Siluman hewan atau metahuman adalah bagian penting yang sering diceritakan di DC Extended Universe. Sementara pahlawan super lebih sering digambarkan sebagai makhluk yang indah dan keren, kondisi siluman hewan malah berbanding terbalik, di mana mereka tampil mengerikan dan mengintimidasi. Dan bukan hanya itu, siluman hewan ini bahkan cukup kuat untuk menghadapi para pahlawan super. Dari sekian banyak karakter di DCEU, berikut 5 siluman hewan (selain bangsa ikan di film Aquaman) yang menjadi bagian dari DCEU!

Killer Croc di Suicide Squad

Debut di film Suicide Squad karya David Ayer pada tahun 2016 dan diperankan oleh aktor Adewale Akinnuoye-Agbaje, Killer Croc adalah salah satu anggota Suicide Squad yang dikirim oleh Amanda Waller untuk membunuh Enchantress. Mempunyai nama asli Waylon Jones, dia lahir dengan keadaan kulit seperti buaya, yang membuatnya dijuluki Killer Croc. Dia terkenal sebagai salah satu musuh Batman yang melakukan kejahatannya di Kota Gotham, tepatnya di saluran pembuangan Gotham. Kekuatannya adalah peningkatan kemampuan fisik, perenang andal, kulit keras, dan rahang yang sangat kuat.

Crocodile-Men di Shazam!

Debut di film Shazam! karya David F. Sandberg pada tahun 2019 dan diperankan oleh sutradara David F. Sandberg, Crocodile-Men muncul sebagai cameo saat Billy dan sauda-saudaranya berusaha kabur dari Rock of Eternity. Di filmnya saat Eugene Choi membuka salah satu pintu di Rock of Eternity, di dalam ruangan terlihat tiga Crocodile-Men sedang bermain poker, dan saat Crocodile-Men mengejarnya, Choi langsung menutup pintunya. Di komiknya, Crocodile-Men memang sering bertarung dengan Shazam. Kekuatannya hanya taring buaya, sisanya hanya seekor buaya bertubuh manusia.

Cheetah diĀ Wonder Woman 1984

Cheetah melakukan debut di film Wonder Woman 1984 karya Patty Jenkins pada tahun 2020 lalu dan karakternya diperankan oleh aktris Kristen Wiig. Cheetah adalah salah satu penjahat yang harus dihadapi Wonder Woman di film keduanya ini. Barbara Ann Minerva alias Cheetah adalah seorang ahli geologi, ahli permata & bebatuan, dan juga ahli Kriptozoologi atau ahli hewan-hewan tersembunyi. Dia mendapatkan kekuatan tersebut dari Max Lord. Karena manipulasi Max Lord, Cheetah yang awalnya sahabat Wonder Woman bertransformasi menjadi jahat dan berbalik melawannya. Kekuatannya adalah transformasi menjadi cheetah, peningkatan kemampuan fisik, ahli bertarung, cakar, dan kecepatannya setara cheetah.

Weasel di The Suicide Squad

Debut di film The Suicide Squad karya James Gunn pada tahun 2021 ini dan diperankan oleh aktor Sean Gunn, Weasel adalah anggota Suicide Squad yang timnya dikirim sebagai umpan agar tim Suicide Squad yang asli selamat. Muncul beberapa detik di awal film, Weasel ‘tampak’ mati tenggelam setelah loncat dari pesawat Task Force X. Namun di akhir, dia ternyata tidak mati karena hanya pingsan dan melarikan diri ke dalam hutan. Di komik, dia mempunyai nama asli John Monroe dan merupakan musuh pahlawan super Firestorm. Kekuatannya adalah tubuh musang dan penampilan yang mengintimidasi.

King Shark di The Suicide Squad

Sama seperti Weasel, King Shark debut di film The Suicide Squad dan disuarakan oleh aktor Sylvester Stallone. Dia adalah anggota Suicide Squad yang asli bersama Ratcather 2 dan yang lainnya. Dia ditugaskan untuk menghancurkan gedung Jotunheim dan semua hal tentang Starfish Project. Mempunyai nama asli Nanaue, King Shark adalah anak dewa hiu yang diceritakan melawan Flash di serial The Flash, dan lebih sering bertarung dengan Superboy. Kekuatan Nanaue adalah bisa hidup di darat maupun di air, peningkatan kemampuan fisik, perenang andal, rahang yang sangat kuat, dan kulit yang sangat keras.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.