Superman adalah salah satu karakter pahlawan super yang paling terkenal dari DC Universe. Sebagai anggota pendiri Justice League, dia adalah pahlawan super terkuat dan terpenting untuk menjaga alam semesta dari segala ancaman yang menyerang. Sementara Superman yang paling terkenal adalah kryptonian Kal-El, banyak versi Superman lain yang tersebar di beberapa kisah DC, termasuk Calvin Ellis yang terkenal sebagai Black Superman, Ultraman yang merupakan versi jahat Superman di Earth-3, dan Superman seperti zombi yang bernama Bizarro. Diantara semua versi Superman, ada satu versi yang menyatu dengan robot, dia adalah Cyborg Superman.

Cyborg Superman pertama kali melakukan debutnya di komik Adventures of Superman #465 karya Dan Jurgens pada tahun 1990. Mempunyai nama asli Henry ’Hank’ Henshaw, dia sebenarnya bukan seorang kryptonian dan tidak terlahir sebagai manusia super, dia hanya seorang pilot salah satu pesawat antariksa milik LexCorp yang diberi nama Excalibur. Segalanya berubah setelah dia dan seluruh kru Excalibur, termasuk istrinya yang bernama Terri, terpapar radiasi kosmik yang menyebabkan pesawatnya jatuh. Akibat kejadian tersebut, hanya Terri yang berhasil selamat, sedangkan Henry dan semua krunya mengalami kejadian tragis di mana tubuh mereka hancur dan menyisakan pikirannya saja.

Setelah semua krunya mati, pikiran Henry yang berusaha untuk bertahan hidup berhasil masuk ke dalam komputer LexCorp dan menguasai teknologi tersebut. Dia kemudian mendatangi Terri yang telah diselamatkan oleh Superman asli, dan memperlihatkan keadaannya yang sekarang. Namun, Terri yang tidak sanggup melihat keadaan Henry justru menjadi gila dan akhirnya mati. Henry yang tidak punya tujuan kemudian masuk ke dalam Birthing Matrix, pesawat yang membawa Superman ke Bumi ketika bayi, dengan pesawat ini Henry mendapatkan DNA Superman dan kemudian pergi meninggalkan Bumi.

Dengan semua kejadian tragis yang menimpa dirinya, Henry menganggap bahwa semuanya adalah ulah Superman yang asli dan ingin membalas dendam padanya. Namun, setelah mengetahui Superman telah tewas dibunuh Doomsday, dia kemudian berpura-pura menjadi Superman di bumi dan berniat menghancurkan reputasi Superman. Kekuatan Cyborg Superman sama seperti Superman yang asli, hanya saja dia mempunyai kesadaran cyborg yang membuatnya bisa mengontrol teknologi.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Baru-baru ini, Cyborg Superman kembali muncul di komik yang sedang berlangsung yaitu Justice League: Last Ride karya Chip Zdarsky dan Miguel Mendonça. Muncul di issue #4, Henry alias Cyborg Superman tampak lebih keren dengan kulit yang berwarna hijau dan lampu neon berwarna ungu, sekaligus membuatnya tampak mengintimidasi dan menyeramkan sebagai Superman. Dalam issue ini, Cyborg Superman muncul dengan pasukannya di Apokolips untuk mengganggu Justice League yang berusaha menyembuyikan dan melindungi Lobo dari para pemburu hadiah di alam semesta.

Kehadiran Cyborg Superman ini mengingatkan kita pada Ultron versi Marvel Universe, hanya saja Cyborg Superman adalah robot atau cyborg yang mempunyai kekuatan kryptonian karena mempunyai DNA SUperman yang dia dapatkan dari Kryptonian Birthing Matrix. Apakah di komik Justice League: Last Ride ini Cyborg Superman akan bertarung dengan Superman yang asli, dan membuktikan siapa Superman terkuat di alam semesta? Semuanya akan terjawab ketika komik Justice League: Last Ride #5 rilis pada tanggal 14 September 2021 nanti.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.