Iron Man adalah salah satu pahlawan super Marvel Universe yang paling terkenal dan paling berpengaruh di Avengers. Mempunyai nama asli Tony Stark, dia sering menjadi otak Avengers dan menemukan teknologi canggih untuk menghadapi ancaman yang membahayakan Bumi dan bahkan alam semesta. Dalam sejarahnya, cukup banyak karakter yang digadang-gadang sebagai penerus Iron Man berikutnya jika Tony Stark memutuskan untuk pensiun atau mati. Dan salah satu penerus yang sangat disukai penggemar adalah seorang anak perempuan bernama Riri Williams alias Ironheart.

Di Marvel Cinematic Universe, Tony Stark (Robert Downey Jr.) telah meninggal karena melakukan pengorbanan heroik di film Avengers: Endgame. Sejak saat itu banyak penggemar yang membahas siapa penerus yang paling cocok untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Tony. Sampai akhirnya pada akhir tahun lalu Marvel Studios mengumumkan serial MCU mendatang yang berjudul Ironheart dan akan dibintangi oleh Domiique Thorne sebagai Riri Williams. Penggemar langsung setuju bahwa Riri adalah orang yang cukup layak untuk menjadi penerus Iron Man di MCU.

Di Marvel Comics, karakter Riri Williams alias Ironheart masih terbilang sangat baru. Dia melakukan debutnya di komik Invincible Iron Man (Vol. 3) #7 pada tahun 2016 yang ditulis oleh Brian Michael Bendis, digambar oleh Mike Deodato Jr., dan diwarnai oleh Frank Martin Jr. Riri adalah seorang anak yatim berkulit hitam yang tinggal di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Saat berumur lima tahun, dia dibawa oleh ibunya ke psikolog yang melabelinya sebagai anak “super jenius”. Namun, dengan kejeniusan yang dimilikinya, Riri justru tumbuh sebagai anak yang introvert dan sering menyendiri.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Saat menginjak usia remaja, Riri Williams mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.). Di kampus M.I.T., setelah berhasil membalik teknologi armor lama Iron Man, Riri mencoba menciptakan armornya sendiri yang terbuat dari material curian dari kampus dan berhasil. Sejak saat itu dia terus mengembangkan armornya, sampai akhirnya Tony Stark mendengar tentang kejeniusan Riri dan bersedia mendukung cita-citanya untuk menjadi seorang pahlawan super wanita. Di Civil War kedua, Riri bahkan bertarung bersama Iron Man melawan pahlawan super sekelas Captain Marvel.

Saat kejadian tragis di komik Civil War II menimpa Tony dan membuatnya koma, Riri terus mengembangkan armornya dengan bantuan A.I. Tony Stark. Sejak saat itu dia dikenal oleh pahlawan dan penjahat Marvel sebagai penerus Iron Man yang mengambil nama alias sebagai Ironheart. Dengan semua perjuangannya, Riri kemudian diajak oleh Pepper Potts untuk menunjukkan kejeniusannya di Hall of Armor yang dihadiri oleh Pepper, Mary Jane Watson, Friday, Tony Stark, dan ibu kandung Stark yang bernama Amanda Armstrong. Kagum dengan kejeniusannya Amanda kemudian memberikan lab Tony Stark kepada Riri.

Sejak saat itu Riri mempunyai semua sumber daya yang dia butuhkan untuk terus menyalurkan kejeniusannya dan mengembangkan armor Ironheart. Di MCU, mengingat Tony Stark yang meninggal sebelum Riri melakukan debutnya, tampaknya ide A.I. Tony dapat diadaptasi untuk membimbing Riri menjadi pahlawan super. Atau bisa juga Riri yang mengidolakan Iron Man mendapat bantuan dari Shuri, mengingat dia akan lebih dahulu melakukan debutya di film Black Panther: Wakanda Forever. Apa pun itu, yang jelas kehadiran Riri Williams sebagai Ironheart akan sangat diantisipasi oleh para penggemar.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.