One Piece dan Naruto merupakan dua judul manga terpopuler di Jepang, yang bahkan kepopulerannya sudah meluas sampai ke luar Jepang. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, kepopuleran judul-judul manga tersebut rasanya masih belum luntur. Justru kedua franchise tersebut semakin terkenal dan semakin populer, khususnya bagi mereka yang baru menyukai dunia anime dan manga.

Meskipun kedua judul manga tersebut saling berkompetisi untuk menjadi yang paling populer atau yang paling laris, dibalik persaingan tersebut ternyata kedua seri ini tidak jarang melakukan “kolaborasi” dengan cara menghadirkan karakter utama dari masing-masing seri dan muncul di seri mereka masing-masing. Selain itu, tidak jarang juga simbol-simbol atau sesuatu yang berkaitan dengan salah satu serinya dimunculkan di seri yang lain. Lalu, apa saja referensi Naruto dan One Piece yang muncul di manga mereka?

Bendera Bajak Laut Di Patung Hokage

Salah satu detail yang menarik muncul di akhir seri Naruto, dimana di panel akhir manganya kita bisa melihat gambar/simbol bendera bajak laut milik kelompok Topi Jerami yang ada di Hokage Mountain atau gunung para Hokage. Detail ini merepresentasikan rasa hormat diantara kedua kreator manga tersebut, Masashi Kishimoto dan juga Eiichiro Oda.

Yang menarik adalah gambaran tersebut dibuat oleh anak dari Naruto, yaitu Boruto. Dan Boruto sendiri menggambar simbol tersebut di patung wajah Naruto. Gambar yang dibuat adalah tengkorak dan tulang One Piece menyilang dengan topi jerami di atasnya.

Satu Halaman Penuh Referensi Naruto

Sebagai bentuk “balasan” untuk apa yang dibuat oleh Masashi Kishimoto, Oda Sensei kemudian membuat sebuah cerita sampul (cover story) yang penuh dengan referensi terhadap seri Naruto di chapter 766. Pertama, Luffy dan sosok misterius diperlihatkan sedang memakan daging dan ramen. Sosok tersebut adalah Naruto. Daging dan ramen adalah dua makanan kesukaan dari para karakter tersebut.

Kedua, Nami diperlihatkan mengenakan pakaian yang sangat cantik. Dan di pakaiannya terdapat sebuah simbol yang rasanya tidak asing lagi, yaitu lambang desa Konoha. Ketiga, Naruto sendiri duduk dibalik tubuh Nami dan sosok rubah kecil di bawah meja mengenakan pakaian yang bermotif lambang desa Konoha. Tulisan di tembok sendiri berisi pesan yang bernada “kerja bagus Naruto.”

Naruto dan Luffy Berada di Universe yang Sama

Pada 2014 lalu, Oda pernah menghadirkan sosok Monkey D. Luffy di dunia Naruto. Oda Sensei menghadirkan sebuah sketsa untuk Weekly Shonen Jump yang sedang merayakan kampanye “Dream Carnival.” Oda menggambar Luffy sebagai bagian dari para karakter di universe Naruto, dimana diperlihatkan bahwa mereka berdua sedang memakan ramen Ichiraku bersama-sama.

Sketsa ini menarik, di mana Luffy masih mempertahankan topi jeraminya, namun dia menambahkan ikat kepala desa Konoha di topi jeraminya. Tidak hanya itu, Luffy sepertinya sudah mempersiapkan diri sebagai ninja dengan membawa sebuah shuriken besar dan dua pedang di punggungnya. Luffy juga sepertinya mengenakan jaket yang sama dengan Naruto.

Naruto Muncul di Colosseum

Dalam arc Dressrosa, kita disuguhkan oleh sebuah turnamen yang memperebutkan hadiah yang istimewa. Turnamen tersebut mengharuskan orang-orang saling bertarung satu sama lain, sampai kemudian muncul pemenangnya. Mereka yang menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah utama. Pada saat itu, hadiah utamanya adalah buah iblis Mera Mera no Mi.

Luffy sendiri ikut berpartisipasi dalam turnamen tersebut, namun dia menyamar menjadi orang lain. Karena diadakan di Colosseum, maka ada banyak sekali orang yang menonton. Yang menarik adalah dari sekian banyak orang yang menonton, ternyata ada satu sosok yang tidak asing muncul diantara para penonton lain yaitu Naruto. Naruto diperlihatkan mengenakan pakaian ketika di seri Shippuden.