District 9 adalah film bergenre sci-fi yang sangat sukses di box office. Dirilis pada tahun 2008, film ini berhasil meraih pendapatan sebesar $210 juta atau sekitar Rp3 triliun dari anggaran film sebesar $30 juta atau sekitar Rp421 miliar. Bukan hanya itu, film ini juga dipuji oleh para kritikus sebagai film sci-fi terbaik pada tahun 2000-an dan masuk nominasi Academy Award sebagai Gambar Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Efek Visual Terbaik, dan Pengeditan Film Terbaik.

Disutradarai oleh Neill Blomkamp, District 9 mengusung format ‘found footage’, yang seakan-akan kejadian nyata, dengan wawancara fiksi, cuplikan berita, dan video dari kamera CCTV. Film ini menceritakan sebuah pesawat luar angkasa berisi alien sakit yang mendarat di Johannesburg, Afrika Selatan, pemerintah kemudian mengisolasi pesawat tersebut di sebuah lokasi yang disebut District 9. Dengan ide cerita yang unik, sejak saat itu banyak penggemar yang mengharapkan sekuel dari film ini. Dan sekarang, sutradara Blomkamp mengungkapkan kabar pembaruan dari sekuel District 9.

Baru-baru ini, dalam sesi wawancara eksklusifnya dengan DiscussingFilm, Neill Blomkamp ditanya mengenai twitnya pada bulan Februari lalu yang membahas tentang sekuel District 9 yang berjudul District 10. Dia menjawab bahwa dirinya akan segera menulis naskah sekuelnya dalam waktu dekat ini. “Orang-orang terus bertanya-tanya kepada saya tentang sekuel. Kami sedang mengerjakan sekuel tersebut dan itu relatif tidak terlalu jauh pada masa depan,” kata Blomkamp. “Tetapi sekarang selain menulis, belum ada hal lain yang terjadi. Jadi jaraknya [produksi film] relatif masih jauh, tetapi tidak terlalu jauh.”

Pada bulan Februari lalu, Blomkamp mengungkapkan bahwa naskah District 10 akan ditulis oleh dirinya, Sharlto Copley, dan Terri Tatchell. Dia menjanjikan bahwa sekuelnya akan terasa lebih segar karena mengangkat tema masalah sosial dan politik yang berbeda dari film sebelumnya. Walaupun produksi filmnya masih belum jelas, tetapi setidaknya kabar mengenai penulisan naskah ini menjadi harapan baru bagi penggemar yang mengharapkan sekuelnya sejak 13 tahun lalu. Kita nantikan saja kabar sekuel District 9 berikutnya ya, Geeks.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.