Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya penggemar bisa melihat trailer Spider-Man: No Way Home yang baru saja dirilis kemarin. Trailer dimulai dengan Peter yang harus menghadapi fakta bahwa seluruh dunia sudah mengetahui identitasnya sebagai Spider-Man. Untuk itu dia meminta bantuan kepada Doctor Strange untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, upaya Strange justru malah menyebabkan masalah yang harus Peter selesaikan terlebih dahulu.

Di akhir trailer, kehadiran Doc Ock membuktikan bahwa multiverse menyebabkan para penjahat dari film Spider-Man lama muncul di MCU, dan Doc Ock bukan satu-satunya penjahat yang muncul. Dalam trailernya, ada juga listrik kuning yang mengindikasikan kemunculan Electro, gundukan pasir yang mengindikasikan Sandman, kemudian Green Goblin dengan bom ikoniknya, dan ada juga cuplikan yang sekilas memperlihatkan Lizard. Dengan kelima penjahat tersebut, tinggal satu penjahat lagi maka Sinister Six akan lengkap. Berikut 5 villain yang berpotensi melengkapi anggota terakhir Sinister Six!

Rhino

Diperankan oleh Paul Giamatti, Aleksei Sytsevich alias Rhino ini pertama kali muncul di The Amazing Spider-Man 2 pada tahun 2014. Walau perannya tidak sebanyak Electro (Jamie Foxx), tetapi Aleksei sempat membuka kemungkinan hadirnya Sinister Six, jika saja The Amazing Spider-Man 3 dirilis. Di awal, dia hanya seorang penjahat biasa yang kabur dari polisi dengan menggunakan sebuah truk besar, sebelum akhirnya menjadi orang pertama yang mengenakan teknologi Osborne dan bertransformasi menjadi Rhino. Dalam komiknya, Rhino juga pernah menjadi anggota Sinister Six, dan sangat mungkin Marvel Studios mengadaptasinya.

Vulture

Diperankan oleh Michael Keaton, Adrian Toomes alias Vulture menjadi penjahat utama di film Spider-Man: Homecoming MCU pada tahun 2017. Dia adalah petugas bersih-bersih yang ditugaskan untuk membersihkan sisa pertempuran Avengers di Kota New York. Setelah menemukan teknologi alien Chiaturi, dia kemudian mengembangkan berbagai macam peralatan dan senjata, termasuk kostum bersayap yang dia gunakan. Setelah berhasil dikalahkan oleh Spider-Man, Vulture mengakui kesalahannya dan masuk penjara. Namun, bukan jaminan bahwa dia tidak akan menjadi anggota keenam Sinister Six, karena di Marvel Comics Vulture adalah salah satu pendirinya.

Scorpion

Diperankan oleh Michael Mando, Mac Gargan menjadi penjahat minor di Spider-Man: Homecoming. Sampai di akhir film, Mac yang berada di penjara menemui Adrian Toomes dan menjelaskan bahwa dia menaruh dendam yang besar kepada Spider-Man karena telah menjebloskannya ke Penjara dan telah meninggalkan luka di pelipisnya. Belum diketahui bagaimana Mac menjadi Scorpion, tetapi sebelumnya, mainan LEGO resmi dari film Spider-Man: No Way Home mengungkap sebuah robot kalajengking raksasa yang kemungkinan akan dikendarainya. Sama seperti Rhino, Scorpion adalah anggota Sinister Six di komik dan game Marvel’s Spider-Man

Mysterio

Diperankan oleh Jake Gyllenhaal, Quentin Beck alias Mysterio adalah penjahat utama di Spider-Man: Far From Home. Di filmnya, Mysterio berhasil membuat Peter kewalahan, sebelum akhirnya ia diperlihatkan mati di akhir film. Dia juga adalah orang yang bertanggung jawab terhadap masalah Peter di No Way Home nanti, karena telah mengungkap identitas rahasia Spider-Man. Melihat karakternya yang penuh tipu muslihat, ada kemungkinan dia tidak mati dan akan muncul kembali di No Way Home sebagai anggota Sinister Six. Sama seperti Vulture, Mysterio adalah salah satu pendiri Sinister Six pertama di Marvel Comics.

Kraven

Akan diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson, Sergei Nikolaevich Kravinoff alias Kraven the Hunter adalah penjahat yang wajib muncul di film Spider-Man. Dipastikan akan mempunyai film solonya sendiri, yang akan rilis pada tahun 2023, Kraven adalah bagian dari Sony’s Spider-Man Universe. Dengan multiverse MCU, Kraven bisa saja lebih dulu melakukan debutnya di No Way Home sebagai anggota keenam Sinister Six MCU, karena di Marvel Comics dia adalah anggota pendiri Sinister Six yang asli bersama Vulture dan Mysterio. Tinggal sekarang bagaimana Marvel menjelaskan bahwa Kraven ini bukan Quicksilver di Avengers: Age of Ultron (karena pemerannya sama).

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.