Celestials adalah makhluk kosmik kuno yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan kehidupan di alam semesta dan bahkan menghancurkannya. Seperti yang kemarin terlihat di final trailer Eternals, keberadaan Celestials jauh dari apa yang bisa dibayangkan oleh manusia, mereka bahkan telah menciptakan dan mengutus ras Eternals untuk membimbing manusia sejak ribuan tahun lalu. Sementara mereka menciptakan banyak ras sakti seperti Eternals, Deviants, Mutan, dan ras hibrida lainnya, banyak orang yang bertanya tanya siapa yang menciptakan mereka, dan apa tujuan mereka sebenarnya?

Di Marvel Universe, Celestials digambarkan sebagai sosok yang maha segalanya, dari mulai menciptakan sampai menghancurkan. Mereka mempunyai fisik yang sangat besar dan kuat. Misalnya Arishem yang mempunyai tinggi 600 meter dan berat 10.000 ton, lengkap dengan armor yang bisa menahan serangan untuk menghancurkan planet sekali pun. Para celestials ini bisa dibedakan dari warna dan julukannya, misalnya Arishem the Judge yang berwarna merah, Jemiah the Analyzer yang berwarna hijau, dan sebagainya. Berikut ulasan singkat tentang Celestials, entitas kosmik terkuat di Marvel!

Asal-usul Celestials

Di Marvel Comics, pada awal mula Marvel Universe, satu-satunya entitas yang disebut First Firmament menciptakan dua jenis kehidupan, yang kesatu adalah sekelompok entitas hitam putih yang disebut Aspirants, dan yang kedua adalah sekelompok entitas warna-warni yang disebut Celestials. Sementara Aspirants sangat menuruti kemauan First Firmament, Celestials malah ingin berdiri sendiri dan bahkan menciptakan kehidupan lain di alam semesta. Dengan perbedaan tersebut, Aspirants dan Celestials akhirnya berperang. Celestials pada akhirnya berhasil mengalahkan Aspirant. Bahkan setelah kemenangan tersebut, Celestials mengusir First Firmament dari alam semesta.

Kekuatan Celestials

Celestials sebenarnya mempunyai kemampuan yang beragam, tetapi pada dasarnya mereka mempunyai dua kekuatan yang umum bagi para Celestials, yaitu mahakuasa dan keabadian absolut. Sebagai makhluk yang mahakuasa, Celestials mempunyai kekuatan kosmik yang tidak bisa diukur, dan mereka tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Mereka mempunyai keabadian absolut yang membuatnya ‘hampir’ tidak bisa dibunuh dan dilukai. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa mati, karena Celestials mempunyai beberapa kelemahan, termasuk bisa terluka oleh kapak Jarnbjorn dan bisa terpengaruh oleh symbiote All-Black.

Tujuan Celestials

Sebagai makhluk yang mahakuasa, tidak ada yang mengetahui tujuan utama dan motivasi Celestials. Tetapi terkadang mereka mencampuri urusan makhluk-makhluk lain di alam semesta. Mereka menciptakan banyak ras seperti Eternals dan Deviants, bahkan mereka juga pernah bertarung melawan Avengers. Celestials banyak memengaruhi takdir dan bentuk alam semesta Marvel. Walaupun tujuan mereka masih misteri, tetapi mereka mempunyai atasan yang biasanya memimpin segala tindakan Celestials, dia adalah Fulcrum atau yang lebih dikenal sebagai One Above All. OAA adalah makhluk terkuat di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.