Di chapter 1023 dari seri manga One Piece kemarin, Kawamatsu dan Hyogoro memberikan para fans informasi menarik mengenai alasan mengapa Hiyori mau dan rela memberikan pedang peninggalan ayahnya, Kozuki Oden, yaitu Enma kepada Zoro sebagai pengganti pedang Shusui. Menurut Hyogoro, Zoro benar-benar memiliki kemiripan dengan sosok Shimotsuki Ushimaru.

Bukan hanya Zoro memiliki penampilan fisik yang mirip dengan Ushimaru, Zoro juga menggunakan gaya berpedang yang sama dengan salah satu samurai legendaris Wano tersebut. Seperti yang kita ketahui, Ushimaru merupakan keturunan dari Shimotsuki Ryuma. Berdasarkan penjelasan dari Hyogoro tersebut, Kamawatsu menyimpulkan bahwa memang sudah menjadi sebuah takdir bagi Zoro untuk kemudian “kembali” ke Wano.

Ryuma sendiri dahulu merupakan sosok yang dikenal sebagai penjaga Wano. Dia merupakan seorang ahli pedang yang luar biasa. Ryuma kemudian tewas, dan ironisnya, Gecko Moria kemudian berhasil mengambil tubuh atau jenazah dari Ryuma untuk kemudian menjadi salah satu pasukan zombie miliknya. Bayangan dari Brook mengisi tubuh dari zombie Ryuma. Dan hal ini terjadi ketika arc Thriller Bark berlangsung.

Ryuma sendiri sebenarnya bukan sosok baru di dunia One Piece. Sosok Ryuma merupakan karakter ciptaan Eiichiro Oda yang dahulu sempat muncul di sebuah komik one-shot bernama Monsters. Dan buat Geeks yang belum mengetahuinya, sosok karakter Ryuma muda dari one-shot tersebut yang kemudian menjadi inspirasi karakter Roronoa Zoro.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Hal ini tentunya bukan hanya sekedar ketidak sengajaan atau merupakan hasil dari gaya menggambar dari Oda Sensei. Kita tahu bahwa Zoro berlatih di sebuah dojo di desa Shimotsuki ketika dia masih kecil. Nama desa tersebut diambil dari Shimotsuki Kozaburo. Ada kemungkinan bahwa orang tua Zoro mengetahui tentang klan Shimotsuki dan juga berasal dari Wano.

Segala hal yang berkaitan dengan Zoro dianggap sesuai dengan apa yang dihadirkan di wilayah Wano. Jika kemudian Zoro memang merupakan bagian dari klan Shimotsuki dan juga memiliki kemiripan dengan Ushimaru, bukan tidak mungkin bahwa Zoro sebenarnya memiliki darah yang sama dengan Ryuma. Dan mungkin ini juga alasan mengapa Zoro merupakan salah satu ahli pedang handal di cerita One Piece.

Sepertinya apa yang dikatakan oleh Kawamatsu memang ada benarnya, bahwa merupakan takdir Zoro bisa kembali kembali ke Wano dan Zoro akan menjadi sosok penting untuk membebaskan Wano dari cengkraman Kaido. Selama di Wano, Zoro bukan hanya mendapatkan pedang baru yaitu Enma, namun juga dia memiliki teknik baru. Contohnya adalah teknik memotong api milik Kinemon.

Keputusan Zoro untuk mau mengembalikan Shusui – yang dahulu digunakan oleh Ryuma dan menjadi harta karun bagi Wano – merupakan keputusan yang tepat. Serta semua yang terjadi dan berbagai petunjuk yang ada memang mengarahkan bahwa Zoro memang merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Masih belum diketahui bagaimana kemudian fakta ini akan memberikan pengaruh terhadap cerita One Piece.

Namun, Oda sepertinya memberikan sinyal bahwa kemunculan Zoro merupakan sesuatu yang penting bagi Wano. Dengan banyak orang yang menganggap bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan Ryuma, hal itu bisa menjadi sesuatu yang penting bagi perkembangan karakter Zoro kedepannya.