Marvel Universe bukan hanya terkenal karena para pahlawan supernya saja, tetapi juga karena lokasi-lokasinya yang menarik. Berbagai macam lokasi unik tersebar di alam semesta Marvel, dari mulai di dalam laut sampai di ujung galaksi, atau bahkan di lokasi misterius yang tidak semua orang tahu. Ada satu lokasi menarik yang keberadaannya sangat misterius, lokasi tersebut menjadi tempat berkumpulnya para pahlawan Marvel yang terkenal karena kemampuan seni bela dirinya, seperti Shang-Chi dan Iron Fist. Dan lokasi tersebut adalah K’un-Lun, sebuah kota mistis yang berada di dimensi lain.

Pertama kali muncul di komik Marvel Premiere #15 karya Roy Thomas dan Gil Kane pada tahun 1974, kota K’un-Lun Marvel mengambil referensi dari sebuah lokasi di mitologi Tiongkok yang disebut Kunlun Shan. K’un-Lun terletak di Pocket Dimension dan merupakan salah satu kota dari tujuh Kota Surga, yaitu tujuh kota misterius yang berada di planet Bumi. K’un-Lun berada di antara jajaran pegunungan Asia yang terbentang sepanjang 3.000 km dan tersebar dari Himalaya sampai Tiongkok. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Abadi ini mempunyai jumlah penduduk hanya beberapa ribu jiwa saja.

Sebagai kota mistis, gerbang K’un-Lun hanya terbuka setiap sepuluh tahun sekali. Salah satu penjaga gerbang dan pelindung kota K’un-Lun yang paling terkenal adalah seorang pahlawan super Marvel yang bernama Daniel Rand alias Iron Fist. Iron Fist adalah pahlawan yang berguru di K’un-Lun dan mendapatkan kekuatan supernya setelah mengalahkan naga api di gua dekat Kota K’un-Lun. Sejak saat itu, Iron Fist mengabdikan dirinya sebagai pelindung kota mistis tersebut. Sedangkan versi alternatif Kota K’un-Lun di Earth-15513, sangat erat juga dengan karakter Marvel lain, yaitu Shang-Chi.

Di Earth-15513, Shang-Chi adalah Kaisar K’un-Lun yang mendapatkan gelarnya setelah mengalahkan ayahnya yaitu Kaisar Zheng Zu. Di kota alternatif ini banyak sekali ahli seni bela diri dunia yang berlatih dan bertarung satu sama lain. Kota ini merupakan rumah bagi karakter Marvel terkenal lainnya seperti Razor Fist, Red Sai, Laughing Skull, dan juga Rand-K’ai, seseorang yang mangembil identitas Iron Fist di Earth-15513. Sebelumnya setiap tiga belas tahun sekali, Kota K’un-Lun akan mengadakan turnamen dengan hadiah jabatan sebagai kaisar K’un-Lun. Namun sejak Zheng Zu berkuasa, posisi kaisar tidak pernah diganti selama 100 tahun, sampai akhirnya Shang-Chi berhasil mengalahkan ayahnya. 

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Kota K’un-Lun diirumorkan akan menjadi latar lokasi di film sekuel Shang-Chi 2, setelah sutradara Destin Daniel Cretton mengatakan bahwa dia menginginkan sebuah lokasi untuk hadir di Shang-Chi 2. Dan jika lokasi ini benar-benar akan muncul di Marvel Cinematic Universe kedepannya, maka menghadirkan karakter Iron Fist adalah hal selanjutnya yang bisa dilakukan oleh Marvel Studios. Kehadiran kota mistis K’un-Lun dan Iron Fist akan meramaikan seni bela diri di MCU, dan kemungkinan besar penggemar akan menyambut baik ide tersebut. Kita berharap saja kota ini menjadi salah satu lokasi menarik di MCU.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.