Mutant merupakan ras yang paling penting di Marvel Universe, tetapi sampai sekarang MCU belum pernah membahasnya sama sekali. Hal itu cukup masuk akal karena sebelumnya hak atas X-Men dan mutant dipegang oleh 20th Century Fox, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Disney pada tahun 2019 lalu. Sekarang setelah menjadi bagian dari Disney, tinggal menunggu waktu hingga akhirnya Marvel Studios memasukan mutant ke dalam MCU. Salah salah satu cara Marvel Studios memasukan mutant ke MCU adalah melalui film Eternals.

Film Eternals akan menceritakan dua ras yang diciptakan oleh Celestials, yaitu Eternals dan Deviants. Kedua ras ini saling berselisih. Eternals diciptakan untuk mengawasi dan membimbing umat manusia, sementara Deviants mempunyai tujuan untuk membuat kekacauan di Bumi. Di komik Eternals karya Jack Kirby, Celestials ternyata menciptakan ras lain selain Eternals dan Deviants, yaitu ras mutant. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Marvel Studios tidak selalu mengadaptasi cerita dari komiknya, mereka terkadang melakukan perubahan atau membuat versi mereka sendiri. Hal yang sama dapat terjadi pada mutant di film Eternals. Film tersebut dapat menghadirkan mutant pertama bernama En Sabah Nur alias Apocalypse.

Apocalypse melakukan debutnya di komik X-Factor #5 pada tahun 1986, dia diceritakan lahir 5.000 tahun yang lalu di Mesir, sebagai bagian dari suku Akkaba. Sejak lahir, Apocalypse mempunyai tampilan yang buruk rupa, kulit abu-abu dan bibir biru. Saat suku Akkaba mencoba membuangnya, suku ini dibantai oleh Sandstormers dan pemimpinnya, Baal. Baal yang mengetahui potensi Aplocalypse langsung mengadopsinya dan memberinya nama En Sabah Nur yang berarti mentari pagi. Sementara sejarah kelahirannya cukup tragis, tidak pernah diceritakan siapa orang tua sebenarnya Apocalypse. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Marvel Studios untuk mengungkap bahwa orang tua aslinya adalah Eternals Thena dan Deviants Kro.

Di final trailer Eternals, kita diperlihatkan Kro yang memeluk Thena, sebagai dua ras yang saling bermusuhan, ternyata di mereka mempunyai sejarah menarik di Marvel Comics. Di komik Eternals, Thena dan Kro saling jatuh cinta dan bahkan mempunyai anak kembar. Kisah cinta terlarang Kro dan Thena ini bisa diangkat Marvel Studios sebagai awal kelahiran mutant pertama Apocalypse. Di komik, Apocalypse mempunyai kekuatan yang sangat sakti. Kemampuannya meliputi kepintaran super, kekuatan super, kecepatan super, terbang, memanipulasi energi celestial, memanipulasi molekul, teleportasi, dan dia juga abadi seperti Eternals dan Deviants.

Jika Marvel Studios benar-benar akan menceritakan Apocalypse sebagai anak Thena dan Kro, maka dia akan menjadi keturunan campuran Eternals dan Deviants, yang secara tidak langsung juga menjadi keturunan Celestials, dan dianggap mutant. Dan dengan teori ini juga, pintu untuk para mutant masuk MCU menjadi terbuka sangat lebar, karena akan terungkap bahwa mutant dan x-gene sudah ada di Bumi sejak lama. Apakah teori ini akan terbukti, Geeks? Semuanya hanya akan terjawab saat film Eternals rilis pada tanggal 28 Oktober 2021 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.