Dengan kekuatan monster yang mengerikan, rasanya wajar jika Kaido disebut sebagai sosok paling kuat dan mengerikan dalam cerita One Piece untuk saat ini. Apalagi titelnya sendiri adalah ‘makhluk buas paling kuat di dunia.’ Dan hal ini juga diakui oleh Pemerintah Dunia serta angkatan laut, di mana Kaido menjadi sosok paling kuat setelah tewasnya Roger dan Whitebeard.

Sering kali, kaido juga dibandingkan dengan sosok Big Mom, entah karena kekuatannya atau pun karena perilakunya. Sebagian fans beranggapan bahwa dibandingkan Kaido, Big Mom merupakan sosok yang sangat kejam. Contohnya adalah dengan mengambil jiwa dari masing-masing orang yang tinggal di Totto Land. Namun, pada kenyataanya Kaido pun tidak kalah kejam. Berikut adalah buktinya.

Tidak Memiliki Batasan

Salah satu hal yang menjadi petunjuk bahwa seorang karakter merupakan sosok yang jahat atau kejam adalah ketika dia tidak memiliki batasan atau moral di dalam dirinya. Kaido, salah satu Yonko dan makhluk paling kuat di dunia yang menebar teror ke seluruh dunia, merupakan salah satu contoh nyata dari hal ini. Kaido tidak ragu untuk mengejek dan menyerang anak-anak sekali pun.

Bukti dari hal ini adalah ketika Kaido secara brutal menyerang Tama, yang usianya masih sangat kecil. Dia juga bahkan mengolok-olok sosok Kozuki Oden di depan Momonosuke, yang notabene merupakan anaknya. Semuanya demi mempermalukan sosok Momo. Hal itu rasanya terlalu berlebihan mengingat Kaido adalah sosok paling kuat di dunia.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Penuh Kekerasan

Kaido adalah seorang pecandu alkohol dan tidak bisa mengendalikan amarahnya. Ketika ia sedang mabuk dan marah, maka ia akan menjadi orang yang sangat kasar. Bahkan, Kaido yang dalam kondisi mabuk dan marah akan jauh lebih berbahaya dibanding saat kondisi normal. Hal ini sempat diperlihatkan di manganya di mana Jack sampai-sampai ketakutan dan harus menghentikan Kaido agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Masalah pengendalian amarah dan juga sering melakukan kekerasan sudah melekat pada diri Kaido. Kaido merupakan contoh pemimpin yang tidak ragu untuk menghabisi atau menghancurkan anak buahnya ketika ada kabar buruk datang. Meski pun terkadang hal ini juga sering dilakukan Big Mom, setidaknya dia tidak lebih kejam dari Kaido untuk masalah kekerasan.

Penggunaan Buah Iblis SMILE

Kita akhirnya mengetahui fakta mengerikan dari buah iblis buatan, SMILE, yang mana fakta tersebut justru semakin membuat kita sadar bahwa buah iblis memang merupakan sesuatu yang buruk. Dan ironisnya, Kaido merupakan satu-satunya orang yang kemudian “memanfaatkan” buah iblis buatan tersebut. Dia membuat anak buahnya memakan buah iblis tersebut.

Dan yang mengerikannya adalah tidak semua orang yang memakan buah iblis tersebut akan berhasil berubah atau memiliki kemampuan Zoan. Salah satu hal mengerikan dari buah iblis buatan SMILE adalah bagaimana efeknya terhadap mereka yang memakannya. Kehilangan emosi merupakan hal yang pasti terjadi kepada hampir semua orang yang memakannya. Killer adalah salah satu contoh dari hal ini, di mana dia hanya bisa tertawa setelah memakan buah iblis SMILE.

Kendalinya Atas Wano

Meski pun Big Mom memperlakukan penduduk Totto Land dengan semena-mena, mereka semua merasa aman dan nyaman untuk tinggal di wilayah tersebut. Dan hal ini jauh lebih baik dan jauh lebih unggul dibandingkan dengan apa yang dilakukan Kaido terhadap Wano. Kaido benar-benar kejam terhadap para penduduk Wano. Dia tidak pernah peduli mengenai apa yang terjadi di Wano atau pun yang terjadi terhadap para penduduknya.

Keamanan mereka tidak terjamin, mengingat mereka ketakutan terhadap Orochi dan Oniwabanshu. Mereka juga dipaksa untuk bekerja di pabrik senjata, yang mana tidak jarang mereka tidak digaji atau pun tidak diberi makan. Wano benar-benar berubah menjadi sebuah wilayah atau negara yang buruk dan mengerikan semenjak Orochi dan Kaido berkuasa.

Memiliki Tujuan Jahat

Setiap karakter villain pasti memiliki tujuan dan juga pemikiran mereka masing-masing. Big Mom sendiri, seperti halnya kebanyakan bajak laut di seri One Piece, memiliki keinginan atau impian untuk menjadi raja bajak laut. Namun, meski pun Kaido pun ingin menjadi raja bajak laut, dia memiliki tujuan lain yang ternyata sangat mengerikan.

Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana Kaido memiliki tujuan untuk menghancurkan seluruh dunia. Hal itu akan dia lakukan setelah dia berhasil menemukan Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut. Menurutnya, menghancurkan sebagian besar dunia akan mengurangi beban yang ada. Karena hal inilah, tidak heran jika Kaido sering kali menebar teror di berbagai tempat.