Film Snake Eyes yang baru saja rilis beberapa hari lalu menceritakan asal usul karakter Snake Eyes versi baru. Di film ini, Snake yang awalnya petarung jalanan akhirnya dibawa oleh Tommy alias Storm Shadow ke markas klan Arashikage di Jepang. Bersama Tommy dan klan Arashikage, Snake berlatih menjadi seorang ninja hebat. Film ini membangun karakter Snake saat pertama kali belajar menjadi ninja Arashikage. Namun, ada bagian yang menarik karena di sini kita masih melihat Snake Eyes bisa berbicara, tidak bisu seperti yang kita lihat di film G.I. Joe dan komiknya.

Setelah menyelamatkan nyawa Tommy, Snake menjadi ninja Arashikage dan melakukan misi untuk mengalahkan Kenta sambil melindungi permata Arasahikage yang bisa membakar siapa pun yang dikehendaki pemegangnya. Sampai akhirnya Kenta mati, kemudian Tommy keluar dari Arashikage dan menetapkan Snake sebagai musuhnya, tidak ada peristiwa yang membuat Snake Eyes menjadi bisu. Kemungkinan penyebab Snake Eyes menjadi bisu akan dibahas di Snake Eyes 2 atau di film G.I. Joe berikutnya.

Di komiknya, ada beberapa kisah yang menyebabkan Snake bisu, dari mulai kecelakaan helikopter yang merusak pita suaranya, sampai dia sendiri yang berjanji untuk tidak pernah berbicara lagi. Di komik, dan di film sebelumnya yaitu G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009) dan G.I. Joe: Retaliation (2013), Snake Eyes terkenal sebagai ninja misterius yang pendiam dan tidak pernah berbicara.

Di film Snake Eyes kali ini, karakternya tidak sepenuhnya mengadaptasi dari materi asli (komik), misalnya Snake Eyes yang diceritakan sebagai seorang keturunan Asia. Tentunya kemisteriusan Snake Eyes harus ada dalam dirinya di masa depan. Kemisteriusan itulah yang membuat karakter Snake Eyes terkenal dan disukai sampai saat ini.

Di Snake Eyes 2 nanti, kemungkinan Snake Eyes yang sedang mencari Storm Shadow akan menghadapi suatu insiden yang menyebabkannya menjadi bisu. Yang paling mungkin dan tampaknya menarik adalah Snake sendiri yang memutuskan untuk tidak berbicara. Setelah sebelumnya kita sempat membahas Apakah Hard Master Kembali di Snake Eyes 2?, kemungkinan kebisuannya akan berhubungan dengan Hard Master di sekuelnya nanti. Jika Hard Master menjadi pemimpin klan Arashikage berikutnya setelah ditunjuk oleh Sen, kemungkinan sekuelnya akan membangun hubungannya dengan Snake Eyes. Snake Eyes akan menganggap Hard Master sebagai mentor untuk membuatnya menjadi ninja yang lebih bijak dan hebat lagi.

Di akhir film, mungkin Hard Master yang sudah dekat dengan Snake Eyes akan diceritakan mati dibunuh oleh agen Cobra bernama Zartan, sama seperti di komiknya. Hal tersebut membuat Snake merasa sangat terpukul dan memutuskan untuk berhenti berbicara. Dengan begitu cerita sekuelnya akan lebih dramatis dan menarik. Atau bisa saja ada kejadian lain yang membuatnya bisu di akhir sekuel film, misalnya ketika Snake melakukan pertarungan akhir melawan Storm Shadow, Storm berhasil memenangkan pertarungan dan meninggalkan Snake yang terluka dengan leher dan pita suara yang tersayat. 

Dari semua kemungkinan teori di atas, semuanya masih spekulasi yang mungkin saja terjadi. Terlepas dari dibuatnya atau tidak sekuel Snake Eyes, sebelum melanjutkan waralaba G.I. Joe dan kisah Snake Eyes lebih jauh, karakternya harus diceritakan menjadi bisu, apa pun alasannya. Karena jika tidak, karakter tersebut tidak akan semenarik di komiknya, dan penggemar pasti tidak akan menyukai hal tersebut. Kita nantikan saja bagaimana Snake Eyes menjadi bisu di waralaba kedepannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.