James Bond adalah salah satu waralaba terbesar dan tersukses sampai hari ini. Jika ditotal dari film pertamanya yang berjudul Dr. No pada tahun 1962, film James Bond mempunyai jumlah yang sangat banyak yaitu 25 film, termasuk lima film terbaru yang dibintangi oleh aktor Daniel Craig sejak tahun 2006. Daniel Craig pertama kali memerankan James Bond di film Casino Royale pada tahun 2006, dan terus berlanjut dengan 4 sekuelnya yaitu Quantum of Solace (2008), Skyfall (2012), Spectre (2015), dan yang akan rilis pada bulan depan yaitu No Time To Die.

Tahun depan adalah perayaan 60 tahun waralaba James Bond, tetapi sampai sekarang waralaba belum berada di posisi yang aman untuk berdiri sendiri. Pada bulan Mei lalu, dikabarkan bahwa Amazon telah membeli MGM yang hampir bangkrut seharga $8,45 miliar atau sekitar Rp122 triliun, dengan waralaba James Bond yang masih didiskusikan. Sementara nasib waralaba masih didiskusikan sampai akhir tahun 2021, eksekutif Amazon berniat untuk membuat serial James Bond yang akan tayang di layanan streaming Prime Video. Tetapi produser waralaba saat ini tampaknya tidak setuju dengan hal itu.

Baru-baru ini, produser Barbara Broccoli dan Michael G. Wilson melakukan sesi wawancara dengan Total Film untuk majalah terbarunya. Ketika ditanya mengenai kemungkinan serial James Bond pada masa yang akan datang, Broccoli dan Wilson sepakat bahwa mereka tidak setuju dengan tayangan serial James Bond. “Kami membuat film. Kami membuat film untuk layar lebar. Itu yang kami lakukan,” tambah Wilson. “Kamu telah menolak kemungkinan itu [tayangan serial] selama enam puluh tahun.” Cukup tegas apa yang disampaikan oleh Broccoli dan Wilson, bahwa mereka akan menolak serial James Bond.

Untuk saat ini bisa disimpulkan bahwa tayangan serial James Bond tidak akan diproduksi, setidaknya sampai kesepakatan waralaba antara MGM dan Amazon selesai pada akhir tahun 2021 ini. Setidaknya pintu untuk serial James Bond tidak tertutup sepenuhnya karena jika mau Amazon bisa saja membuat tayangan spin-off yang tidak terlalu memengaruhi film utama James Bond kedepannya, misalnya dengan agen baru 008 atau apa pun itu. Sebelum sampai kesana, kita saksikan saja dahulu film No Time To Die yang dijadwalkan rilis pada tanggal 30 September 2021 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.