Penggunaan Raid Suit yang dilakukan oleh Germa 66 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunanya. Namun, bagaimana jika Raid Suit tersebut memberikan efek buruk? Mungkin hal inilah yang dirasakan oleh Sanji. Meski pun Sanji diperlihatkan jarang bertarung dalam pertempuran di Onigashima, seperti halnya Zoro, Sanji tetap memberikan kontribusi besarnya dalam pertempuran ini.

Contohnya ketika dia menyelamatkan Momonosuke dari tangan King, yang hendak membunuhnya. Kemudian, bagaimana dia menghadapi Queen dan King sekaligus yang cukup menguras tenaga Sanji. Dan yang paling baru adalah bagaimana Sanji merawat Zoro yang terluka parah setelah sebelumnya mengalami pertarungan hebat menghadapi Kaido di atap istananya. Dalam pertempuran di Onigashima ini pun Sanji kembali menggunakan Raid Suit miliknya.

Sanji mengenakan Raid Suit ketika dia menyelamatkan Momo dari tangan King. Sayangnya, akibat serangan King yang dahsyat, diduga Raid Suit milik Sanji rusak. Berbicara mengenai Raid Suit, ada hal yang menarik yang diperlihatkan di chapter 1023 kemarin. Di tengah-tengah pertarungannya melawan Queen dan King, Sanji merasakan bahwa tubuhnya menjadi aneh setelah mengenakan Raid Suit.

Ini pertama kalinya Sanji merasakan “efek samping” dari penggunaan Raid Suit. Hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan apakah penggunaan Raid Suit memberikan efek negatif terhadap Sanji? Seperti yang sudah diperlihatkan di ceritanya, Raid Suit merupakan teknologi canggih yang dikembangkan oleh Germa 66 untuk meningkatkan kemampuan dari mereka yang menggunakannya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Semua komandan militer Germa dan juga anak-anak dari Vinsmoke Judge memiliki akses terhadap Raid Suit. Sanji sendiri memiliki beberapa keunggulan dari Raid Suit yang dia miliki, seperti memberikan perlindungan dari serangan, mampu membuatnya menghilang, dan tentunya adalah peningkatan akselerasi serangan atau kecepatan serangan. Tanpa bantuan dari Raid Suit, mungkin keluarga Vinsmoke tidak akan mampu menghadapi kelompok Big Mom.

Oda Sensei sendiri masih belum memberikan penjelasan detail mengenai bagaimana mekanisme lengkap Raid Suit. Pada intinya, armor ini memberikan tambahan kekuatan bagi penggunanya. Apa yang dirasakan oleh Sanji, mengenai ada hal yang aneh terhadap tubuhnya, bisa jadi merupakan efek negatif dari penggunaan Raid Suit. Pertanyaanya kemudian mengapa Raid Suit tersebut justru memberikan efek negatif terhadap Sanji?

Modifikasi Yang Cocok Untuk Sanji's Raid Suit! | GreensceneAda beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, seperti yang Geeks ketahui, Sanji “berbeda” dengan saudara-saudaranya yang lain. Sanji merupakan sosok yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan fisik, seperti yang dilakukan oleh Judge terhadap anak-anaknya yang lain. Inilah alasan Queen kemudian mengatakan bahwa anak-anak Judge semuanya merupakan cyborg. Namun, Sanji sendiri membatah hal tersebut dengan mengatakan bahwa dia dan keluarganya adalah manusia biasa.

Dengan fakta bahwa tidak banyaknya perubahan DNA atau perubahan dalam diri Sanji, justru hal itu menjadi hal buruk bagi mereka yang menggunakan Raid Suit. Kemungkinan kedua adalah kekuatan Sanji yang sebenarnya jauh lebih kuat dan cepat dibandingkan ketika menggunakan Raid Suit. Geeks tentunya masih ingat bahwa kru Topi Jerami sempat mengalami time-skip selama dua tahun.

Selama itu pula mereka menjalani latihan yang berbeda-beda. Sanji sendiri diterbangkan menuju wilayah kerajaan Kamabakka, rumah bagi Ivankov dan para Okama lainnya. Selama di Kamabakka, Sanji dilatih langsung oleh Ivankov. Ivankov melatih berbagai macam hal seperti kemampuan berlari dan kecepatan. Sanji harus “kabur” dan mengejar para Okama yang memegang 99 resep masakan khusus.

Oda is now following a precise pattern with Sanji! - One PieceKemudian Sanji juga dilatih Newkama Kempo oleh Ivankov dan para master lainnya. Dan salah satu bukti peningkatan kekuatan pasca time-skip tersebut adalah bagaimana Sanji mampu menghadapi dua All-Stars sekaligus. Selain itu dia juga mampu menahan serangan-serangan mereka dengan mudah. Berdasarkan hal tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa kekuatan Sanji sebenarnya jauh lebih kuat dibandingkan ketika dia mengenakan Raid Suit.

Kecepatan Sanji juga sempat diperlihatkan sangat dahsyat, ketika dia mencoba menahan serangan kedua All-Stars yang hendak menghabisi nyawa Chopper. Saat itu, bahkan Sanji sedang membawa Zoro yang terluka. Jadi, tanpa Raid Suit pun sebenarnya kekuatan Sanji sudah jauh lebih hebat dari sebelumnya. Dan apa yang dirasakan oleh Sanji setelah dia mengenakan Raid Suit, bisa jadi adalah efek ketika kekuatan asli dalam tubuhnya tidak bisa digunakan 100% karena Raid Suit.

Ketika Sanji mengerahkan semua kekuatannya tanpa Raid Suit, barulah dia merasakan perbedaan tersebut. Raid Suit mungkin bisa membantu Sanji dalam beberapa kesempatan, namun jika dibandingkan dengan kekuatan asli dari Sanji, mungkin kekuatan Raid Suit tidak akan terlalu efektif. Apakah Sanji tidak akan lagi mengenakan Raid Suit? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!