Konohagakure merupakan salah satu desa yang terdapat di alam semesta Boruto: Naruto Next Generation. Desa ini adalah tempat tinggal Boruto dan kawan-kawan hingga sekarang. Menurut informasi yang beredar, Konoha adalah desa pertama yang berdiri setelah perang antar klan terjadi di masa lalu. Desa ini didirikan oleh mendiang Hashirama dari klan Senju dan Madara dari klan Uchiha. Sejak awal, desa Konoha terkenal memiliki sistem keamanan terbaik, dan setiap tahunnya pihak desa Konoha selalu mengembangkan sistem keamanan yang mereka miliki agar tidak mudah disusupi musuh.

Salah satu alasan kenapa Konoha memiliki sistem keamanan terbaik adalah karena di desa ini terdapat klan Yamanaka yang terkenal sebagai tipe ninja sensor. Sehingga saat ada orang asing yang masuk wilayah Konoha, maka pihak desa akan langsung segera mengetahuinya. Meski beberapa kali mereka kecolongan, namun dengan sistem ini Konoha berhasil menjaga keutuhan desa hingga sekarang.

Kelemahan keamanan desa Konoha terungkap di chapter 61 serial Boruto. Dalam chapter itu, Shikadai dan Inojin menjelaskan mengenai sistem keamanan Konoha yang bergantung pada tipe ninja sensor yang bisa membaca ciri chakra seseorang layaknya sidik jari. Jadi siapapun orang asing yang masuk wilayah Konoha, maka akan langsung diketahui oleh pihak keamanan Konoha dan akan langsung ditentukan apakah dia musuh atau tidak.

Sayangnya jenis keamanan ini bisa dibobol dengan mudah jika pihak lawan bisa menghilangkan ciri chakranya dengan mudah. Salah satu karakter yang bisa menghilangkan ciri chakra adalah anggota dari klan Otsutsuki dan wadah dari Karma. Eida menjelaskan bahwa para Otsutsuki bisa menghilangkan ciri chakra mereka dengan mudah karena itu adalah salah satu teknik dasar yang dimiliki oleh semua Otsutsuki.

Selain itu di masa lalu, teknik ini sempat dikelabui oleh Pain yang menyusup ke desa Konoha dengan mudah. Jadi kesimpulannya adalah pihak Konoha memang bisa melacak siapapun dengan mudah dengan menggunakan sistem yang sekarang, namun mereka masih kesulitan untuk langsung bertindak kepada penyusup tersebut jika terjadi kekacauan atau sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga tindakan dari pihak keamanan Konoha masih tergolong lambat pada para penyusup tersebut.