Luffy adalah tokoh utama dalam serial One Piece dan telah berjuang untuk mewujudkan mimpinya sejak kecil. Dia diasuh oleh kakeknya yaitu Garp di East Blue dan telah terdidik sebagai petarung yang handal. Sejak kecil Luffy dititipkan kepada Dandan. Dandan bersama dengan kawan-kawannya mengajari Luffy banyak hal termasuk bertahan hidup di tengah hutan. Luffy sendiri memakan buah iblis Gomu gomu sejak kecil, jadi dia telah menjadi manusia karet saat dia dititipkan kepada Dandan dan mulai menjalani latihan yang berat hampir setiap hari.

Berbeda dengan dua kakak angkatnya yaitu Ace dan Sabo. Luffy nyaris tidak menggunakan senjata sama sekali saat bertarung melawan makhluk buas di tengah hutan. Luffy lebih sering menggunakan tangan kosong dalam bertarung maupun menyelamatkan diri. Namun sebenarnya Luffy nampak sangat ingin memiliki keahlian menggunakan senjata, terbukti beberapa teknik serangannya sebelum time skip menggunakan nama senjata seperti Gomu gomu no Pistol, Gomu gomu no Jet, dan lain-lain.

Bisa jadi nama-nama teknik Luffy saat itu adalah wujud keinginannya menggunakan senjata namun tidak pernah mahir menggunakannya. Lantas apa yang membuat Luffy tidak pandai menggunakan senjata? Luffy sejak kecil mendapat pelatihan yang sangat keras dari kakeknya dan Dandan, dia bahkan pernah dilempar ke tengah hutan dan harus bertahan hidup sendirian. Karena Luffy mudah lapar, maka dia tidak ingin repot-repot dalam berburu makanan. Oleh sebab itu Luffy lebih sering menggunakan tangan kosong dan menghajar buruannya dengan brutal.

Karena Luffy lebih sering menggunakan tangan kosong dalam berburu, maka dia juga lebih terbiasa menggunakan tubuhnya untuk bertarung sungguhan. Seperti menggunakan kepala, kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya yang telah diperkuat dengan menggunakan kekuatan Gomu gomu no Mi. Luffy juga tergolong mudah puas dengan kekuatan yang telah dia miliki di masa lalu, jadi Luffy akhirnya enggan belajar menggunakan senjata hingga sekarang.

Namun setelah time skip, keinginan Luffy belajar menggunakan senjata kembali diperlihatkan di arc Wano. Sebelum perang Wano benar-benar terjadi, Luffy sempat menghadapi beberapa masalah di tanah Wano, dan dia sempat terlihat memegang sebuah pedang legendaris dari Wano. Sayangnya Luffy hanya bisa memegang pedang itu tanpa bisa menggunakannya dengan benar, tindakan ini membuat Zoro cukup emosi karena Luffy menggunakan pedang dengan cara yang salah. Bahkan di pertarungan yang sesungguhnya. Luffy tetap menggunakan tinju dengan tangan yang masih memegang pedang. Sehingga dari kejauhan terlihat bahwa Luffy menggunakan pedang untuk mengalahkan lawannya, padahal sebenarnya dia sama sekali tidak menggunakan senjata tersebut.

Selain telah terbiasa tidak menggunakan senjata, Luffy juga tergolong lama untuk mempelajari sesuatu. Sehingga jika dia belajar menggunakan senjata untuk bertarung, maka itu akan memerlukan waktu yang sangat lama. Berbeda dengan Zoro yang telah memiliki bakat dan keinginan untuk belajar seni berpedang sejak kecil, dia akan terus-menerus mengasah kekuatannya hingga menjadi grand master dalam dunia pedang.

Teknik bertarung yang dimiliki Luffy juga cukup bar-bar, dia terkesan menggunakan segala macam cara agar bisa memunculkan teknik baru dan mengalahkan lawan. Sedangkan jika menggunakan senjata, pertarungan akan terlihat lebih tersusun serta rapi dan menggunakan teknik yang tidak sembarangan. Sehingga Luffy memang terlihat tidak sesuai menggunakan senjata karena gaya bertarung miliknya nampak tidak sesuai dengan senjata manapun.