Film The Matrix 4 adalah salah satu sekuel yang paling diantisipasi oleh para penggemar film sci-fi dan aksi. Film pertama The Matrix dirilis pada tahun 1999, sejak saat itu waralaba kemudian dilanjutkan dengan dua sekuelnya yang berjudul The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions pada tahun 2003. Dibintangi oleh Keanu Reeves sebagai Neo, trilogi Matrix menceritakan tentang keberadaan dunia virtual pada masa depan yang disebut Matrix. Namun, alih-alih membebaskan diri dari dunia nyata, ternyata Matrix adalah tempat yang memperbudak siapa pun yang masuk ke dalamnya.

Produksi The Matrix 4 telah dimulai di San Francisco pada tanggal 4 Februari 2020 dan dilanjutkan di Berlin, Jerman pada akhir tahun. Namun, syuting dihentikan sementara pada tanggal 16 Maret 2020 karena pandemi, dan dilanjutkan kembali di Berlin pada pertengahan bulan Agustus ini. Dengan selisih jarak yang hampir 18 tahun lamanya, The Matrix 4 seharusnya melanjutkan kisah The Matrix Revolutions, di mana Neo, Trinity, Morpheus, dan kru lainnya telah berhasil lolos dari dunia virtual. Sebelumnya sebuah video di acara Warner Bros CinemaCon memperlihatkan pertemuan antara Neo dan Trinity.

Dalam acara CinemaCon kemarin, terungkap bahwa film keempat Matrix akan memiliki judul resmi The Matrix Resurrections. Film keempat ini akan disutradarai kembali oleh Lana Wachowski serta ditulis oleh Aleksandar Hemon dan David Mitchell. Selain Reeves, film ini juga akan dibintangi kembali oleh Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, Jada Pinkett Smith sebagai Niobe, Lambert Wilson sebagai The Merovingian, dan Daniel Bernhardt sebagai Agent Johnson.

Sejauh ini belum diketahui plot seperti apa yang akan dihadirkan di filmnya nanti. Namun, sebelumnya Reeves mengatakan bahwa film The Matrix Resurrections adalah film tentang ‘cinta’ dan tidak akan melakukan perjalan waktu ke masa lalu, seperti yang sebelumnya sempat ramai dibicarakan oleh para penggemar. Jika tidak halangan, The Matrix Resurrections akan dirilis serentak di bioskop dan HBO Max pada tanggal 22 Desember 2021 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.