Indonesia adalah salah satu negara yang sering menjadi incaran dunia saat melakukan promosi produknya, tidak terkecuali komik-komik Amerika Serikat. Hal itu mengarah pada keinginan banyak perusahaan komik untuk mempekerjakan seniman-seniman dari Indonesia agar mengetahui budaya pasar Indonesia atau setidaknya memang murni tertarik dengan skill yang dimiliki para seniman Indonesia. Sebagai contoh Marvel Comics sudah cukup sering bekerja sama dengan para seniman Indonesia yang biasanya mereka temukan di Indonesia Comic Con.

Dengan terlibatnya banyak seniman Indonesia sebagai ilustrator di Marvel Comics, banyak karya-karya mereka yang sedikitnya merepresentasikan harapan dan pikiran mereka. Dengan catatan harapan dan pikiran yang mereka sisipkan di Marvel Comics tidak mengganggu cerita secara keseluruhan. Sehingga tidak aneh jika dalam beberapa halaman komik Marvel ada easter egg yang sangat “Indonesia Banget” dan hanya orang Indonesia yang bisa langsung menyadarinya. Berikut 5 easter eggs Marvel Comics yang hanya orang Indonesia sadari!

Garuda Wisnu Kencana

Di komik Thor vs HulkChampions of The Universe karya penulis Jeremy Whitley dan ilustrator Alti Firmansyah, ada easter egg yang memperlihatkan patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana. Mungkin membutuhkan mata elang untuk melihatnya, tetapi jika diperhatikan patung tersebut sangat jelas mirip seperti patung GWK raksasa setinggi 122 meter di Nusa Dua, Bali. Bagi yang belum menemukan bisa lihat di pojok kanan bawah di atas lengan wanita yang sedang berbicara dengan Thor.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Macan Cisewu

Di Secret Empire: United karya penulis Jim Zub dan ilustrator Ario Anindito, ada easter egg kocak yang memperlihatkan kepala ‘Patung Macan Cisewu’ di sarung pedang Deadpool. Patung macan cisewu adalah patung singa sumringah di markas Koramil Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang dibangun pada tahun 2010 dan dibuat ulang pada tahun 2017 karena sempat viral dan jadi bahan lelucon di Indonesia. Dikutip dari TheJakartaPost, “Saya ingin mengenang itu [macan cisewu] di buku komik karena dengan melihat wajahnya saja, kita tahu macan ini baik hati dan telah menjadi maskot selama bertahun-tahun.” kata Ario.

Peta Indonesia

Di komik The Unbelievable Gwenpool karya penulis Christopher Hastings, ilustrator Alti Firmansyah dan Gurihiru pada tahun 2017, ada easter egg kecil yang memperlihatkan peta Indonesia. Peta tersebut terlihat di perut Deadpool yang tidak memakai baju. Sementara mungkin sebagian besar penggemar komik tidak akan terlalu memperhatikan luka yang disekujur tubuh Deadpool, hanya orang Indonesia yang akan berhenti sejenak di halaman ini dan menyadari lukanya membentuk gugusan pulau di Indonesia, termasuk Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Pisgor Asoy

Lagi-lagi di komik Secret Empire: United karya penulis Jim Zub dan ilustrator Ario Anindito, ada easter egg yang cukup unik karena memperlihatkan tulisan ‘Pisgor Asoy!’ lengkap dengan gambar pisangnya di sebuah mobil berwarna biru. Mungkin para pembaca komik Marvel di luar negeri tidak akan terlalu memperhatikan mobil ini, tetapi orang Indonesia pasti akan langsung menyadarinya tulisan Pisgor Asoy mengacu pada pisang goreng, dan bahkan mungkin langsung lapar. Ario mengatakan alasannya memasukan pisgor karena pisgor adalah makanan yang sering dimakannya ketika mengerjakan buku komik.

212

Di antara semua easter egg yang kita bahas kali ini, easter egg ‘212’ ini adalah easter egg yang paling kontroversial. Di komik X-Men: Gold karya penulis Marc Guggenheim dan ilustrator Ardian Syaf, ada easter egg tulisan ‘212’ dan ‘QS 5:51’ yang orang Indonesia langsung paham arahnya ke mana. Untuk mengatasi hal ini, Marvel langsung memberi sanksi kepada Ardian, dan dia tidak pernah mengerjakan komik Marvel lagi sampai hari ini. Untungnya, Marvel tidak kapok berkerja sama dengan orang Indonesia dan berjanji akan terus menjalin kerja sama dengan seniman-seniman berbakat di Indonesia.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.