Film Spider-Man: No Way Home merupakan salah satu film yang dinantikan di tahun 2021 ini. Film kerja sama antara Marvel Studios dan Sony Pictures tersebut akan menghadirkan petualangan baru dari Peter Parker sebagai Spider-Man. Namun, kali ini petualangannya akan sedikit berbeda setelah apa yang terjadi di film sebelumnya di mana identitas Peter Parker terungkap.

Di sisi lain, dalam petualangan Peter Parker kali ini kita akan melihat bagaimana Peter bekerja sama dengan Doctor Strange, setelah sebelumnya dia menjadi murid dari Tony Stark. Cerita di filmnya sendiri pada intinya memperlihatkan bagaimana perjuangan Peter Parker untuk bisa “menghapus” momen dari apa yang sedang terjadi. Karena, menurut Peter, kejadian di mana identitas Peter terungkap sudah membuat orang-orang terdekatnya terluka.

Peter pun kemudian meminta bantuan Strange untuk bisa kembali memutar waktu sebelum momen Mysterio mengungkapkan bahwa Spider-Man adalah Peter Parker. Namun, sepertinya Strange tidak bisa melakukan hal tersebut. Dan sebagai gantinya dia justru membawa Peter ke universe yang lain.

Mengapa ke Universe Lain?

Jika diperhatikan, hal ini tentunya menarik di mana Strange justru lebih memilih membawa Peter pergi ke universe lain. Strange mungkin bisa dan mampu melakukan apa yang diminta oleh Peter. Namun, pasti ada alasan tertentu mengapa dia melakukan hal tersebut. Bisa jadi, Strange khawatir jika Peter kembali ke momen yang dia inginkan, maka sejarah akan berubah.

Konsep ini sudah diperkenalkan oleh Ancient One di film Avengers: Endgame ketika Bruce berusaha “meminjam” Time Stone darinya. Mungkin dengan pergi ke universe lain maka akan ada solusi untuk masalah Peter tersebut. Jika dalam serial Loki hanya diperkenalkan sekilas tentang multiverse, maka di No Way Home kita akan mendalami multiverse, di mana satu universe memiliki koneksi dengan universe lainnya.

Ke Mana Strange Membawa Peter Pergi?

Masih belum diketahui secara pasti ke mana Strange membawa Peter pergi, ke universe mana dia membawanya. Jika dilihat dari apa yang disuguhkan di trailernya, nampak Strange membawa Peter ke sebuah universe yang benar-benar baru di Marvel Cinematic Universe, meski pun secara keseluruhan seluruh bangunan masih mirip dengan kota New York.

Dalam universe baru ini kita akan melihat sesuatu yang berbeda, di mana seluruh villain spider-man berkumpul dalam satu universe. Seperti yang kita ketahui, No Way Home akan menghadirkan berbagai villain dari berbagai versi film Spider-Man, contohnya adalah Elektro dari film The Amazing Spider-Man 2 dan juga Doc Ock dari film Spider-Man 2.

Karena sekarang Marvel Studios dan Sony sudah bekerja sama, mereka mulai mempertemukan karakter-karakter dari universe mereka, dan No Way Home menjadi panggung untuk mempertemukannya. Dengan konsep multiverse, maka tidak ada batasan yang menghalangi para karakter tersebut untuk saling bertemu.

Jika kemudian Marvel Studios memang akan menghadirkan Earth atau universe baru di MCU, maka bisa jadi melalui film No Way Home, para fans akan diperkenalkan bahwa universe yang menjadi tempat berlangsungnya cerita MCU selama ini adalah universe utama. Atau di komiknya lebih dikenal sebagai Earth-616.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.