Baru-baru ini, final trailer Eternals sudah dirilis. Dalam trailer tersebut, kita dapat melihat debut Kro di MCU. Kro adalah seorang Deviants yang digadang-gadang menjadi musuh utama Eternals. Menjelang akhir trailernya, Kro tampak mencengkram Thena, dan mengancam bahwa tidak ada yang bisa Thena selamatkan. Namun tidak diketahui secara pasti rencana apa yang akan Kro lakukan. Sebelum menyaksikan debut Kro di MCU, ada baiknya jika kita mengetahui asal-usul Kro dan mengenal lebih jauh bangsa Deviants. Nah berikut adalah penjelasannya ya Geeks!

Asal-usul dan Kekuatan Kro

Di Marvel Comics, Kro diperkenalkan sebagai musuh bebuyutan Eternals. Karakternya diciptakan oleh Jack Kirby dan melakukan debut di komik Eternals #1 yang rilis tahun 1976. Sejak itu, Kro sering muncul diberbagai komik Marvel, seperti komik The Avengers, Thor, dan Fantastic Four. Kro sendiri merupakan pemimpin pasukan Deviants, yang memiliki ambisi untuk menguasai bumi. Sepanjang hidupnya, Kro sudah sering bertarung dengan Eternals. Karena sering bertarung, wajar jika Kro mendapatkan gelar sebagai Warlord.

Selain jago bertarung, Kro juga pintar mengatur taktik dan berkamuflase. Kro bahkan pernah menginvasi Bumi secara diam-diam dengan cara menyamar menjadi Adolf Hitler. Posisinya sebagai pemimpin Deviants pun tidak pernah tergantikan, dan ia sudah menjadi pemimpin pasukan Deviants selama lebih dari 20.000 tahun. Berbeda dengan yang lainnya, Kro dapat hidup selama ribuan tahun. Bisa dibilang bahwa Kro adalah sosok abadi. Karena berbeda dengan yang lain, Kro sangat takut jika suatu saat ia akan menjadi kelinci percobaan. Oleh sebab itu, Kro sering memalsukan kematiannya, dan menggunakan identitas lain untuk menyamar.

Nah walau Deviants dan Eternals saling bermusuhan, tetapi sebenarnya Kro yang notabene adalah Deviants, pernah menjalin hubungan percintaan dengan Thena, yang notabene seorang Eternals. Bahkan dari hubungan mereka berdua, mereka memiliki dua orang anak yang diberi nama Deborah dan Donald. Namun tentunya hubungan Thena dan Kro tidak berjalan lama, hingga akhirnya mereka berpisah.

Secara fisik, Kro sangatlah kuat. Staminanya luar biasa dan memiliki healing factor layaknya Wolverine. Healing factor itu jugalah yang membuat Kro menjadi sosok yang abadi dan tidak bisa menjadi tua. Kekuatan Kro sebenarnya sama persis dengan Eternals lainnya. Selain itu, Kro juga memiliki kemampuan berubah wujud (shapeshifting) dan dapat berubah menjadi siapapun. Mungkin kekuatannya mirip seperti Skrull yang lebih dulu muncul di MCU.

Apa Itu Deviants?

Sama seperti Eternals, Deviants merupakan salah satu bangsa yang diciptakan oleh Celestial. Bedanya, Deviants dianggap sebagai bangsa gagal, sementara Eternals tidak. Pada dasarnya, Deviants adalah kebalikan dari Eternals. Jika para Eternals terlihat seperti manusia dan masing-masing dari mereka memiliki kemampuan khusus, Deviants malah terlihat seperti monster dan tidak semuanya memiliki kemampuan khusus. Yang paling menarik dari para Deviants adalah mereka dapat berkembang biak dengan sangat cepat, dan itulah yang menjadi ancaman bagi Eternals. Di MCU sendiri, kita pernah diperlihatkan dengan penampilan Skrull dan Thanos, yang merupakan keturunan bangsa Deviants.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/