Dalam cerita Dune karya Frank Herbert, terdapat sebuah material obat atau rempah yang disebut sebagai Melange, atau yang biasa juga disebut “spice.” Melange sendiri merupakan obat yang misterius yang mampu memberikan penggunanya kemampuan untuk melihat ke masa depan dan juga meningkatkan kewaspadaannya. Melange juga menjadi komoditi yang diperebutkan oleh banyak orang.

Melange merupakan benda atau hal yang sangat penting di dunia Dune. Saking berpengaruhnya, Melange bahkan membangun sebuah struktur politik yang memang berkaitan dengan bahan tersebut. Planet Arakkis adalah satu-satunya tempat di mana kita bisa menemukan Melange tersebut. Namun, mungkin masih belum banyak yang paham mengenai Melange.

Apa Itu Melange?

Dune – Melange Spice – The Inn at the CrossroadsMelange mungkin terdengar seperti sebuah jenis obat-obatan terlarang – yang mana memang pada kenyataanya Melange adalah obat-obatan. Meski pun begitu, Melange menjadi sumber daya yang sangat penting dalam cerita Dune. Bahkan Melange menjadi sumber pemasukan bagi sebuah kerajaan. Seperti yang disebutkan di atas, Melange merupakan obat yang mampu memberikan kekuatan khusus kepada penggunanya.

Bagaimana Bentuk Melange?

Di novelnya sendiri, Melange hanya muncul beberapa kali. Jika muncul dalam bentuk gas, Melange akan memiliki warna jingga. Namun, jika muncul secara fisik, seperti dalam God Emperor of Dune, disebutkan bahwa Melange memiliki warna “biru menyala.” Ketika seseorang mulai ketergantungan terhadap Melange, maka mata mereka juga akan berubah menjadi biru.

Zendaya's Dune character's blue eyes and Spice, explained - PolygonInilah alasan mengapa suku Fremen memiliki julukan “Eyes of Ibad.” Mata mereka akan semakin membiru karena “efek samping” dari Melange. Karena mereka terlalu sering mengonsumsi Melange, pada akhirnya semua penduduk Fremen memiliki mata berwarna biru menyala. Disebutkan bahwa Melange memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan kayu manis di dunia nyata.

Bagaimana Mendapatkan Melange?

Mendapatkan material Melange bukanlah perkara yang mudah. Melange sendiri berasal dari tanah di wilayah Arrakis, yang mana tanah di Arrakis bercampur dengan larva dari Sandworm yang meledak akibat panas yang ekstrem. Selain ledakan, mereka yang mencoba mendapatkan Melange juga harus berhati-hati karena materialnya sendiri sebenarnya beracun.

The sandworm from David Lynch's Dune.Untuk bisa memanen Melange, dibutuhkan sebuah kendaraan khusus yang bernama Harvester. Mereka harus berjibaku menghindari kejaran Sandworms sebelum bisa memanen Melange. Harvester sendiri dilindungi oleh kapal yang disebut Carryalls, yang siap mengangkat Harvester dan membawanya ke tempat yang aman. Namun, berbeda dengan suku Fremen, mereka sudah bisa dan terbiasa memanen Melange dengan manual untuk mereka konsumsi.

Apa yang Membuat Melange Berharga?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Melange merupakan material yang sangat berharga di dunia Dune. Bahkan, sampai menjadi komoditas dan perebutan bagi kerajaan-kerajaan yang ada. Salah satu alasan mengapa Melange begitu berharga adalah karena efek atau kekuatan yang diberikan oleh material tersebut. Ada beberapa kemampuan yang akan dimiliki oleh penggunanya.

DuneInfo on Twitter: "Here is a slightly better picture still of Chani's blue eyes!… "Yang pertama adalah umur yang panjang. Kedua memiliki kemampuan psikotropika. Dan terakhir adalah kemampuan untuk melihat ke masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Melange sering kali juga dipakai untuk keperluan navigasi di luar angkasa. Dengan mengubahnya menjadi gas, Spacing Guild Navigators kemudian akan mengonsumsinya. Tujuannya adalah agar mereka bisa melihat melalui ruang dan waktu untuk menghindari tabrakan dengan planet lain dan hal lainnya.

Baron Harkonen sendiri sempat menyatakan bahwa, “siapa yang mampu mengendalikan spice, maka mereka akan mampu mengendalikan seluruh alam raya.” Dengan berbagai manfaat dan juga kemampuan yang diberikan kepada penggunanya, serta bagaimana Melange bisa menjadi sumber pemasukan ekonomi bagi mereka, wajar jika banyak kerajaan-kerajaan saling berebut untuk mendapatkan Melange. Mereka juga tidak ragu menghabiskan banyak materi untuk mengeksplor dan mendapatkan banyak Melange.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.