Kaido merupakan karakter yang sangat kuat, bahkan dia disebut sebagai makhluk paling kuat. Tidak ada senjata yang bisa melukai atau bahkan membunuh Kaido. Bahkan, dia pernah mencoba untuk bunuh diri tetapi tidak berhasil. Hal ini dikarenakan kemampuan Haki miliknya yang luar biasa. Kemampuan buah iblisnya juga memberikan tambahan kekuatan yang luar biasa.

Bukti kekuatan kaido adalah bagaimana dia bisa mengalahkan beberapa Supernova kuat seperti Kidd dan Luffy. Meski pun Luffy sudah menggunakan kemampuan terhebat miliknya, pada kenyataanya hal tersebut tidak cukup ampuh untuk menghadapi Kaido. Justru Kaido mampu mengalahkannya dengan satu serangan saja. Meski pun Kaido memiliki kekuatan, diantara para Yonko lain Kaido dianggap yang paling lemah. Bukan dalam hal kekuatan, tetapi dalam hal mengurus kelompoknya.

Whitebeard

Saat perang puncak di Marineford, kita melihat bahwa kelompok Whitebeard memiliki banyak divisi beserta para krunya yang banyak. Whitebeard juga memiliki jaringan sekutu yang sangat luas yang siap membantunya. Kelompok Whitebeard dan para sekutunya memiliki wilayah kekuasaan, yang mana konsep mereka justru memberikan perlindungan kepada wilayah tersebut.

Sebagai gantinya, mereka yang berada dalam perlindungan Whitebeard menyatakan siap bertarung bersama Whitebeard. Whitebeard selama ini mendambakan sebuah keluarga yang bisa membuatnya bahagia, dan hal itu dia wujudkan dengan cara melindungi pulau-pulau kekuasaanya. Berbeda dengan Big Mom atau Kaido, Whitebeard tidak meminta apa pun atas perlindungan tersebut.

Blackbeard

Belum banyak hal yang diperlihatkan oleh Oda Sensei mengenai kelompok Blackbeard. Namun, ada kemungkinan bahwa Blackbeard mencoba untuk menirukan struktur yang dimiliki kelompok Whitebeard. Blackbeard sangat menginginkan kekuasaan yang besar atas seluruh dunia ini, dan untuk mewujudkan mimpinya tersebut dia tidak segan untuk melakukan apa pun.

Blackbeard pun memiliki wilayah kekuasaan, namun bukan dikarenakan sama-sama memiliki niat baik. Sebaliknya, Blackbeard menguasai wilayah tersebut dengan rasa takut. Blackbeard juga sepertinya tidak akan segan menghabisi orang-orang yang berkhianat kepadanya, demi menghindari mereka bergabung dengan penguasa lainnya.

Big Mom

Bisa dibilang diantara ketiga Yonko lainnya kelompok Big Mom memiliki struktur yang paling formal. Kerajaannya merupakan kerajaan yang memiliki aturan dan birokrasi. Misalnya ada aturan bagi para penghuni Totto Land untuk membayar “pajak” dengan mengorbankan serpihan jiwa mereka. Kemudian Big Mom memiliki menteri (ministers) untuk menjadi pemimpin dari berbagai departemen (pulau kekuasaan Big Mom).

One Piece: The 10 Big Mom Pirates With The Highest Bounties, Ranked According To Their BountySebenarnya, kehidupan di Totto Land tidaklah buruk. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana para penduduk di sana merasa tenang dan aman, meski pun mereka harus membayar “pajak.” Masalah yang dimiliki Big Mom adalah jiwanya yang tidak stabil, selalu membuat kehancuran ketika dia lapar, dan terdapat aturan bahwa jika penduduknya ingin pergi dari Totto Land, maka mereka harus menyerahkan semua jiwanya.

Kaido

Kaido memiliki keinginan untuk menjadi raja bajak laut dan juga mendapatkan One Piece. Dia juga senang untuk bertarung dan menghancurkan semuanya. Itulah alasan mengapa setelah One Piece ditemukan, Kaido memiliki keinginan untuk menciptakan kekacauan dan kehancuran di mana-mana. Kelompok Kaido tidak memiliki aturan ketat dalam struktur kelompoknya.

Origin of Beast Pirates | Why King and Queen Joined KaidoSiapa pun bisa berada di posisi yang tinggi, selama mereka bisa menaklukan orang yang ada di posisi tersebut dan memiliki kekuatan dahsyat. Di sisi lain, inilah yang kemudian menjadi kelemahan terbesar dari kelompoknya. Dengan rivalitas yang tinggi, mereka justru lebih sering bergerak secara individu dibandingkan kelompok. Mereka pun tidak mau saling bekerja sama. Banyak fans menduga bahwa sistem yang diterapkan Kaido ini diadaptasi dari sistem yang sama yang diterapkan Rocks D. Xebec.

Namun, sebagian merasa bahwa sistem atau struktur tersebut sangatlah lemah dan rapuh. Kaido duduk di puncak kekuasaan. Ketika kemudian Kaido berhasil dikalahkan atau tewas, kekacauan dipastikan akan muncul mengingat tidak ada lagi sosok kuat atau sosok pemimpin yang mengatur semuanya. All-Stars mungkin bisa kemudian menggantikan posisi Kaido, namun akan ada tentangan dari yang lain dan tidak menutup kemungkinan mereka akan diserang oleh bawahannya.

Shanks

Shanks mungkin memiliki struktur dari gabungan ketiga Yonko di atas. Mungkin juga dia mendapatkan dukungan dari Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Shanks mungkin membuat kesepakatan dengan Pemerintah Dunia di mana dia mendapatkan wilayah kekuasaan, sedangkan sebagai gantinya Pemerintah Dunia dan angkatan laut tidak boleh merusak keseimbangan kekuatan di dunia. Shanks sering digambarkan sebagai sosok yang baik, dan memiliki prinsip. Namun, apa sebenarnya tujuannya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.