Werewolf by Night adalah nama karakter manusia serigala di Marvel Comics. Nama karakter ini kembali muncul setelah Marvel Studios dikabarkan akan membuat tayangan solonya. Namun sebelum tampil di tayangan solonya, Werewolf by Night dikabarkan akan melakukan debut di serial Moon Knight, yang dibintangi oleh Ethan Hawke. Dengan banyaknya rumor yang menyebutkan karakternya, banyak penggemar yang bertanya-tanya siapa sebenarnya Werewolf by Night? Mengapa karakternya tiba-tiba disebut di Fase 4 Marvel Cinematic Universe?

Untuk mengetahuinya, banyak materi dari Marvel Comics yang menceritakan kisahnya. Di Marvel Comics, identitas Werewolf by Night dipegang oleh dua karakter Marvel yaitu Jack Russel dan Jake Gomez. Sementara mereka memang memakai identitas yang sama sebagai Werewolf by Night atau Werewolf untuk lebih singkatnya, Jack dan Jake mempunyai beberapa perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing. Berikut sejarah keduanya di Marvel Comics!

Jack Russell

Werewolf versi Jack Russell melakukan debutnya di komik Marvel Spotlight #2 karya Gerry Conway, Roy Thomas, dan Mike Ploog pada tahun 1972. Dia adalah seorang werewolf yang mendapatkan kemampuannya dari leluhurnya yang menguasai ilmu likantropi. Awalnya dia mempunyai nama Jacob Russoff sampai ibunya menikah lagi dengan seorang pria bernama Phillip Russell karena ingin menyelamatkan anak-anaknya, sejak saat itu namanya berubah menjadi Jack Russell. Bersama adik perempuannya yang bernama Lissa, dia dibesarkan di Los Angeles, Amerika Serikat, sampai kutukan likantropi mengubahnya menjadi manusia serigala pada umur 18 tahun.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Tidak bisa mengontrol perubahannya pada saat bulan purnama, Jack didatangi makhluk yang menyebut diri mereka Three-Who-Are-All, makhluk ini kemudian mengangkat kutukan likantropi Jack. Sejak saat itu Jack bisa berubah menjadi manusia serigala kapan saja dan di mana saja dia mau. Mempunyai penampilan layaknya serigala yang berbulu cokelat, bertaring dan bercakar panjang, Jack mempunyai kekuatan manusia super yang meliputi kekuatan super, kecepatan super, refleks super, stamina super, daya tahan super, indra super, faktor penyembuh, dan lengkap dengan kuku serta cakar yang tajam.

Jake Gomez   

Muncul beberapa tahun kemudian setelah era Jack Russell, Jake Gomez melakukan debutnya di komik Werewolf by Night (Vol. 3) #1 karya Taboo dan Benjamin Earl pada tahun 2020 lalu. Jake mendapatkan kekuatannya untuk berubah menjadi manusia serigala pada umur 13 tahun. Sejak awal dia berubah menjadi manusia serigala bukan karena bulan purnama, melainkan karena emosinya yang bisa mengubah Jack menjadi manusia serigala kapan pun. Sementara Jack tidak bisa mengontrol perubahan dan kekuatannya, dia menggunakan playlist musik yang dibuatkan oleh keponakannya untuk mengontrol emosi.

Mempunyai penampilan yang sedikit berbeda dengan versi Jack, manusia serigala Jake Gomez tampak lebih besar dan berotot. Namun, pada dasarnya perubahan manusia serigalanya tetap sama, yaitu bulu cokelat dan tubuh seperti serigala. Sementara usia komiknya masih relatif muda, dan masih ada potensi untuk lebih berkembang lagi, versi Jake untuk saat ini masih tidak bisa mengontrol perubahannya seperti Jack Russell. Kekuatannya hampir sama seperti manusia serigala Jack Russell, dia mempunyai kemampuan peningkatan kekuatan, serta taring dan cakar yang tajam.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.