mengalami luka yang cukup serius, terutama Luffy yang telah mengalami pertarungan penuh darah dengan Arlong. Pada akhirnya Arlong kembali ke Impel Down setelah dikalahkan oleh Luffy. Hingga sekarang masih belum ada yang mengetahui seperti apa nasib Arlong, sebab setelah dia tertangkap masih belum ada kabar terbaru mengenai Arlong hingga sekarang. Namun menurut Informasi yang beredar Arlong saat ini telah berada di dunia luar karena tindakan Luffy yang sempat membebaskan semua penjahat Impel Down demi menolong Ace.

 

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.