Black Knight versi Dane Whitman dijadwalkan muncul dalam film Eternals. Selain menjadi bagian penting dalam ceritanya, Dane juga diperkirakan akan menjadi karakter penting bagi Phase MCU selanjutnya. Dane Whitman sendiri diceritakan akan memiliki hubungan spesial dengan salah satu Eternals, yaitu Sersi, yang mana hal ini sesuai dengan apa yang ditampilkan di komiknya.

Setelah sempat dinantikan, akhirnya sosok Dane Whitman muncul dalam trailer final untuk film The Eternals. Ada beberapa momen di dalam trailernya yang menghadirkan sosok Dane, dan juga kebersamaannya dengan Sersi. Mungkin diantara Geeks masih ada yang belum mengenal siapa sebenarnya sosok Dane Whitman. Dan berikut adalah ulasannya.

Titel Black Knight dan Siapa Dane Whitman

Black Knight merupakan titel yang sudah sejak lama digunakan, tepatnya sejak era raja Arthur dari Inggris kuno. Dane Whitman merupakan keturunan dari Sir Percy of Scandia, pemegang titel Black Knight pertama yang hidup saat era raja Arthur. Whitman juga merupakan keponakan dari Black Knight jahat, Nathan Garret, yang tewas saat bertarung melawan Iron Man.

Sebelum tewas, Nathan kemudian meminta Dane melanjutkan mantel Black Knight untuk kebaikan dan bukan kejahatan. Dan sejak saat itu, Dane pun memulai petualangannya menjadi superhero. Dane muncul sebagai Black Knight pada komik Avengers #47. Pada saat itu, para Avengers salah menduga bahwa Dane merupakan Nathan Garret. Meski pun begitu, pada akhirnya Dane bergabung dengan Avengers dan terlibat dalam beberapa misi.

Dane Whitman juga merupakan sosok pemimpin di Avengers, tepatnya sebagai pemimpin pengganti. Dia akan memimpin ketika Captain America alias Steve Rogers tidak ada di tempat. Selain Avengers, Dane juga bergabung dengan berbagai kelompok pahlawan lainnya seperti Excalibur, Heroes for Hire, dan lainnya. Seperti yang dijelaskan di film Eternals, Dane Whitman juga memiliki hubungan romantis dengan Sersi.

Kekuatan Black Knight

Dibandingkan dengan Black Knight sebelumnya, Dane Whitman merupakan sosok yang sangat cerdas dan dekat dengan teknologi. Semua peralatan dan persenjataan yang dia gunakan menggunakan teknologi yang canggih. Dia juga merupakan seorang yang ahli di bidang fisika. Berkat kecerdasan inilah Dane sering kali diandalkan oleh tim Avengers, ketika Tony Stark atau Hank Pym tidak ada.

Dengan kecerdasan yang dia miliki ini juga, terkadang dia menggabungkannya dengan kemampuan sihir yang dia miliki. Inilah mengapa Dane bisa dibilang masuk dalam golongan pahlawan yang memiliki kekuatan mistis. Selain itu, Dane juga sangat ahli dalam menggunakan pedang. Sesuai dengan tradisi yang ada, tentunya Black Knight adalah sosok yang memang ahli dalam berpedang – termasuk Dane Whitman.

Black Knight juga memiliki kemampuan lain seperti bertarung dengan tangan kosong. Kemampuan bertarung dari Black Knight dianggap mampu menyaingi beberapa karakter hebat seperti Captain America dan Wolverine. Black Knight juga memiliki seekor kuda ajaib yang sering menjadi partnernya dalam bertarung, yaitu Aragorn. Kuda tersebut merupakan warisan dari sang paman.

Namun, diantara semua kekuatan yang dimiliki oleh Black Knight, tentunya yang paling menarik perhatian dan menjadi ciri khas adalah pedang Ebony Blade. Ebony Blade merupakan senjata yang biasa digunakan oleh Black Knight ketika bertarung dan pedangnya selalu muncul dalam ceritanya. Ebony Blade dibuat dari material meteor dan ditempa langsung oleh Merlin berabad-abad yang lalu.

Ebony Blade sudah diwariskan dari generasi ke generasi, sampai akhirnya pedang tersebut jatuh ke tangan Dane Whitman. Meski pun sering digunakan, ada kalanya pedang ini sengaja tidak digunakan untuk kebaikan bersama. Pasalnya pedang tersebut memiliki sebuah kutukan yang diberikan orang-orang yang dibunuh oleh pemilik pertama pedang ini, Sir Percy of Scandia. Ketika seseorang menggunakannya untuk pertumpahan darah, penggunanya akan semakin beringas dan semakin brutal.

Kekuatan Dane Whitman Versi MCU

Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui seperti apa kekuatan Dane Whitman yang akan muncul di MCU. Namun, ada kemungkinan Marvel Studios akan mengadaptasi kekuatan yang sama seperti halnya versi komik. Dan tentunya, mungkin akan ada sedikit penyesuaian atau perubahan yang diberikan kepada karakternya. Dan di trailer final Eternals, kita diberikan petunjuk mengenai karakternya.

Berdasarkan dari apa yang dihadirkan di trailernya, Dane sepertinya masih belum memiliki kekuatan untuk menjadi Black Knight. Dane diperlihatkan layaknya seorang pria biasa. Bahkan, dalam salah satu adegan, justu Sersi yang melindungi Dane dari serangan bus yang akan menghantamnya. Dane juga kemungkinan masih belum memiliki Ebony Blade yang menjadi ciri khas Black Knight.

Ada kemungkinan, bahwa di akhir ceritanya nanti barulah Dane akan mendapatkan pedang tersebut. Apakah Dane akan mendapatkan pedangnya sesuai dengan versi komik di mana, dia diwariskan oleh pamannya? Atau justru pedang tersebut diberikan oleh Eternals? Pasalnya, dalam trailer sebelumnya, diperlihatkan di ruangan milik Phastos terdapat sebuah pedang dari zaman dahulu.

Mungkin, Dane akan meminta kepada Eternals untuk memberikannya senjata yang bisa dia gunakan untuk melawan kejahatan. Dan bisa jadi Sersi yang akan memberikannya kepada Dane. Bisa jadi hal itu menjadi sebuah hadiah perpisahan. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana perkembangan karakter Dane Whitman di film The Eternals, yang akan menjadi sosok penting bagi Phase MCU selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.