Akatsuki adalah kelompok ninja kriminal dalam serial Naruto. Setiap anggotanya memiliki masa lalu yang kelam, yang akhirnya membuat mereka menjadi jahat. Karena memiliki masa lalu yang kelam, ada kisah menyedihkan dibalik anggota Akatsuki. Bahkan, ada beberapa anggota Akatsuki yang terpaksa membunuh semua anggota klannya termasuk kedua orang tuanya sendiri. Lantas siapakah dia? Berikut lima anggota Akatsuki yang memiliki masa lalu paling menyedihkan.

Konan

Konan merupakan seorang gadis yang selalu menemani Yahiko dan Nagato. Dia adalah saksi hidup perjuangan Akatsuki dari awal berdiri hingga kemudian menjadi organisasi kriminal. Konan adalah pengguna jutsu kertas yang sangat handal dan merupakan murid dari Jiraiya, sama seperti Yahiko dan Nagato. Namun sayangnya, ketiga karakter tersebut telah tewas dengan caranya masing-masing.

Konan memiliki masa lalu yang kelam. Sejak kecil, dia telah tidak memiliki keluarga di desa Amegakure. Konan merupakan anak perempuan korban Perang Dunia Ninja Ketiga dan tidak sengaja bertemu dengan Tiga Legenda Sannin di Amegakure. Saat menjadi murid Jiraiya, Konan adalah seorang gadis periang dan percaya bahwa impiannya dan Yahiko serta Nagato bisa terwujud bersama yaitu membuat dunia damai tanpa perang.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Namun sayangnya ketiga karakter itu mengalami nasib buruk. Saat awal-awal pembuatan organisasi Akatsuki, kelompok ini terkenal sebagai organisasi yang cinta damai dan ingin menghentikan perang. Namun tujuan itu dihentikan oleh Hanzo dengan cara yang licik. Rencana Hanzo membuat Yahiko terbunuh dan membuat Nagato berubah menjadi jahat. Sejak saat itu, Konan tidak pernah tersenyum dan ikut serta menjadi jahat bersama dengan kelompok Akatsuki dan Nagato.

Sasori

Sasori merupakan seorang master Kugutsu yang berasal dari Sunagakure. Dia adalah seorang ninja muda yang sangat jenius dan mengabdikan seluruh hidupnya demi desa. Namun sayangnya, dia tumbuh tanpa kehadiran orang tua dan hal itu membuatnya kesepian sejak kecil. Untuk mengusir kesepian itulah dia tekun belajar dan akhirnya menjadi master Kugutsu. Bagi Sasori boneka yang dia buat akan selalu menemaninya dan tidak perlu khawatir merasa kesepian seperti saat dia masih kecil.

Saat Sasori beranjak remaja banyak yang sangat iri pada bakat yang dia miliki dan mereka yang iri ingin menjatuhkan Sasori. Hingga suatu ketika, ide Sasori untuk membuat Kugutsu dari mayat ninja ditolak oleh pihak Sunagakure. Menurut pihak desa, tindakan itu sangat berlebihan dan tidak menghormati ninja yang tewas. Padahal menurut Sasori, hal itu malah bisa membuat Kugutsu menjadi lebih kuat karena bisa menggunakan jutsu dari mayat ninja tersebut. Karena merasa depresi dengan keadaan saat itu membuat Sasori pergi dan mengkhianati desa Sunagakure.

Obito Uchiha

Obito adalah kawan masa kecil Kakashi yang awalnya disangka telah mati saat Perang Dunia Ninja Ketiga. Namun ternyata Obito diselamatkan oleh Madara dan mendapat kehidupan baru sejak saat itu. Selama dengan Madara, Obito mendapat banyak pembelajaran dan akhirnya beranjak menjadi kuat. Namun suatu ketika, kebahagian Obito hilang saat dia melihat Rin dibunuh oleh Kakashi di depan matanya sendiri.

Saat itu Obito tidak mengetahui fakta bahwa Rin yang memaksa Kakashi untuk membunuh dirinya sendiri. Dia melakukan hal itu karena didalam tubuhnya bersemayam monster Bijuu berekor tiga yang sengaja digunakan oleh pihak musuh demi memusnahkan Konoha pada malam tersebut. Namun sayangnya Obito terlanjur termakan emosinya sendiri dan akhirnya menjadi jahat sejak saat itu.

Nagato

Nagato adalah teman Yahiko dan Konan. Dia adalah salah satu orang yang membentuk kelompok Akatsuki. Nagato adalah salah satu korban Perang Dunia Ninja Ketiga dari Amegakure yang telah mengalami nasib buruk sejak kecil. Dia telah melihat kedua orang tuanya dibunuh di depan matanya sendiri oleh dua ninja Konoha selama perang. Sejak saat itu dia sebatang kara, hingga akhirnya bertemu dengan Nagato dan Konan.

Beberapa hari setelahnya, mereka bertiga akhirnya bertemu dengan Jiraiya dan dirawat selama beberapa bulan. Saat pertama kali merintis Akatsuki, Hanzo menjadi lawan yang sangat merepotkan bagi mereka dan mereka sering terlibat pertarungan. Hingga suatu ketika, Hanzo memiliki rencana yang cukup licik untuk membubarkan Akatsuki. Rencananya adalah menjebak ketiga pendiri Akatsuki yaitu Konan, Nagato dan Yahiko dengan iming-iming perdamaian. Namun ternyata, itu adalah sebuah jebakan agar mereka bisa menangkap ketiganya dan dibawa ke sebuah tempat untuk dieksekusi.

Hanzo adalah orang yang kejam. Cara dia mengeksekusi ketiga pendiri Akatsuki adalah dengan menawarkan kebebasan kepada mereka namun dengan syarat membunuh salah satu temannya sendiri. Tugas untuk membunuh temannya sendiri jatuh pada Nagato. Karena Yahiko tahu bahwa dia tidak akan tega membunuh Konan maupun Nagato, akhirnya Yahiko berlari menuju kunai yang dipegang oleh Nagato dan akhirnya tewas.

Setelah kematian Yahiko, Nagato berubah menjadi jahat dan tidak percaya lagi dengan konsep perdamaian yang diajarkan oleh Jiraiya. Nagato kemudian menjadi jahat dan memaksimalkan kekuatan Rinnegan yang dia miliki untuk membesarkan kelompok Akatsuki sebagai organisasi ninja kriminal. 

Itachi Uchiha

Itachi adalah kakak Sasuke dan merupakan seorang ninja yang paling jenius di angkatannya. Dia tergolong seorang ninja yang cerdik dan telah menguasai banyak ninjutsu tingkat atas. Bahkan menurut Hashirama Senju, saat berbincang dengan Sasuke di Perang Dunia Ninja Keempat, Itachi adalah seorang ninja yang memiliki pola pikir seperti Hokage di usia yang masih sangat muda. Karena kelebihan yang dia miliki, Itachi menjadi Anbu di usia yang sangat muda.

Namun karena pada masa itu gejolak yang terjadi antara Konoha dan Uchiha sangat memanas, membuat Itachi sulit menentukan posisinya. Hingga suatu ketika, keadaan menjadi sangat genting karena Konoha akan dikudeta oleh pihak Uchiha, untuk mencegah hal itu, Danzo menyuruh Itachi membunuh semua anggota klannya dalam waktu semalam. Karena Itachi adalah ninja yang sangat loyal pada Konoha, maka dia melakukannya dan bahkan membunuh kedua orang tuanya sendiri dalam waktu singkat.

Momen ini menjadi salah satu scene yang sangat sedih dalam serial Naruto karena memperlihatkan dialog terakhir antara Itachi dan kedua orang tuanya sebelum dibunuh. Setelah melakukan itu dia masuk ke Akatsuki sebagai mata-mata rahasia Konoha dan membaca pergerakan organisasi tersebut.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.