Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu telah datang, Zoro telah sembuh dan siap berduet dengan Sanji untuk mengalahkan dua All-Star dari bajak laut Beasts yaitu King dan Queen. Dua karakter ini menjadi sorotan di chapter 1023 karena menampilkan pertarungan yang sangat epik dan membuat kubu Topi Jerami tertolong. Sebelumnya, para Tobbi Roppo telah dikalahkan, sehingga hanya tersisa beberapa karakter kuat yang cukup merepotkan kubu Topi Jerami. Jika King dan Queen bisa dikalahkan oleh Sanji dan Zoro, maka kemungkinan kubu Topi Jerami menang meningkat.

Duet Sanji dan Zoro menjadi semakin menarik dengan munculnya kabar yang menyebut bahwa leluhur Zoro berasal dari Wano. Kabar tersebut berasal dari percakapan Wakamatsu dan Bos Hyogoro saat mereka memperhatikan Zoro menggunakan Enma untuk melawan King dan Queen. Menurut Hyogoro, sosok Zoro sangat mirip dengan mendiang Daimyo Ringo saat masih muda, namun keahlian berpedang Zoro sangat mirip seperti Shimotsuki Ushimaru yang merupakan seorang pendekar pedang hebat dari Wano.

Selain terkenal sebagai seorang pendekar pedang handal, Shimotsuki Ushimaru merupakan salah satu anggota keluarga Shimotsuki yang menjadi Shogun di Wano sebelum akhirnya pemerintahan diambil alih oleh Orochi. Hingga sekarang, sosok Ushimaru masih menjadi sebuah misteri sebab setiap kali diceritakan, sosok Ushimaru hanya berupa siluet hitam saja.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Kawamatsu juga mengatakan bahwa keahlian berpedang Zoro dan Ushimaru seperti kacang dalam satu kulit, yang artinya kedua karakter ini benar-benar memiliki keahlian berpedang yang sulit dibedakan. Kawamatsu juga menambahkan bahwa Ushimaru bukanlah pendekar pedang biasa, sebab dia adalah salah satu dari keturunan dewa pedang yang berasal dari Wano yaitu Shimotsuki Ryuma. Kawamatsu juga meyakini bahwa Zoro adalah sosok yang spesial karena dia adalah pendekar pedang yang secara tidak sengaja mengembalikan Shusui ke Wano. Kebetulan semacam ini menurut Kawamatsu seakan seperti takdir bahwa Zoro tampaknya memiliki hubungan yang erat dengan Wano di masa lalu.

Kawamatsu juga semakin yakin bahwa leluhur Zoro adalah Ryuma karena mereka berdua memiliki satu kesamaan yaitu seorang pendekar pedang bermata satu. Bisa jadi penampilan Zoro setelah time skip menjadi sebuah tanda bahwa dia adalah salah satu keturunan spesial dari pendekar pedang Wano. Sebab seperti yang diketahui bersama, Oda sering memberikan banyak petunjuk terkait misteri yang ada di One Piece dalam setiap serial manga maupun animenya. Namun apakah Zoro dan Ushimaru memang benar-benar memiliki hubungan yang kuat? Hal itu masih belum terkonfirmasi dengan jelas hingga sekarang.

Namun melihat gambaran yang dibuat oleh Hyogoro dan Kawamatsu saat menceritakan mendiang Ryuma dan kemiripannya dengan Zoro, nampaknya kedua karakter ini memiliki hubungan yang sangat erat di masa lalu. Mungkin kelak setelah perang Wano berakhir, pembahasan mengenai Zoro dan juga Ryuma akan diperdalam dengan penjelasan dari kakek Ryuma atau para tetua dari Wano.

Masa lalu Zoro juga belum disinggung lebih mendetail hingga sekarang, padahal masih banyak misteri yang menyelimuti salah satu anggota Topi Jerami itu. Jadi ada kemungkinan pembahasan mengenai hubungan Zoro dan Wano akan dibahas secara eksklusif di manga yang berbeda. Sebab bisa jadi kisah latar belakang Zoro akan cukup panjang sebelum bertemu dengan Luffy, jadi kemungkinan dibuatnya manga Zoro seperti Story of Ace akan terjadi di masa depan. 

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.