Boruto dan Kawaki adalah anak laki-laki yang sejak awal tidak pernah akur. Keduanya bertemu dalam sebuah misi, dan Boruto sangat membenci sikap Kawaki yang sembarangan dalam mengambil tindakan dan keras kepala. Meski sebenarnya kedua karakter ini memiliki sifat yang kurang lebih mirip, namun keduanya terkesan seperti rival dari pada seperti saudara angkat. Saat ini Kawaki lebih unggul dari Boruto karena telah berhasil mengetahui cara untuk menghilangkan ciri jenis chakra dan mengelabui pihak keamanan Konoha. Namun nampaknya Boruto juga tidak ingin kalah dengan berlatih dan terus berlatih hampir setiap hari.

Di masa depan Kawaki akan bertarung melawan Boruto. Pertarungan mereka akan menentukan kelanjutan dari era Shinobi yang ingin Kawaki musnahkan pada saat itu. Lantas siapa yang akan menang dari pertarungan tersebut? Boruto terkenal sebagai seorang ninja yang cukup jenius. Berbeda dari sang ayah, Boruto bisa menguasai seluk-beluk ninjutsu dan dunia shinobi dengan baik. Bahkan Boruto bisa lulus dengan nilai sempurna selama di akademi ninja, menurut rumor yang beredar kecerdasan Boruto berasal dari mendiang kakeknya yaitu Minato. Di masa lalu Minato juga terkenal cerdas, sedangkan sifat kurang pandai Naruto konon kabarnya berasal dari sikap mendiang ibunya yaitu Kushina.

Boruto yang terkenal sebagai ninja jenius seperti Kakashi dan Sasuke, maka dia pasti akan mengembangkan banyak jutsu uni seperti yang dia lakukan sekarang. Saat ini Boruto telah menguasai beberapa perubahan elemen chakra dan telah menguasai beberapa teknik elemen. Dengan menggunakan kemampuannya, Boruto mampu menciptakan teknik baru dalam sekejap dan bisa memanipulasi keadaan sesuai taktik yang dia rencanakan.

Bahkan Rasengan yang Boruto miliki berbeda dengan Naruto, kekurangan Boruto hanya ada di jumlah chakra yang dia gunakan. Karena Boruto bukanlah seorang Jinchuriki seperti ayahnya, maka dia memiliki batasan penggunaan chakra. Semakin Boruto sering menggunakan jutsu elemen dan Rasengan, maka semakin cepat pula Boruto kehabisan chakra dan staminanya akan terkuras habis.

Sedangkan Kawaki merupakan anak angkat Naruto dan juga mantan anggota kelompok Kara dan memiliki Karma sama seperti Boruto. Bedanya Kawaki nampak lebih mahir menggunakan perubahan wujud yang berasal dari Karma karena dia telah berlatih sejak kecil dibawah tekanan Jigen. Sehingga Kawaki memiliki ketahanan tubuh yang lebih besar dari pada Boruto, sebab siksaan yang diberikan Jigen pada Kawaki sangat sadis.

Kawaki yang telah memahami kerasnya kehidupan dunia luar, lebih unggul dalam segi insting dan pengalaman dalam bertarung daripada Boruto saat ini. Sehingga meski Boruto terkenal sebagai shinobi yang jenius, namun dia masih kalah dalam segi kekuatan dan pengalaman. Sumber kekuatan Kawaki adalah Karma, dan di masa depan Karma milik Kawaki akan memberikan kekuatan yang sangat maksimal untuk membantunya menghancurkan era Shinobi.

Jadi di masa depan Kawaki akan menjadi lawan yang paling sulit Boruto hadapi, selain karena dia adalah sahabatnya sendiri Kawaki juga adalah saudara angkat Boruto di keluarga Uzumaki. Perbedaan kekuatan kedua karakter ini di masa depan masih belum diketahui, namun jika dilihat dari cuplikan video di episode pertama serial Boruto, maka bisa jadi Boruto akan menang melawan Kawaki. Sebab yang membuat Boruto lebih unggul adalah dia bisa menggunakan mata Jougan yang merupakan kekuatan murni dari klan Otsutsuki.

Mata Jougan milik Boruto lahir karena ibunya yang merupakan seorang keturunan Hyuga, klan ini adalah salah satu dari klan murni yang berasal dari Otsutsuki. Namun sayangnya hingga sekarang masih menjadi misteri bagaimana cara mengaktifkan teknik Dojutsu tersebut dengan benar. Sebab di era sekarang Boruto hanya bisa menggunakannya berdasarkan insting, jadi dia tidak bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Sedangkan di masa depan Boruto nampak ahli dalam menggunakan Jougan, sehingga dia akan jauh lebih kuat dari sekarang.