Monkey D. Luffy memang merupakan karakter protagonis yang menarik dalam cerita One Piece. Dia sangat berbeda dengan kebanyakan bajak laut lainnya. Disaat para bajak laut lain banyak yang menyebarkan teror, kebencian, atau justru menjadi biang kehancuran, Luffy justru menjadi sosok yang sering menolong orang lain. Luffy tidak pernah meneror atau menciptakan suasana yang mengerikan.

Dengan sikap dan perilaku Luffy, ditambah dengan karismanya, wajar jika Luffy banyak memiliki pengikut atau pengagum. Bahkan, Mihawk sendiri mengatakan bahwa Luffy memiliki kemampuan untuk menggerakan orang-orang untuk bertarung dan mau berkorban deminya, meski pun mereka baru mengenal Luffy. Itu adalah kekuatan terbesar yang dia miliki. Di cerita One Piece, ada beberapa karakter yang memutuskan menjadi pengikut atau fans dari Luffy. Siapa saja?

Koby

Koby adalah salah satu orang yang pertama kali ditemui oleh Luffy di awal petualangannya. Dia sempat berpetualang bersama Luffy, bertindak sebagai navigator untuk membantu Luffy kabur dari kejaran Alvida. Setelah peristiwa Captain Morgan, Koby kemudian memutuskan untuk bergabung dengan pihak angkatan laut. Koby kemudian kembali bertemu dengan Luffy di Water 7.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Meskipun mereka berada di dua pihak yang berbeda, Luffy justru tetap mendukung impian Koby yang ingin menjadi admiral dan akan bertarung menghadapi Luffy. Luffy bahkan mengatakan hal yang hampir serupa dengan Shanks saat bertemu dengan Luffy, yaitu untuk kembali bertemu disaat mereka sudah sama-sama kuat.

Boa Hancock

Seperti halnya para karakter lain, Hancock pada awalnya melihat Luffy sebagai seorang pria pada umumnya yang selalu senang dengan hasrat terbesarnya yaitu melihat kemolekan tubuh wanita. Namun, Luffy membuktikan bahwa dia tidak terpengaruh oleh semua hasrat atau apapun yang ditawarkan Hancock. Luffy bahkan selamat dari serangan Mero Mero milik Hancock.

Karena kebaikan, keberanian, dan tindakan tidak egois yang ditunjukan oleh Luffy, Hancock justru malah jatuh cinta terhadap Luffy. Menurut nenek Nyon, Hancock terkena serangan “penyakit cinta.” Saking cintanya, Hancock tidak pernah berani menatap Luffy secara langsung. Dia sering kali merasa malu ketika Luffy ada di dekatnya. Dia juga sering kali berkhayal tentang Luffy dan rela melakukan apapun demi Luffy.

Bartolomeo

Berbicara mengenai fans dari Luffy, selain Hancock, rasanya Geeks semua sudah mengetahui bahwa Bartolomeo adalah sosok yang sangat mengagumi sosok Luffy. Dua tahun lalu, ketika sebuah petir menyelamatkan Luffy dari eksekusi mati, Bartolomeo ada diantara para kerumunan dan merasa takjub dengan apa yang dia lihat. Sejak saat itu, Bartolomeo mulai mengikuti semua berita tentang Luffy dan juga kelompok Topi Jerami.

Pasca perang besar di Marineford, Bartolomeo memutuskan untuk berhenti menjadi penjahat dan memulai petualangannya sebagai bajak laut. Bartolomeo bahkan rela pergi ke Dressrosa, ikut pertarungan di Colosseum, demi mendapatkan Mera Mera no Mi dan akan memberikannya kepada Luffy. Bartolomeo sendiri adalah salah satu orang yang yakin bahwa Luffy akan menjadi raja bajak laut selanjutnya. Setelah pertarungan di Dressrosa, Bartolomeo menjadi salah satu orang yang ikut dalam pembentukan Straw Hat Grand Fleet atau armada besar Topi Jerami.