Setiap chakra memiliki ciri khasnya tersendiri. Itulah yang membuat chakra dapat dibedakan dari masing-masing orang. Melalui ciri chakra, setiap ninja sensor bisa melacak keberadaan orang asing. Berkat kemampuan melacak ciri chakra, ninja sensor menjadi penjaga utama di Konoha. Namun ternyata di chapter 61 Boruto: Naruto Next Generation, terdapat beberapa karakter yang bisa menyembunyikan ciri chakranya masing-masing.

Informasi ini terungkap saat Eida menjelaskan kepada Code bahwa para anggota klan Otsutsuki bisa menyembunyikan ciri chakra mereka dengan mudah dan setiap Otsutsuki bisa melakukan itu sejak lahir. Itu berarti keamanan Konoha sangat rentan terhadap sosok yang bisa menyembunyikan ciri chakranya masing-masing. Berikut lima karakter yang bisa menghilangkan atau menyembunyikan ciri chakranya. Siapa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu musuh tersulit yang pernah dihadapi Boruto dan kawan-kawan. Momoshiki menjadi anggota Otsutsuki pertama yang menampakan diri di era Boruto dan membuat kekacauan di desa Konoha. Momoshiki adalah seorang Otsutsuki murni, sehingga dia pasti bisa menghilangkan ciri chakra miliknya jika dia mau. Namun selama penyerangannya ke desa Konoha, Momoshiki tidak melakukan itu karena dia bisa berpindah dimensi menggunakan kekuatannya. Bahkan Momoshiki juga bisa menerobos pertahanan Konoha dengan brutal jika dia ingin melakukannya.

Isshiki Otsutsuki

Isshiki adalah anggota Otsutsuki yang telah tinggal di bumi cukup lama. Menurut informasi yang beredar, Isshiki datang ke bumi bersama Kaguya di masa lalu untuk memanen buah chakra. Namun karena Kaguya jatuh cinta pada seorang manusia, akhirnya Isshiki dikhianati oleh Kaguya dan melemah dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah Isshiki tahu bahwa Kaguya dihentikan oleh kedua anaknya sendiri, Isshiki mulai menyusun rencana dengan menggunakan tubuh Jigen sebagai wadah.

Isshiki adalah seorang Otsutsuki sejati, sehingga dia pasti bisa menghilangkan ciri chakra dan bisa menyusup ke Konoha dengan mudah. Saat ini, Isshiki telah tewas setelah bertarung melawan Naruto, Sasuke, Boruto dan Kawaki. Meski pertarungan itu juga merenggut keberadaan Kurama setelah menggunakan Baryon Mode, namun pertarungan itu berhasil menghentikan rencana jahat Isshiki dan melenyapkan alien tersebut.

Jigen

Jigen merupakan seorang biksu yang sangat taat dan hidup di masa lalu. Dia adalah salah satu wadah Isshiki Otsutsuki dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah Jigen dikhianati oleh Kaguya, Isshiki merasuki tubuh Jigen melalui hidung dan sejak saat itu Jigen menjadi wadah serta memiliki Karma. Setiap wadah Otsutsuki pasti akan memiliki gen Otsutsuki, sehingga secara perlahan tubuh sang wadah akan diambil alih oleh mereka. Itulah sebabnya Jigen bisa menghilangkan ciri chakranya.

Kawaki

Kawaki adalah korban Isshiki yang disiksa sejak kecil. Dia adalah wadah kedua bagi Isshiki agar bisa bertahan hidup di bumi. Kawaki menjadi wadah Otsutsuki sejak kecil, sebab dia dijual oleh ayahnya sendiri kepada Jigen demi uang. Selama berada di bawah tekanan Jigen, Kawaki sangat tersiksa dengan latihan yang dia jalani. Namun setelah disadarkan oleh pihak Konoha, akhirnya Kawaki menjadi anak angkat Hokage dan saudara angkat bagi Boruto dan Himawari.

Karena Kawaki menjadi wadah bagi Isshiki, maka tentu dia juga bisa menggunakan teknik menghilangkan ciri chakra. Namun karena dia hanyalah wadah dan masih kecil, maka menurut Eida dia masih belum sadar akan kemampuan tersebut. Kawaki hanya bisa menggunakan teknik ini berdasarkan insting saja. Di chapter 61 Kawaki berhasil mengelabui penjaganya dengan menggunakan teknik ini secara tidak sengaja, sehingga saat ini Kawaki telah kabur dan hampir sampai ke luar wilayah desa Konoha.

Boruto Uzumaki

Boruto adalah anak Naruto dan merupakan wadah bagi Momoshiki Otsutsuki. Saat Momoshiki dikalahkan oleh Boruto dengan menggunakan Rasengan raksasa, Momoshiki sempat menanamkan karma di dalam tubuh Boruto dan menjadikannya sebagai wadah yang pas. Momoshiki memang jarang membuat keributan selama di dalam tubuh Boruto, namun saat Boruto lengah dia sempat bangkit dan mengambil alih tubuhnya.

Momen kebangkitan Momoshiki yang cukup mengerikan adalah saat tim 7 telah kewalahan melawan Boro di dimensi lain. Saat itu tim 7 mendapat tugas untuk menolong Naruto yang ditawan oleh Jigen, dan mereka dihalangi oleh Boro dan pertarungan dahsyat pun terjadi. Kebangkitan Momoshiki dengan menggunakan tubuh Boruto menjadi bukti bahwa saat ini Boruto telah memiliki gen Otsutsuki. Itu berarti Boruto juga bisa menghilangkan ciri chakra miliknya jika dia mengetahui potensi tersebut. Atau Boruto bisa menguji coba menggunakan teknik ini seperti yang dilakukan Kawaki saat ini di chapter 61.