Otsutsuki merupakan sebuah klan yang telah ada sejak era Naruto, namun keberadaan kelompok ini mulai terlihat di Perang Dunia Ninja Keempat dan mulai membuat masalah yang sangat serius di era Boruto. Otsutsuki sebenarnya bukanlah klan manusia biasa melainkan klan berisi alien yang berasal dari bulan, dan memiliki kekuatan dahsyat. Kekuatan mereka bahkan bisa digunakan untuk menghancurkan planet dalam sekejap, dan mereka juga bisa menciptakan makhluk hidup seperti Zetsu hitam dan putih yang terlihat di era Naruto.

Kelompok Otsutsuki memang sangatlah spesial, dan setiap lawan yang berasal dari klan Otsutsuki pasti dihadapi dengan susah payah oleh Boruto dan kawan-kawan. Bahkan Naruto dan Sasuke juga sangat kewalahan menghadapi klan Otsutsuki yang hingga sekarang masih membuat kekacauan demi menguasai bumi dan memanen buah chakra.

Di chapter 61 terungkap fakta menarik mengenai salah satu kekuatan Otsutsuki. Kekuatan itu adalah menghapus ciri jejak chakra. Menurut Eida, setiap Otsutsuki memiliki teknik dasar ini sehingga bisa pergi kemanapun tanpa ada yang mengetahuinya sama sekali. Sehingga setiap pergerakan para Otsutsuki banyak yang tidak diketahui dan mereka mudah untuk mengelabui lawan.

Ciri jejak chakra mirip seperti sebuah sidik jari, di mana dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Tanda ini bisa dilacak oleh ninja sensor dengan mudah dari radius tertentu. Sehingga apabila seorang ninja sensor sedang menjalankan tugas untuk melacak seseorang, maka mereka akan melacak ciri jejak chakranya. Hal tersebut dilakukan agar mereka masih bisa menjaga jarak dari orang yang mereka kejar dan juga bisa dengan pasti menentukan posisi orang tersebut.

Selain anggota Otsutsuki, ada pula karakter yang bisa menghilangkan ciri jejak chakranya yaitu Kawaki. Mantan anggota Kara ini bisa menghilangkan ciri jejak chakranya menggunakan insting yang dia miliki di chapter 6. Itulah sebabnya dia bisa pergi dari pengawasan ninja sensor di desa Konoha dan mengelabui mereka menggunakan Kagebunshin.

Satu-satunya orang yang mengetahui taktik Kawaki adalah Boruto yang merasakan dua hawa keberadaan Kawaki di tempat yang berbeda. Saat ini Kawaki telah hampir keluar dari wilayah keamanan Konoha dan Code telah menunggu momen ini untuk menangkap Kawaki. Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya? Jangan lupa selalu stay tune di website kesayangan kalian untuk membaca kelanjutan dari manga Boruto: Naruto Next Generation.