Doctor Strange 2 adalah film Marvel Cinematic Universe mendatang yang akan mengangkat tema multiverse. Kabarnya film tersebut akan menjadi titik bertemunya semua masalah multiverse yang telah terjadi di awal Fase 4 MCU. Oleh karena itu, tidak aneh jika filmnya akan menghadirkan banyak karakter menarik. Sebelumnya telah dikonfirmasi bahwa Wanda Maximoff dan America Chavez akan terlibat di filmnya. Namun, selain mereka berdua, daftar rumor karakter yang akan muncul terus bertambah, dan yang terbaru menyebutkan bahwa saudara Thor akan muncul juga, dia adalah Balder the Brave.

Balder the Brave melakukan debutnya untuk pertama kali di komik Journey into Mystery #85 karya Stan Lee Larry Lieber dan Jack Kirby pada tahun 1962. Sebagai karakter Marvel yang terinpirasi dari dewa mitologi Nordik bernama Baldr, Balder adalah anak Odin sekaligus saudara Thor dan Loki. Di komiknya dia adalah seorang Asgardian yang terkenal sering membantu Thor dalam misinya, misalnya saat melawan Raksasa Listrik Skagg dan juga Iblis Api Surtur. Balder bahkan pernah menjadi seorang penguasa Asgard untuk sementara waktu, saat Thor pergi mencari Odin yang telah lama menghilang.

Awalnya Baldur tidak mengetahui bahwa dia adalah anak kandung Odin, karena selama ini dia berpikir bahwa dirinya adalah anak yang diangkat oleh keluarga kerajaan. Di komik Thor (Vol. 3) #10 karya J. Michael Straczynski dan Olivier Coipel pada tahun 2008, Balder dan orang-orang di sekitarnya baru pertama kali mengetahui fakta bahwa dia adalah anak kandung Odin. Dia adalah anak Odin dan Frigga, yang awalnya akan dibuang oleh Odin karena firasat tentang kematian Balder yang akan menyebabkan perang besar Ragnarok. Sebagai anak Frigga berarti dia adalah saudara tiri Thor, karena di komik ibu Thor adalah Gaea.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sebagai Dewa seperti saudara-saudaranya, Balder mempunyai julukan God of Light atau Dewa Cahaya dan dia juga mempunyai kekuatan yang luar biasa. Kemampuan dasarnya sama seperti Thor, yaitu kekuatan super, kecepatan super, stamina super, dan daya tahan tubuh super. Kemampuan lainnya yang cukup unik dan tidak dimiliki oleh dewa lain adalah mampu berbicara dengan hewan, healing factor, bisa merasakan bahaya dari kejauhan, teleportasi, bisa menembakan cahaya dan energi, serta bisa menyembunyikan keberadaan di mata manusia biasa. Senjata andalannya adalah pedang dewa yang disebut Svraden. Dengan semua sejarah dan kemampuan yang dia miliki, bisa dipastikan bahwa Balder adalah seorang Asgardian yang cukup penting, sama seperti Thor dan Loki.

Balder pertama kali dirumorkan kehadirannya di Doctor Strange 2 oleh DanielRPK, orang sama yang telah merumorkan karakter Fox-Verse di Doctor Strange 2. Namun, jika berbicara mengenai kemunculannya di MCU, mungkin akan sedikit sulit mengingat kisahnya belum pernah diceritakan sebelumnya. Hal yang bisa dilakukan untuk memunculkan karakternya adalah dengan membangun latar belakang karakternya yang berasal dari timeline alternatif, atau menggambarkannya sebagai varian dari Thor. Kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai kebenaran rumor ini ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.