One piece merupakan sebuah seri manga terkenal yang dirilis sekitar tahun 1996. Seri ini menceritakan kelompok bajak laut Topi Jerami yang dipimpin oleh Luffy. Mereka berusaha menemukan sebuah harta karun bernama One Piece. Luffy sendiri memiliki cita-cita menjadi bajak laut dan ingin menemukan One Piece agar bisa menjadi raja bajak laut. Di awal seri One Piece bergulir, tidak banyak pilihan senjata yang dihadirkan, sehingga para penggemar hanya bisa melihat sedikit pistol dan beberapa jenis pedang sebagai senjata untuk menyerang lawan.

Keterbatasan inilah yang membuat para penggemar menganggap bahwa teknologi di seri One Piece pada saat itu sangat terbatas. Bahkan saat itu, tenaga kapal laut pada umumnya hanya menggunakan layar dan dayung tambahan, dan tidak ada tambahan mesin yang bisa digunakan untuk menggantikan tenaga angin dan manusia. Namun sejak arc Water Seven, banyak kemajuan teknologi yang diperlihatkan dalam serinya.

Arc Water Seven menjadi titik balik perkembangan teknologi dalam seri One Piece. Pada saat itu, para penggemar bisa melihat kereta api yang bisa melaju diatas air laut, dan juga beberapa kemajuan teknologi lainnya yang bisa diterapkan dalam sebuah kapal agar bisa melakukan perjalanan lebih baik. Sehingga banyak alat-alat canggih yang bisa dilihat dalam arc ini dan digunakan di arc selanjutnya hingga sekarang.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Arc Water Seven juga menjadi perkenalan pertama Franky dalam seri One Piece. Keberadaan Franky saat itu juga menjadi salah satu bukti bahwa kemajuan teknologi sangatlah pesat. Pada saat itu Franky telah memiliki kekuatan cyborg dan mengubah sebagian besar tubuhnya dengan mesin dan besi. Hingga sekarang, kekuatan Franky terus meningkat dengan banyaknya penambahan fitur yang disematkan dalam tubuhnya.

Perkembangan teknologi di dunia One Piece terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena keberadaan orang-orang yang memiliki rasa penasaran tinggi seperti Dr. Vegapunk dari Pemerintah Dunia. Para doctor dan ilmuwan yang penasaran dengan perkembangan dunia membuat sebuah inovasi baru yang akhirnya bisa membuat kehidupan umat manusia lebih maju.

Faktor selanjutnya terjadi karena kehadiran orang-orang seperti Franky yang selalu berinovasi dengan teknologi, demi membuat sesuatu yang berguna. Salah satu hasil inovasinya adalah membuat kapal yang canggih. Franky dan semua keluarga dekatnya di Water Seven adalah seorang pembuat kapal terbaik, bahkan keluarganya telah terbukti menjadi pembuat kapal terbaik sejak era Roger.

Beberapa ilmuwan lain seperti Queen juga menjadi faktor utama kemajuan teknologi dalam serial One Piece. Ilmuwan satu ini juga memiliki kekuatan cyborg seperti Franky. Bahkan dengan kekuatan yang Queen miliki membuatnya menjadi bagian dari All-Star di bajak laut Beasts. Hingga sekarang kekuatan Queen dan kemajuan teknologi yang dia miliki membuatnya menjadi lawan yang kuat bagi Zoro dan Sanji.

Germa juga tergolong ilmuwan yang membuat teknologi di dunia One Piece menjadi semakin maju. Meski dia adalah salah satu dalang dari terciptanya eksperimen terlarang pada manusia, namun Germa dengan ketekunan dan sikapnya telah membuat sebuah kemajuan yaitu bisa membuat manusia yang lemah menjadi kuat dalam waktu singkat dengan cara modifikasi tubuh dan struktur genetika. Jadi serial One Piece telah mengalami perkembangan teknologi dalam waktu yang cukup pesat dari awal seri ini hingga sekarang.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.