Selain buah iblis, Haki adalah salah satu hal yang menarik mengenai kekuatan dalam cerita One Piece. Berbeda dengan buah iblis, Haki bukanlah bersumber dari buah-buahan yang memiliki kekuatan dahsyat, yang mana ketika seseorang memakannya maka dia akan langsung mendapatkan kekuatan yang sesuai dengan buah yang di makan. Haki pada dasarnya hanya berkaitan dengan tekad dan semangat.

Tekad dan semangat seseorang tersebut nyatanya bila dijadikan “senjata” maka akan sangat mematikan. Pada dasarnya, Haki adalah sebuah kemampuan seseorang untuk membuat tekad atau semangat mereka mengalir menjadi sebuah kekuatan yang melapisi senjata atau tubuh mereka, membuat mereka tahu berapa jumlah musuh dan kemana arah musuh, dan tentunya membuat lawan terintimidasi dan takluk.

Haki sendiri terbagi menjadi tiga, Conqueror Haki, Observation Haki, dan Armament Haki. Conqueror Haki dan Observation Haki adalah dua haki paling umum di One Piece, sedangkan Armament Haki adalah Haki yang sangat langka. Meskipun bisa dipelajari, nyatanya tidak semua orang memiliki kemampuan Haki. Bagaimana dengan kru Topi Jerami? Apakah ada yang memiliki kemampuan Haki?

Dalam salah satu kolom SBS, Eiichiro Oda, kreator dari One Piece pernah diberikan pertanyaan oleh fans terkait masalah ini. Fans tersebut menanyakan tentang apakah kelompok bajak laut Topi Jerami bisa menggunakan Haki. Eiichiro Oda kemudian dengan tegas menjelaskan bahwa tiga orang di kelompok ini – Luffy, Zoro, dan Sanji – dipastikan bisa menggunakan Haki.

Menurut Oda Sensei, Luffy memiliki kemampuan Conqueror Haki dan Sanji memiliki Observation Haki. Sedangkan Zoro adalah Armament Haki. Apakah artinya mereka hanya akan memiliki satu kemampuan Haki saja? Tentu saja tidak. Seperti yang kita lihat dalam ceritanya, Luffy kini bahkan menguasai ketiga Haki ini bahkan sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

Ini artinya mereka bertiga kemungkinan juga akan mempelajari Haki yang lainnya, entah sengaja maupun tidak disengaja. Maksud sengaja disini adalah Zoro dan Sanji akan berlatih untuk mengasah kemampuan Haki mereka, seperti yang dia lakukan di Rusukaina atau di penjara Udon. Sedangkan yang dimaksud oleh tidak sengaja adalah mereka akan mendapatkan kemampuan tersebut tanpa mereka sadari.

Mengenal Ashura, Teknik Mengerikan Milik Zoro | Greenscene

Contoh nyatanya adalah ketika Luffy bertarung melawan Katakuri, dia berhasil mengembangkan Observation Haki sehingga bisa melihat ke masa depan. Dan hal inilah yang kemungkinan akan terjadi kepada dua monster lainnya. Mereka akan bertemu dengan musuh yang sangat kuat sehingga tidak sengaja membangkitkan kemampuan Haki yang lain. Contoh nyata dari hal ini adalah ketika Zoro menyerang Kaidou dengan teknik Asura. Ternyata, menurut Kaidou, Zoro memiliki Haki Penguasa yang membuat Zoro melukai tubuhnya.

Lalu, bagaimana dengan kru yang lain? Usopp, Nami, dan Sanji, mungkin akan memiliki kemampuan tersebut. Contohnya adalah Usopp yang akan memiliki kemampuan Observation Haki, di mana dia bisa melihat musuh dari jauh. Hal ini sebenarnya sudah dia lakukan di arc Dressrosa kemarin. Jinbe mungkin adalah kru lain – selain trio monster dan Usopp – yang memiliki kemampuan Haki. Sedangkan untuk kru lainnya, masih dinantikan apakah mereka akan mendapatkan kemampuan Haki dari Oda Sensei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.