Sutradara dari film Dune, Denis Villenueve, mengungkapkan visinya untuk film epik fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel populer karya Frank Herbert, Dune. Villenueve menjadi sutradara dalam proyek reboot untuk film Dune yang direncanakan akan tayang pada Oktober mendatang. Filmnya sendiri berkisah tentang sosok Paul Atreides, anak dari sebuah keluarga bangsawan, yang harus bangkit demi melindungi keluarganya.

Atreides juga harus menjaga aset yang sangat berharga di seluruh galaksi, yang ada di planet gurun pasir Arakkis. Dune sendiri pertama kali coba diangkat menjadi film layar lebar pada era 70an, dengan Alejandro Jodorowsky yang ditunjuk sebagai sutradaranya. Sayangnya, proyek filmnya harus gagal karena perbedaan masalah kreativitas dan juga ongkos produksi yang sangat besar.

Pada akhirnya Dune berhasil diangkat ke layar lebar pada era 80an, dengan sosok David Lynch yang menulis sekaligus menyutradarainya.  Sayangnya, film ini gagal dipasaran dikarenakan pada era tersebut film bergenre horor dan cult merajai box office. Dune kemudian kembali diadaptasi menjadi film layar lebar pada 2017, setelah Legendary Pictures mendapatkan hak cipta dari novelnya.

Villenueve kemudian ditunjuk sebagai sutradara, dan akan membagi ceritanya menjadi dua film. Dalam sebuah sesi tanya jawab dengan situs Screen Rant untuk mempromosikan filmnya, Villenueve menyatakan bahwa dia masih memiliki rencana untuk membuat dua film yang diadaptasi dari noverl pertama dan film ketiganya akan diadaptasi dari novel Dune Messiah, sekuel pertama dari seri Dune.

Namun, Villenueve menyatakan bahwa dia masih belum memikirkan apa yang akan dihadirkan di film ketiga nanti. Sang sutradara masih mempersiapkan dua film pertama Dune, dan dia mengatakan bahwa film pertama Dune merupakan “film yang paling menantang” yang pernah dia buat. Yang luar biasa adalah Villenueve menyatakan bahwa film Dune pertama bisa terwujud berkat kerja keras dia dan timnya yang bekerja 24 jam setiap hari.

Pengumuman bahwa adaptasi novel pertama Dune akan dibagi menjadi dua film menghadirkan tanggapan positif bagi para pecinta novelnya. Pasalnya, dengan novel tersebut yang memiliki 400 halaman, memang rasanya sulit untuk mengadaptasi ceritanya jika hanya dalam satu film. Dan yang lebih penting lagi adalah ini baru proyek film pertama, artinya Villenueve mungkin harus lebih ekstra lagi dalam upaya menghadirkan film sekuelnya nanti.

Dune sendiri direncanakan akan dirilis di bioskop dan juga HBO Max, dan ongkos produksi filmnya sendiri mencapai 165 juta dollar. Dengan ongkos produksi yang sangat besar, tentunya Warner Bros. berharap bahwa film ini bisa diterima oleh para pecinta film. Kita nantikan saja ya Geeks apakah film Dune akan meraih kesuksesan besar pada pembukaan pertama filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.